PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Pembelajaran berdeferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar induvidu murid. Peran guru sangat penting dalam pembelajaran agar tujuan pembelalajaran didefinisikan secara jelas serta merespon kesiapan belajar siswa, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, manajemen kelas yang efektif serta penilaian berkelanjutan.Â
Hal ini dilakukan karena beraneka ragam keunikan atau perbedaan kebutuhan belajar dari siswa. Dengan adanya keunikan tersebut maka guru harus mampu mendesain suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Menurut Tomlinson 2001, Ada tiga aspek untuk mengetahui kebutuhan belajar murid :
Kesiapan belajar murid (readiness)
Pada tahapan ini guru mengajak murid memahami materi yang akan dipelajari. Guru dapat menggunakan konten ataupun pertanyaan-pertanyaan penuntun untuk mengetahui tingkat kesiapan murid.
Ada 6 tombol equalizer yang diperkenalkan oleh Tomlinson (2001:24)
Bersifat mendasar - Bersifat transformatif
Konkret - Abstrak
Sederhana - Kompleks
Terstruktur - Terbuka (Open Ended)
Tergantung (dependent) - Mandiri (Independent)
Lambat - Cepat
Minat Murid
Guru juga mampu menyiapkan kegiatan pembelajaran berdasarkan minat murid. Beragam juga minat dari murid ada murid yang senang belajar seni, olah raga, sains atau bidang-bidang tertentu. Dalam hal ini, guru harus siap untuk memfasilitasi kebutuhan murid tersebut. Guru dapat memberikan pilihan kepada muridnya untuk belajar sesuai dengan minatnya, misalnya dalam menghasilkan produk. Murid diberikan kebebasan dalam belajar.Â
Murid bebas menghasilkan produk baik berupa teks atau tulisan seperti artikel, narasi, karangan atau bentuk produk lain yang sesuai minat belajarnya seperti audio, video, poste dan hal yang lain. Hal ini dapat membantu murid menyadari kecocokan antara sekolah dan kecintaan mereka sendiri untuk belajar, menggunakan keterampilan anak sebagai jembatan mempelajari ide atau materi serta dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
Profil Belajar Murid
Profil belajar mengacu pada cara-cara bagaimana guru dapat memberikan kenyamanan terhadap murid.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi profil belajar murid :
Lingkungan belajar
Pengaruh Budaya
Gaya Belajar
Kecerdasan majemuk
Dalam pembelajaran berdiferensiasi juga tidak terlepas dari peran sebuah penilaian di dalam kelas.Â
Ada jenis tiga penilaian :
Asesmen Awal (Diagnostik)
Penilaian ini dilakukan setiap kali memulai atau mempelajari materi baru
Asesmen FormatifÂ
Penilaian ini dilakukan disaat proses pembelajaran sedang berlangsung
Asesmen Sumatif
Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah berhasil atau belum
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H