Berwirausaha bukanlah hal yang yang asing ditegah masyarakat. Bahkan kata usaha ini sangat sering didengar. Khususnya bagi kalangan yang berfokus pada dunia Usaha. Namun, banyak orang yang memutuskan untuk membuka usaha tetapi belum mempunyai strategi yang matang dalam mengembangkan usaha tersebut.
Padahal, hal ini sangat penting untuk dipelajari sebelum membuka usaha. Bagi yalian yang sudah membuka usaha, kalian belum terlambat untuk mempelajari strategi ini. Ber - usaha sendiri bukanlah jenis pekerjaan yang dilakukan dengan tanpa aturan, ada berbagai macam usaha yang harus diambil atau dipilih dengan melihat kondisi keuangan dan kemampuan kita.
seseorang dapat menghasilkan karya atau usaha yang baik dan benar jika mempunyai persiapan dan strategi yang matang. Nah, untuk memudahkan anda dalam mengembangkan usaha, pada kesempatan ini akan diulas atrikel tentang pentingnya strategi dalam berwirausaha.
Sebelum membahas strategi, perlu khalayak untuk mengetahui definisi dari Wirausaha. Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk elihat dan menilai kesempatan kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan. Wirausaha memiliki ciri
-Pintar tapi tak harus brilian
- Berkemampuan dalam menjalankan ide ide yang berbeda dalam waktu yang singkat
-Memiliki pandangan yang positif terhadap diri sendiri
- Peka terhadap lingkungan dan perasaan orang orang di sekitarnya
-Termotivasi oleh masalah masalah yang menantang
-Dapat memedam keputusan sampai cukup fakta faktanya terkumpul
-Menghargai kebebasan dan tidak ahanya mememrlukan persetujuan dari teman temannya
-Fleksibel
-Lebih memntingkan arti dan implikasi sebuah masalah dari daripada detailnya.
Salah satu strategi yang akan kita bahas disini adalah meningkatkan KREAVITAS DAN INOVASI.
Kreativitas dan inovasi mempunyai peran yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Seringnya banyak kesuksesan yang didapat oleh pebisnis diawali dengan kreativitas menemukan inovasi dalam pengembangan produk bisnisnya.
Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seseorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan bisnis yang begitu dinasmis menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan berusaha mencari terobosan terbaru. Karakter cepat berpuas ndiri dan cenderung stagnan sama saja membawa bisnis ke arah kematian.
Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide ide baru dalam pemecahan masalah dan menentukan peluang. strategi ini sangat penting bukan bagi orang orang yang sedang menjalankan usahanya jika ada kendala atau pengembangan ide baru tentu akan memperkuat tiang usaha kita dalam menggapai hasil yang baru dan beda. Daya kreativitas tersebut selayaknya dilandasi dengan cara berpikir yang maju, ide baru, dan berbeda dibandingkan dengan produk produk yang sudah ada sebelumnya.. Jika pebisnis mampu mengembangkan kreativitas untuk melahirkan sebuah inovasi, maka bisnis yang dimkelola akan mampu pula tampil berbeda dibandingkan dengan pebisnis serupa lainnya. Setelah itu inovasi. Secara umum inovasi adalah proses dan/ atau hasil dari penegembangan ( pembaruan ) pemanfaatan suatu produk atau sumber daya yang telah ada sebelumnya. Ini juga sangat cocok bagi pengusaha yang inin mengembangkan usahanya, apalagi dunia sedang masa hedonisme, dimana semua orang tergila gila akan suatu karya yang baru dan fashion terbaru, tentu saja hal ini tidak akan di biarkan oleh orang orang yang sedang ber usaha.
Banyak orang sering keliru dengan kata kreatif dan inovasi, intinya kreatif adalah sifat yang selalu mencari cara cara baru dan inovatif adalah sifat yang menerapkan solusi kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif menjadi sia sia karena ide hanya semacampemikiran tanpa ada tindakan nyata.
Zimmerer (2009) menegaskan bahwa kreativitas dapat di ajarkan dan kreatifitas dapat ditingkatkan dengan cara
1. beri kesempatan pada diri anda menjadi kreatif. Berani untuk berpikir kreatif tanpa takut dibilang bodoh oleh orang orang lain. ide cemerlang biasanya muncul dari ide ide yang di anggap bodoh dan tak berarti
2. Beri pikiran anda masukan segar setiap hari agar kreatif. Otak perluu distimulasi dengan hal hal baru yang variatif. Mendengar kan radio dan berganti ganti setiap hari, mendengarkan beraneka ragam jenis musik atau melakukan hal hal lain yang sebelumnya belum pernah dilakukan
3. Amati berbagai macam produk dan jasa perusahaan lainnya terutamayang berada dalam pasar yang benar benar berbeda. Tidak ada salah nya meminjam ide dari perusahaan lain. kemudian mengembangkan nya menjadi inovasi yang brilian.
4. Sadari kekuatan kreatif dari kesalahan orang lain. Orang bijak mengatakan kita dapat memperoleh id dari kesalahan yang diperbuat orang.
5. Bawalah selalu buku harian untuk mencatat pikiran dan ide anda. Ide kreatif kadang muncul secara tanpa sengaja dan diwaktu yang tidak di duga - duga.. Dari pada lupa, ada baiknya membawa buku kecil untuk catatan
6. Dengarkan orang lain. Ide tidak selalu datang dati kita sendiri. Ide dapat datang dari orang lain atau bahkan kompetitor kita sendir. Jadi selalu dengarkan masukan orang lain, karna mungkin dia akan mengadirkan ide cemerlang buat kita.
7. Dengarkan pelangga. Mendengarkan pelanggan wajib hukumya. Mereka mengkonsumsi roduk kita dan sekaligus menjadi sumber ide yang tiada habis nya.
8. Berbicara dengan anak kecil. Anak anak tidak membatasi pikiran mereka. Mereka begitu bebas mengungkapkan kreativitas mereka tanpa batas. Mereka juga dapat menjadi sumber ide yang berharga
9. Simpan kotak mainan di kantor anda. Mainan mainan kecil seperti yoyo, gasing dan lain lain dapat menjadi sumber inspirasi ketika sedang bingung.
10. Membaca buku mengenai cara merangsang kreatifitas dan juga anda dapat mengambil kursus kreatifitas.
11. Luangkan waktu anda. Sesekali luangkan lah waktu anda agar dapat berileksasi, melepaskan diri dari rutinitas sejenak. Ide ide baru bisa muncul ketika otak tidak dalam keadaan tegang
Graham Wallas, juga mengatakan dalam bukunya " The Art Of Toughts " menyatakan bahwa sebelum terciptanya sebuah inovasi, ada proses kreatif yang harus diilakukan yaitu:
1. Tahap Persipan
Ini adalah persiapan diri untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data atau informasi, mempelajari pola pikir dari oaranglain, dan bertanya pada orang lain
2. Tahap Inkubasi
Pada tahap ini pengumpulan informasi dihentikan, individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut. Masalah itu diendapkan terlebih dahulu
3. Tahap Iluminasi
Tahap ini merupakan tahan munculnya inspirasi atau gagasan baru.
4. Tahap Verifikasi
Ini adalah tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap realitas. Di sini dioerlukan pemikiran yang meliputi proses divergensi ( pemikiran kreatif ) dan proses konvergensi ( pemikiran kritis ) / cepat.
Setelah itu, para pebisnis dituntut untuk terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi antara lain untuk :
1. Meningkatkan efisiensi produk.
Inovasi dalam sebuah produk bertujuan untuk meningkatkan efisiensinya. Barang yang mengalami inovasi akan dapat melakukan tugasnya dengan tepat sasaran tanpa perlu membuang waktu
contoh, pada jasa layanan pengiriman makanan di sebuah rumah makan. bila dulunya hanya bisa melayani makan ditempat, maka inovasinya bisa dengan memberikan layanan jasa antar / delivery.
2. Sebagai pembeda atau ciri khas bisnis
Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang yang sama. Jika ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan dulu produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada dipasaran. Dengan begitu, suatu bisnis bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri baik dalam hal produk maupun identtitas.
contoh, produk kue bolu, bila biasanya bolu menggunakan bahan baku standar yaitu tepung terigu, maka kaliini diciptakan bolu dengan bahan baku pisang atau mangga.
3. Dapat menarik lebih banyak konsumen
Setelah melakukan inovasi dalam bisnis, kamu naninya berpeluang besar untuk menarik banyak konsumen lebih banyak dari sebelumnya. Konsumen memeng menyukai hal hal baru dan cenderung lebih unik dan memang mereka sukai.
contoh, pada bisnis alat tulis. Pulpen berwarna warni dengan bentuk yang menarik akan lebih banyak disukai terutama oleh anak anak dari pada pulpen yang standar pada umumnya.
4. Menciptakan pasar baru di tengah masyarakat
Tujuan lain dari inovasi dalam bisnis adalah untuk menciptakan pasar baru di masyarakat. Produk yang di beri inovasi memberikan fitur dan perkembangan terbaru yang akan menarik minatmasyarakat. Sehingga masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut. Inovasi tidak hanya selamanya memberikan perkembangan tetapi kadang juga melakukan pengurangan fitur.
contohnya, produk telepon pintar. Beberapa fitur seperti kualitas kamera atau kapasitas memori dikurangi sehingga menghadirkan sebuah produk baru dengan harga yang lebih murah. Produk baru ini nantinya akan menciptakan pasar baru yang mengincar harga yang lebih murah dengan produk yang tidak jauh berbeda kualitasnya.
Inti dari semuanya adalah sebagai pebisnis kamu memang sepatutnya selalu tahu dan paham apa yang sedang terjadi di pasar, agar bisa menentukan kreativitas dan inovasi apa yang cocok untuk bisnismu dalam puya untuk terus mampu memenuhi kebutuhan pasar.
Berikut adalah kunci Strategi iNOVASI
- Analisi Strategis
-Keputusan yang Stragtegis
-Tindakan Strategis
-Mewujudkan ide inovasi
lalu bagaimana cara mengembangkankan kreativitas dengan inovasi?
Berikut caranya:
1. Mengenali hubungan. Banyak penemuan dan inovasi yang lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan yang berbeda dari segala aspek.
2. Mengembangkan prespektif fungsional. Orang yang kreatif dapat melihat ada na orang sebagai alat untuk memenuhi kebutuhannya dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan.
3. Gunakan akal. menggunakan funsi otak pada bagian yang terpisah
4. Hapus perasaan ragu ragu. Banyak kebiasaan mental yang membatasi dan menghambat pemikiran krestif. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa hanya menggunakan 2-10 persen potensi kreativitas yang dimilikinya, contoh
Namun memang dalam berpikir kreatif tidaklah semudah yang dibayangkan. Bagi anak anak mungkin kreativitasnya masih sangat luas, karena pemikiran mereka masih dibebaskan. Tetapi semakin bertambah dewasa seseorang, kreatifitas sekan telah dikotak kotakkan, dan hal ini menjadi hambatan untuk berpikir kreatif. Hambatan hambatan tersebut hendaknya diminimalisir atau justru dihilangkan karena dalam berwirausaha, kreatifitas sangatlah dibutuhkan, untuk itu jangan sampe hambatan menjadi penghalang atau masalah yang membuat ide kreatif kita tidak berkembang
Berikut faktor faktor yang dapat mempengaruhi semangat Wirausaha :
-Selalu berfikir positif
-Selalu berinovasi tanpa henti
-Selalu termotivasi untuk maraih keberhasilan
-Memiliki pribadi yang kuat ( mental )
-Selalu ulet dan bekerja keras tanpa henti
-Selalu menuntut perubahan kearah yang lain
Setelah sudah mengetahui strategi strategi ber Usaha dengan Kreativitas dan inovasi dengan baik dan sabar. Maka akan akan menghasilakn sebuah hasil, yakni dalam ber usaha, di butuhkan duet atau kombinasi dari Kreativitas dan inovasi guna menjadi pihak yang berbeda serta berciri khas demi bersaing dengan para kompetitor lainnya. Hasil dari hal tersebut ialah sebuah pemikiran " One Step Ahead " atau bisa diartikan satu langkah kedepan dari para pesaing. Hal ini menjadi sebuah pedomean dan keseharusan bagi para wirausahawan agar usaha yang di jalankan menjadi sukse dan terbranding di mata masyarakat. yang kita butuhkan untuk itu hanyalah tekan yang kkuat dan optimis, jangan biar kan penyakit " mental down" menyerang anda, jika anda berada di ujung tanduk permasalahan itu wajar dalam dunia bisnis. Kita hanya perlu menyusun strategi dan mencari inspirasi lain agar dapat mendapatkan motivasi lagi. Selain, hindari pula sifat cepat berpuas dan terus merasa kurang. hapus perasaan ragu ragu dan gunakan akal sehat dan kreativitas mu untuk bangkit. Karna seseungguhnya tuhan maha tau kerja keras kita tanpa perlu mengumbar nya. Sekian dari saya, semoga apapun bisnis yang tengah kamu siapkan dapat diberikan kemudahan dalam pengembangannya
Sumber
Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 13(1), 8-16
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H