Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Programmer/IT Consultant - https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Logistik di Era Industri 4.0 Membuat E-Commerce Terus Naik Daun

30 November 2019   12:40 Diperbarui: 30 November 2019   12:48 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernahkah Anda membayangkan belanja online, mulai dari memilih barang, memesan, membayar, dan kemudian melihat proses pengiriman mulai dari keluar gudang, diterima oleh supir pengantar barang, sampai di drop point, dan kemudian muncul pemberitahuan bahwa barang akan segera sampai di alamat Anda, dengan perhitungan waktu perkiraan sekian menit.

Semuanya itu sudah terjadi tanpa Anda harus melihat prosesnya. Kalaupun Anda mau melihat prosesnya, hanya tinggal divideokan saja....mungkin industri logistik dapat memasang kamera video dalam setiap prosesnya dan pelanggan diberi akses untuk melihat rangkaian prosesnya.

Tetapi untuk apa jika pelayanan selalu memuaskan? Tentunya kita tidak ingin repot membuang waktu untuk melihat prosesnya. Kita ingin tahu detail setiap proses biasanya karena ada masalah, entah paket hilang, tiba-tiba didalamnya ada barang terlarang, padahal pengirim dan calon penerima tidak ada hubunganya dengan barang tersebut. 

Tapi tidak usah khawatir, sudah ada scanner otomatis untuk mengenali barang-barang terlarang, jadi kasus seperti itu bisa dihindari lebih awal.  J&T express adalah salah satu penyedia jasa logistik yang sudah menggunakan scanner otomatis tersebut. 

J&T Express yang memiliki cakupan bisnis ke seluruh Indonesia, dengan 2000 drop point yang tersebar dan, secara data, dikelompokan sampai ke level kecamatan, berkomitmen untuk melayani setiap pelanggan dan setiap paket, secara jujur dan bertanggung jawab.

Semua itu hanya akan menjadi slogan jika tidak didukung oleh teknologi yang canggih serta orang-orang yang disiplin dan melek teknologi. Untungnya J&T Express nampaknya sudah menerapkan teknologi pendukung komitmen tersebut yang mengintegrasikan seluruh rangkaian proses logistik secara digital. Dan pastinya melatih orang-orangnya untuk dapat menggunakan teknologi tersebut.

Rantai Bisnis dan Rangkaian Proses yang Terintegrasi

Selain melayani nasabah perorangan, J&T Expres juga bekerja sama dengan pihak-pihak pengguna jasa seperti marketplace dan perusahaan-perusahaan pengguna jasa pengiriman logistik, yang juga sudah menerapkan teknologi digital. Semua pelanggan dapat mengakses system pengiriman paket melalui website J&T Express, baik dengan cara menginput melalui keyboard atau langsung terintegrasi "system to system" dengan database dari partner-partner yang berkerjasama.

Hal ini memungkinkan data lebih cepat masuk kedalam database untuk mendapatkan konfirmasi penjemputan paket dari system. Penjemputan yang dimaksud adalah penjemputan dari setiap titik/drop point, mulai dari titik point pertama sampai titik point terakhir. Titik point pertama bisa saja gudang pelanggan, atau tempat dimana J&T Express mengambil barang yang diserahkan oleh pelanggan.

Selanjutnya barang diambil oleh petugas, diberi label lengkap dengan barcode-nya, dan status didalam database langsung diganti dengan 'pick up', pada drop point tersebut.Proses berlanjut dengan mengirimkan paket ke drop point yang tersebar di seluruh Indonesia, sesuai pengelompokan area pengirimannya. Setiap langkah dilaporkan melalui system yang juga dapat diakses oleh pembawa paket dimana saja berada, sehingga jejak paket mudah dilacak.

Pengurutan Data secara FIFO (First In First Out)

Setiap drop point dilengkapi dengan scanner untuk membaca barcode yang sudah tertempel pada setiap paket mulai dari drop point pertama, dan system akan mencatat data sesuai kode paket masing-masing untuk mengupdate status dan lokasi paket. Secara otomatis system akan mencatat detail waktunya, yang akan menjadi dasar pengurutan data barang berdasarkan metoda FIFO  (First In First Out). Paket yang masuk duluan akan diproses lebih dulu.  Metoda ini penting agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman barang.

Pembagian Beban Kerja Oleh System

Penggunaan teknologi digital juga memungkinkan system membagi beban kerja dari setiap drop point mulai dari pick up hingga sampai ditangan pelanggan.

System yang terintegrasi memungkinkan setiap data yang masuk diolah dan dianalisa oleh system dengan smart, dikelompokan sesuai area pengangkutan, kota tujuan, hingga level kecamatan.

Di sisi lain, ada system pendistribusian barang yang smart untuk mengkalkulasi kapasitas alat angkut per area, menghitung alat angkut yang tersedia, beserta tenaga manusianya, seperti supir dan kernet.  

Saya percaya, J&T Express juga sudah menerapkan analisa yang smart dengan mengkolaborasikan semua proses dan data yang saling terintegrasi untuk menghasilkan semacam jadwal penjemputan dan pembagian tugas, sehingga memudahkan para pekerja untuk melakukan tugasnya.  

Pastilah J&T Express sudah menerapkan analisa yang dapat mendukung pengambilan keputusan, misalkan pada saat tidak ada alat angkut yang tersedia di suatu area, system yang dipakai J&T Express dapat memberikan informasi alat angkut yang tersedia di area terdekat, atau mungkin malah langsung memberikan notifikasi kepada driver terdekat yang sedang available untuk menjemput paket. Hal ini akan mengindari, atau minimal mengurangi,  kemungkinan waktu tunda (delay) pengangkutan paket.

Jika pembagian beban kerja semacam itu masih dilakukan manual, pasti ribet sekali dan memungkinkan terjadinya misscommunication, kesalahan informasi, dll. J&T Express akan kehilangan banyak kesempatan dalam melakukan tugas utamanya mengantar paket jika tidak didukung oleh teknologi penggunaan komputer yang handal.

Penerapan Teknologi Transport Tracker

Proses pengiriman barang tidak lepas dari kondisi kendaraan, kondisi pekerja, jalanan, dan peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi layanan udara, laut, dan darat.

Setiap kendaraan darat mestinya sudah dilengkapi dengan transport tracker atau pendeteksi pergerakan kendaraan, sehingga mudah diketahui keberadaannya, dan update terhadap system tetap dilakukan, sehingga system dapat memberikan 'saran' alternatif, misal untuk mengganti rute perjalanan, dsb, atau sekedar memberikan informasi kepada pihak berkepentingan bahwa telah terjadi sesuatu sehingga gelondongan paket yang dikirim pada tanggal sekian jam sekian dengan pesawat XYZ masih berada di titik point tertentu, dst.

Sangat tidak profesional jika ada pelanggan yang bertanya tentang paketnya yang belum diterima di waktu yang seharusnya sudah sampai kepada pelanggan, dan petugas tidak dapat menjawab karena informasi tidak tersedia.  

Penjelasan system diatas memang hanya perkiraan dan analisa pribadi saja, karena saya juga tidak tahu persis bagaimana proses yang sebenarnya dilakukan oleh J&T Express. Tetapi system yang baik tercermin dari rangkaian proses yang dapat dilihat oleh setiap pihak yang berkepentingan, termasuk pelanggan, dengan mudah dan jelas. 

Jika data dan proses dalam system amburadul atau system masih belum menerapkan konsep Analytic dan Business Intelligence, tentunya pelanggan tidak akan mendapat informasi yang valid melalui tracking system J&T Express. System seperti itu juga pasti melibatkan semua pihak yang bekerja, untuk disiplin mengupdate status pengiriman dari setiap paket, sehingga data dapat diakses oleh setiap pihak terkait secara real time.

Dan semua itu berimbas pada pelayanan J&T yang cepat, terpercaya, dan dapat diandalkan. Siapa yang tidak suka dengan pelayanan seperti itu. J&T Express memang bisa diandalkan. J&T Express is reliable to express your online business!

Satu hal lagi, pencatatan data menggunakan system komputer dengan proses yang sudah canggih dan mengintegrasikan semua proses dan data, menjadikan data-data yang terekam itu sebagai kekayaan J&T Express, untuk mengembangkan bisnisnya.

Data-data tersebut dapat dipakai untuk membuat system yang lebih smart untuk menunjukan pola-pola kebiasaan pelanggan, masalah-masalah yang timbul dan banyak hal lain. Semua itu adalah modal untuk selangkah atau beberapa langkah lebih maju daripada hari ini, yang mungkin juga sudah diterapkan oleh J&T Express. Teknologi yang smart membuat J&T Express is really reliable to express your online business!. 

Tunggu apalagi? Sekarang ini, siapapun dapat menjadi pelaku bisnis e-commerce, mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga besar-besaran. Dengan bantuan industri logistik, semuanya menjadi mudah. Apalagi kalau penyedia jasa logistik menerapkan teknologi kekinian yang canggih. Dalam bahasa gaulnya: Logistik di Era Industri 4.0. 

Pilihlah penyedia jasa logistik yang terpercaya, yang bisa dilihat dari mudahnya mengakses informasi dari semua rangkaian proses. Dapat diakses 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun. JT Express, melayani pelaku bisnis e-commerce untuk mengekspresikan bisnis onlinenya. Express your online business!

Apakah jasa logistik yang menerapkan teknologi canggih seperti itu, biayanya mahal? Kalau masalah harga, J&T Express sudah menyediakan fitur check harga berdasarkan jarak tempuh, berat dan dimensi paket. Untuk sekedar cek harga saja, tidak bayar alias gratis. Cek saja di website J&T Express. J&T Express help you to express your online business!

#Logistik di Era Industri 4.0 #Express Your Online Business #JT Express

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun