Mohon tunggu...
Wafiqa Adani
Wafiqa Adani Mohon Tunggu... Mahasiswa - institusi tazkia

saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Digital Marketing dalam Peningkatan Penjualan UMKM

9 Maret 2024   01:20 Diperbarui: 9 Maret 2024   01:23 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Abstrak: Pemasaran dan promosi produk melalui media internet atau digital secara online dikenal sebagai digital marketing. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengajarkan masyarakat tentang peran digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk UMKM, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Digital marketing dapat membantu UMKM mencapai konsumen luas yang tidak terbatas wilayah atau waktu dengan menggunakan media sosial, blog, dan website. Selain itu, iklan digital dapat memudahkan transaksi online melalui aplikasi e-commerce seperti GrabFood, ShopeeFood, dan GoFood. Promosi online seperti diskon, kupon, dan promosi produk juga dapat digunakan untuk menarik pelanggan.

PENDAHULUAN

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pemasaran telah berubah karena kemajuan teknologi informasi. Menurut Ascharisa (2018), pendekatan tradisional dan konvensional untuk komunikasi pemasaran telah masuk ke dalam dunia digital.

Digital marketing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan aktivitas pemasaran yang menggunakan kemajuan teknologi digital. Digital marketing mencakup pemasaran terpadu yang interaktif yang memungkinkan produsen, perantara pasar, dan calon konsumen berinteraksi satu sama lain (Purwana et al., 2017).

Di era modern, para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media digital untuk memasarkan barang mereka sehingga pelanggan lebih mengenal barang yang dibuat oleh UMKM. Jika UMKM memiliki akses internet, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce, mereka biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan, termasuk pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Namun, banyak UMKM yang belum menerapkan teknologi informasi, khususnya media digital, dan belum mengerti seberapa besar manfaat dan peran media digital (Wardhana, 2018).

Google Business adalah salah satu media digital marketing yang paling populer. Aplikasi gratis ini memungkinkan bisnis pelaku UMKM untuk dipromosikan di berbagai produk Google, seperti penelusuran dan Peta. GoogleBisnis dapat membantu orang lain menemukan pelaku UMKM jika mereka melayani pelanggan di lokasi tertentu atau di area layanan yang ditentukan. Menurut Ridwan et al. (2019)

Media sosial adalah alat lain yang sering digunakan dalam digital marketing, salah satunya Instagram, yang memiliki fitur Akun Bisnis yang memungkinkan pelaku bisnis untuk membuat profil bisnis dan mengoptimalkan kegiatan bisnis mereka di platform tersebut. Bisnis dari berbagai ukuran dapat menggunakan fitur ini untuk memperkenalkan profil bisnisnya, mengumpulkan informasi tentang kiriman dan pengikut, dan mendorong kiriman untuk mendukung tujuan bisnis. Menurut Rachmawati (2018).

PEMBAHASAN

Karena kemampuan baru konsumen untuk mengikuti arus digital, pelaku usaha sering menggunakan digital marketing sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Beberapa perusahaan mulai beralih ke pemasaran modern setelah meninggalkan model pemasaran konvensional.

Salah satu keunggulan menggunakan digital marketing adalah sebagai berikut: (1) Target dapat disesuaikan dengan demografi, tempat tinggal, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan mereka. (2) Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat mengambil tindakan atau mengubah jika ada yang tidak sesuai. (3) Biaya jauh lebih murah daripada metode pemasaran konvensional. (4) Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis. (5) Dapat diakses kapan pun dan di mana pun mereka ingin. 

(6) Hasil dapat diukur, seperti jumlah orang yang mengunjungi situs web atau jumlah pelanggan yang membeli barang secara online; (7) Kampanye dapat disesuaikan; dan (8) Bisa melakukan engagement atau meraih komunikasi karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah, yang memungkinkan bisnis untuk membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan (Febriyantoro & Arisandi, 2018).

Digital marketing juga memiliki kelemahan, seperti: (1) mudah ditiru oleh pesaing; (2) dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab; (3) reputasi menjadi buruk ketika ada tanggapan negatif; dan (4) tidak semua orang menggunakan teknologi internet atau digital (Febriyantoro & Arisandi, 2018).

Banyak pelaku UMKM telah menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka. Media sosial adalah alat komunikasi masa depan, yang terdiri dari kumpulan alat dan platform berbasis internet yang tak terhitung jumlahnya yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah informasi yang dibagikan seseorang. 

Media baru ini membuat pengiriman teks, foto, suara, video, dan informasi lebih mudah dan lebih sering bagi pengguna internet. Pengguna internet menggunakan media sosial untuk bisnis dan bersosialisasi (Rini & Shihab, 2019).

Tujuan Digital Marketing

Informasi Penyebaran: Memberikan informasi produk perusahaan yang lengkap dan rinci adalah salah satu tujuan utama penggunaan website dalam pemasaran digital (Firmansyah, 2021). Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam berbagai cara. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh adalah melalui internet.

Karena pemasaran digital menawarkan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan kesadaran pelanggan daripada media konvensional, bisnis dengan anggaran periklanan yang terbatas dapat mendapat manfaat darinya. Perusahaan menggunakan pemasaran digital untuk melakukan penelitian pasar dan mengumpulkan data tentang pesaing, target pelanggan, dan masalah pemasaran.  Pemasaran adalah kunci untuk memulai bisnis pemasaran digital.

Penerapan Strategi Digital Marketing

Untuk memastikan bahwa strategi pemasaran digital memenuhi kebutuhan perusahaan, harus dipikirkan dengan cermat sebelum menggunakannya sebagai strategi bisnis.

Saat membuat keputusan pemasaran digital, ada dua jenis bisnis yang perlu dipertimbangkan:

  • Pelanggan dari sudut pandang karakteristik dan prospek pelanggan, ada dua jenis pelanggan: klien online dan klien baru-baru ini. Ketika pelanggan mencari atau membeli barang dan jasa yang ditawarkan melalui teknologi digital, strategi pemasaran digital adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, jika pelanggan tidak perlu menggunakan teknologi digital, strategi pemasaran digital tidak perlu digunakan. Namun, pelanggan yang tidak terpakai sebenarnya tidak terpakai; mereka mungkin menjadi pelanggan potensial di masa depan. Akibatnya, digital marketing masih dapat dianggap sebagai strategi pemasaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan di masa depan.
  • memilih fitur produk, layanan, dan merek yang tepat untuk digunakan dalam pemasaran digital. Meskipun ada beberapa orang yang berpendapat bahwa menggunakan strategi pemasaran digital untuk menjual barang dan jasa tidak memerlukan persyaratan khusus, ada orang lain yang berpendapat bahwa teknik ini dapat membantu dalam menciptakan hubungan dengan pelanggan melalui interaksi online. Digital marketing juga disebut sebagai "pemasaran i, web marketing, online marketing, atau e-marketing atau e-commerce adalah pemasaran produk atau jasa melalui internet."

Perusahaan pemasaran digital menggunakan platform online untuk mencapai target pelanggan mereka.Pada tahun 2014, digital marketing menjadi strategi utama bagi banyak bisnis setelah muncul pertama kali pada tahun 1990-an. Digital marketing adalah penggunaan teknologi dalam proses pemasaran. Ini adalah beberapa langkah dalam proses ini (Ryan, 2014:4):

  • Teknologi baru muncul dan mulai digunakan
  • Teknologi mulai dikenal dan diprioritaskan dalam pemasaran
  • Para pemasar yang kreatif melakukan eksplorasi dan terobosan untuk dapat menggunakan teknologi untuk mencapai target jangkauan pemasaran mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien
  • Teknologi menjadi strategi utama dan standar pemasaran.

KESIMPULAN

Dapat diambil kesimpulan bahwa digital marketing adalah salah satu bagian penting dalam penerapan peningkatan pemasaran bagi pelaku UMKM di Indonesia. Penjualan UMKM telah meningkat dengan pesat selama pandemi ini. Dengan menggunakan digital marketing, pelaku UMKM dapat melakukan pemasaran melalui media sosial. 

Dalam era serba digital saat ini, persaingan antara pelaku UMKM akan terus ada. Jika mereka menggunakan metode pemasaran konvensional, pelaku UMKM tidak akan berhasil. peningkatannya dengan pelaku UMKM yang sudah menggunakan digital marketing. Karena banyaknya persaingan saat ini, pelaku UMKM dapat menggunakan digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan atau memasarkan produk mereka dengan mudah.

pentingnya digital marketing untuk memasarkan dan mempromosikan produk UMKM karena memungkinkan pelaku UMKM untuk menjual barang mereka tidak hanya di wilayah setempat tetapi juga mengembangkan bisnis mereka di seluruh dunia dengan menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran.

DAFTAR PUSTAKA

Saputra, H. T., Rif'ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29-37.

Kurniawan, E., Nofriadi, N., & Maharani, D. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31-36.

Sirodjudin, M., & Sudarmiatin, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(2), 20-35.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun