Nama domain memang memegang peranan penting bagi semua usaha karena mempresentasikan branding usaha sekaligus sebagai kehadiran usaha kita di dunia maya.
Jika di ilustrasikan dengan keadaan dunia nyata atau offline seperti  kita memiliki nama perusahaan sendiri yang tertera di Akte Perusahaan namun biaya yang dikeluarkan untuk nama domain lebih rendah sekitar U$ 9-$ 125 per tahun tergantung dari eksistensi nama domain tersebut seperti  misalnya eksistensi domain com, net, org dan lainnya.
Ada jenis nama domain serta eksistensi domain yang mempresentasikan sebuah lokasi bisa Negara, kabupaten, kota, desa, sungai, gunung dan lainnya dimana ini dinamakan dengan Geo Domain.
Eksistensi nama domain yang mempresentasikan lokasi misalnya dot US untuk Amerika, dot IT, untuk Itali, ID untuk Indonesia, dot TV untuk Negara Tuvalu dan lainnya.
Nah Geo domain juga memainkan peranan penting bagi yang memang ingin mempresentasikan lokasi tersebut atau memiliki usaha dalam bidang wisata misalnya .
Mengapa domain penting ?
Pertama adalah dengan melihat cara-cara orang mencari informasi di internet yang biasanya dilakukan dalam tiga cara yaitu :
- Mencari di mesin pencari dengan memasukan kata kunci atau lokasi yang ingin dicari
- Mengetik langsung nama domain lokasi di address bar browser misalnya Indonesia.com
- Meng klik tautan dari sebuah website lain yang mengarah kepada domain/website yang kita cari.
Kedua adalah Geo Domain biasanya merupakan Exact Match Domain (EMD) dimana nama domain yang kita miliki sama atau sesuai dengan nama atau kata kunci nya misalnya ketika orang mencari informasi tentang Indonesia maka nama domain Indonesia.com adalah sama dengan kata kunci tersebut.
Ketiga karena dengan memiliki Geo Domain dari sebuah lokasi seperti menjadi pengelola dari lokasi tersebut karena ketika kita membangun website dari domain tersebut maka segala informasi yang dibutuhkan orang tentang lokasi tersebut  sehingga dengan demikian kita bisa menjaring sebanyak-banyaknya potensi pelanggan kita dari para pengunjung website kita.
Salahkah memiliki dan mengembangkan Geo Domain ?
Pada dasarnya selama kita tidak menggunakan nama domain tersebut untuk hal-hal yang negative maka tidak ada salahnya memiliki dan mengembangkan Geo Domain.
Pada peraturan WTO atau World Trade Organization dan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yaitu Pihak Pengelola Dunia untuk Nama Domain  sudah diatur tentang penggunaan nama domain untuk keperluan komersial di dunia maya untuk menghindari penggunaan yang dapat merugikan orang atau pihak lain atau sering disebut dengan Cybersquatting.
Bagaimana bila sebuah Pemerintahan baik Negara atau lainnya ingin atau menyatakan berhak untuk memiliki nama domain GEO kita ?
Hal ini dapat dilihat dari hukum dari nama domain sendiri dimana siapa cepat siapa dapat dan selama konten-konten pada website wisata kita tidak merugikan atau menjelekan lokasi atau daerah tersebut maka tidak ada yang dapat mengambil alih nama domain kita kecuali bila mereka membawa masalah ini ke WTO untuk diselesaikan secara hukum Internasional, namun hal ini jarang terjadi karena dengan mengacu kepada dua hal tersebut  diatas.
Apabila kita memang terjun pada bisnis wisata maka memiliki nama domain GEO bisa dikatakan keharusan karena apapun yang berkaitan dengan daerah tersebut dapat kita tampilkan serta mendapatkan manfaat ekonomi yang luar biasa.
Beberapa cara mendapatkan nilai ekonomi seperti penyediaan paket wisata, menjual cinderamata khas daerah, mempromosikan segala usaha khususnya yang berkaitan dengan wisata seperti hotel dan restoran dengan mendapatkan komisi, menjadi sumber berita dari segala kegiatan dan kejadian-kejadian yang terjadi di daerah tersebut.
Beberapa tahun yang lalu ketika terjadi gempa bumi dasyat di sebuah Negara, nama domain dengan eksistensi com digunakan oleh pemiliknya sebagai pusat informasi dan perkembangan terkini serta sebagai wadah bagi orang-orang saling menukar informasi dan mencari sanak keluarganya di Negara tersebut.
Secara trafik pengunjung website memang kita diuntungkan namun kita melihat kasus ini sebagai cara kita sebagai pemilik nama domain GEO untuk berkontribusi pada lokasi tersebut  dan tidak menyalahi dan merugikan satu pihak.
Bagaimana memilih GEO Domain yang baik ?
Bila pada umumnya istilah pemilihan nama domain itu adalah pendek dan mudah diingat, maka hal ini tidak berlaku pada Geo Domain.
Seperti yang penulis sebutkan diatas bahwa Geo Domain pada umumnya adalah Exact Match Domain yang berarti pemilihan nama domainnya harus sesuai dengan nama lokasi tersebut tanpa ada kata tambahan di luar kata dari lokasi tersebut misalnya Wisata(namalokasi) com.
Untuk eksistensi memang  esksitensi com masih menjadi favorit bagi orang banyak walau tidak selamanya hal ini menjadi hal yang utama karena yang terpenting adalah konten dari website kita sendiri sehingga tidak ada salahnya bila kita menggunakan eksistensi lain seperti net misalnya.
Akan tetapi khusus untuk beberapa eksistensi domain ada yang memang tidak bisa meregistrasi nama domain GEO yang sesuai dengan nama lokasi seperti eksistensi info yang biasanya di reserve oleh pihak ICANN untuk Negara atau lokasi yang bersangkutan.
Selain itu eksistensi nama domain Negara seperti dot ID sepertinya juga tidak bisa kita registrasi nama domain yang sesuai dengan nama lokasi atau daerah di Indonesia seperti Papua dot ID.
Pengembangan website GEO
Nama domain memang seperti nama perusahaan yang tercantum pada Akte Perusahaan akan tetapi akan sia-sia bila kita hanya memiliki nama tanpa ada tempat usaha.
Website adalah tempat usaha kita didunia maya dan khusus untuk Website Geo maka tidak hanya sekedar tempat usaha melainkan juga seperti kita memiliki kewajiban secara tidak langsung memperkenalkan dan mempromosikan sebuah lokasi di dunia maya.
Selain dari yang sudah disebutkan diatas yaitu menyediakan paket-paket wisata dan lainnya, usahakan juga untuk menampilkan segala keunikan dan wisata daerah tersebut dalam bentuk foto, video dan artikel yang dapat menumbuhkan keinginan orang untuk mengunjungi lokasi tersebut.
Hal-hal yang kecil bisa menjadi unik seperti bila kita dipantai dan melihat para istri-istri nelayan menunggu para suaminya tiba dari melaut dan membawa banyak ikan segar dan kemudian para mendokumentasi para istri-istri langsung memasak dan menjualnya di sekitar pantai akan menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal.
Tidak ada salahnya kita merasa menjadi Kepala Daerah lokasi tersebut di dunia maya sehingga apa yang menjadi visi dan misi kita dalam memajukan daerah kita sendiri akan terwujud dalam website yang kita kembangkan tersebut, sesuatu yang positif bukan?
Ketersediaan Geo Domain
Memang untuk eksistensi com dari seluruh nama lokasi di seluruh dunia sudah diambil orang dan ada yang dijadikan sebagai investasi, nah bila kita memang mengincar sebuah nama domain Geo dan sudah diregistrasi maka kita bisa bisa mengecek apakah nama domain tersebut sudah dikembangkan websitenya.
Biasanya bila sebuah nama domain tidak atau belum dikembangkan maka bila kita mengetik nama domain tersebut akan mengarah ke landing page yang member informasi bahwa nama domain tersebut dijual atau tersedia untuk di beli.
Akan tetapi jangan kaget dengan harga yang akan ditawarkan oleh sang pemilik, ya karena harga dari nama domain tidak ada standarnya dan bisa seperti minuman anggur, semakin tua umur domain tersebut akan semakin mahal harganya.
Beberapa tahun yang lalu nama domain Indonesia com ditawarkan dengan harga $500,000 dan lebih kagetnya lagi dengan nama domain destinasi wisata pulau Dewata yang terjual lebih dari itu.
Nama domain China com terjual pada tahun 2013 dengan harga fantastis yaitu U$ 11,700,000 serta Israel com dengann U$5,880,000 yang terjual pada tahun 2008 adalah dua contoh lainnya bahwa nama domain Geo bisa sangat tinggi harganya walau belum dikembangkan websitenya.
Bagi yang memiliki modal yang cukup cobalah melakukan negosiasi terlebih dahulu dan tidak mundur dulu ketika mendengar harga penawaran karena biasanya harga tersebut sebagai harga pembuka dan masih terbuka ruang untuk tawar menawar.
Pengaruh Media Sosial
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran platform media sosial agak menggeser kebiasaan dan cara orang dalam surfing internet sehingga peran website sepertinya agak tergeser pula karena kini apapun juga tersedia di platform media sosial terutama foto-foto dan informasi tentang wisata di berbagai daerah.
Akan tetapi tidaklah semuanya dapat dikatakan benar adanya karena pada dasarnya nama domain dan website merupakan identitas kita di dunia maya, dimana nama domain merupakan nama perusahaan dan website merupakan tempat usaha kita sendiri.
Bila kita ilustrasikan pada dunia offline, dengan kita memiliki nama domain dan website sendiri maka kita tidak berpromosi dengan menumpang atau menyewa tempat lain seperti menyewa kios atau toko di pusat perbelanjaan, kita memiliki toko sendiri dengan alamat kita sendiri tanpa ada embel embel lantai berapa dan nomor toko seperti di mal-mal.
Nama domain dan website merupakan alat kita untuk branding usaha kita sedangkan platform media sosial untuk kita melakukan blending (bercampur dengan pelanggan) dengan menampilkan update-update pendek dengan tetap menunjukan branding kita.
Nah bila kita ingin mempromosikan dan memajukan daerah kita sendiri utamanya dalam hal wisata, maka sebaiknya dimulai dengan memiliki nama domain Geo tersebut dan mengembangkan website nya yang sesuai dengan visi dan misi kita baik dari sisi bisnis ataupun sosial.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H