Contoh Pengukuran Kapabilitas Six Sigma (Bagian Terakhir)
Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt
Makna Pengukuran dalam Manajemen Six Sigma
Terdapat suatu paham/kepercayaan (credo) dalam Six Sigma, yaitu:
Kita tidak mengetahui apa yang kita tidak tahu,
Kita tidak akan bertindak terhadap apa yang kita tidak tahu,
Kita tidak akan mengetahui sampai kita mencari tahu,
Kita tidak akan mencari tahu untuk apa yang kita tidak menanyakan (bertanya),
Kita tidak menanyakan apa yang kita tidak mengukur,
Dengan demikian, maka kita hanya akan tetap menjadi tidak tahu!
Pada tahun 1891, ahli ilmu fisika Inggris Lord Kelvin menulis: “Bila kita dapat mengukur apa yang kita sedang membicarakan, dan menyatakan itu dalam bentuk angka-angka, maka kita mengetahui sesuatu tentang itu; tetapi apabila kita tidak dapat mengukurnya, dan apabila kita tidak dapat menyatakan itu dalam bentuk angka-angka, maka pengetahuan kita adalah tidak lengkap dan tidak memuaskan”.
Ungkapan lain yang berkaitan dengan makna pengukuran adalah:
Mengukur adalah untuk mengerti (memahami),
Memahami adalah untuk memperoleh pengetahuan,
Memperoleh pengetahuan adalah untuk memperoleh kekuasaan (power).
Karena sejak awal waktu kehidupan, hal-hal yang membedakan manusia dengan hewan adalah:
Kemampuan mengamati (observasi), mengukur (measure), menganalisis (analyze), dan menggunakan informasi itu untuk keputusan membawa ke arah perubahan yang lebih baik.
Interpretasi secara bebas terhadap makna dari ketiga pernyataan tentang manfaat pengukuran di atas adalah bahwa pengukuranmemainkan peranan yang sangat penting bagi peningkatan suatu kemajuan (perubahan) ke arah yang lebih baik. Dalam manajemen Six Sigma, pengukuran terhadap fakta-fakta akan menghasilkan data, yang kemudian apabila data itu dianalisis menggunakan alat-alat dan teknik-teknik Six Sigma secara tepat, maka akan memberikan informasi yang akurat, yang selanjutnya informasi itu akan berguna bagi peningkatan pengetahuan para manajer dalam membuat keputusan atau tindakan manajemen untuk meningkatkan kinerja organisasi secara terus-menerus.
Mengubah Unit Pengukuran dari Persen (Per Seratus) menjadi Per Sejuta
Manajemen Six Sigma akan mengubah unit pengukuran dari persen (per seratus) menjadi per million (per sejuta), karena organisasi yang beroperasi pada tingkat 5-Sigma atau 6-Sigma akan sulit mengucapkan kinerja kegagalan dalam bentuk persen (%).
Konversi unit pengukuran dari persen menjadi per sejuta adalah:
1 persen = 1% = 1/100 = 10.000/1.000.000 = 10.000 per sejuta = 10.000 DPM (Defects Per Million) atau 10.000 DPMO (Defects Per Million Opportunities).
Bayangkan kalau suatu organisasi telah mencapai kapabilitas 6-Sigma, yang berarti telah mencapai 3,4 DPMO, maka akan SULIT mengucapkan tingkat kegagalan dalam persentase (%), KARENA:
3,4 DPMO = 3,4/1.000.000 = 0,00034 / 100 = 0,00034 persen = 0,00034%.
Organisasi yang telah mencapai kapabilitas 4-Sigma atau lebih telah HARUS mengkonversi unit pengukuran kesalahan atau kegagalan dari persentase menjadi per sejuta (DPM = Defects Per Million) atau DPMO (Defects Per Million Opportunities).
Pada dasarnya pengukuran berbagai Key Performance Indicators (KPIs) dapat dikonversi ke pengukuran kapabilitas Sigma, dengan membuat target kinerja = 100%. Setiap penyimpangan dari target kinerja dianggap kegagalan, sehingga jika penyimpangan 1% = 1/100 = 10.000/1.000.000 = 10.000 dpmo (defects per million opportunities).
Contoh KPIs dari FISIP Universitas Indonesia dapat dilihat di sini:
Matriks KPIs Universitas dapat juga dilihat di sini:
Dengan mengubah pengukuran kinerja perguruan tinggi di atas dari persentase menjadi DPMO, maka secara langsung akan mensosialisasikan manajemen Six Sigma dalam pengelolaan perguruan tinggi, sehingga membuat civitas akademika perguruan tinggi di Indonesia menjadi familiar dengan Six Sigma, yang sekaligus akan membuatterjadi “link and match” antara dunia perguruan tinggi dan dunia industri di Indonesia. Karena seperti disebutkan dalam rangkaian tulisan tentang manajemen Six Sigma bahwa kebutuhan dunia industri terhadap personel Six Sigmapada saat sekarang maupun di masa mendatang akan meningkat sejalan dengan telah diadopsi metodologi Six Sigma sebagai Standar Internasional ISO 13053-1:2011 dan aka nada perubahan signifikan dalam Standar Sistem Manajemen Kualitas. Internasional ISO 9001:2015.
Sistem pendidikan “link and match” semacam ini telah dilakukan di Jepang, di mana alat-alat dan teknik-teknik pengendalian kualitas seperti: tujuh alat (seven tools) yang sering dipergunakan dalam pengendalian kualitas telah diajarkan sejak sekolah menengah, sehingga ketika seseorang lulus dari sekolah menengah dan bekerja di industri, maka mereka telah familiar dengan alat-alat pengendalian kualitas itu.
Pengukuran Kinerja Menggunakan Six Sigma
Six Sigmadapat dijadikan sebagai ukuran target kinerja organisasi, tentang bagaimana baiknya suatu proses transaksi produk antara pemasok dan pelanggan (pasar). Semakin tinggi target sigma yang dicapai, maka kinerja sistem organisasi akan semakin baik. Sehingga 6-sigma otomatis lebih baik daripada 4-sigma, lebih baik daripada 3-sigma. Berikut ini akan dikemukakan penggunaan konsep Six Sigma dalam pengukuran berbagai kasus seperti ditunjukkan dalam Tabel 1.
.
Contoh perhitungan dalam Tabel 1. dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
- Kasus transaksi bisnis untuk 500.000 pelanggan per satuan waktu tertentu.
- Unit total = 500.000 transaksi
- Kapabilitas 1-Sigma = 691.462 DPMO =(691.462 / 1.000.000) x 500.000 = 345.731 kegagalan atau kesalahan transaksi.
- Kapabilitas 3-Sigma = 66.807 DPMO =(66.807 / 1.000.000) x 500.000 = 33.404 kegagalan atau kesalahan transaksi.
- Kapabilitas 5-Sigma = 233 DPMO =(233 / 1.000.000) x 500.000 = 117 kegagalan atau kesalahan transaksi.
- Kapabilitas 6-Sigma = 3,4 DPMO =(3,4 / 1.000.000) x 500.000 = 2 kegagalan atau kesalahan transaksi.
Tampak kapabilitas 6-sigma jauh lebih baik dari kapabilitas 5, 4, 3, 2, dan 1-sigma.
Tabel 1. Pengukuran Kapabilitas Sigma dari Beberapa Kasus
Sumber: Futerer, S. L. (2009). Lean Six Sigma in Service Application and Case Studies. CRC Press, New York.
Dari Tabel 1 tampak bahwa untuk kasus anggaran pembangunan sebesar Rp. 2.000 trilyun, apabila manajemen anggaran telah mencapai kapabilitas Six Sigma, maka berarti HANYA akan ada penyimpangan sekitar Rp. 6,8 milyar. Jika manajemen anggaran baru mencapai kapabilitas 3-Sigma, maka berarti terjadi penyimpangan sekitar Rp. 134 trilyun. Jika sinyalemen ketidakefektifan anggaran pembangunan di Indonesia sekitar 30% yang dikemukakan oleh Alm. Prof. Soemitro Djojohadikusumo, maka berarti kapabilitas manajemen anggaran di Indonesia MASIH berada di sekitar 2-Sigma; jauh di bawah manajemen anggaran pembangunan di negara-negara maju yang umumnya telah memiliki kapabilitas di sekitar 5-Sigma maupun 6-Sigma. .
Itulah makna pengukuran kapabilitas Sigma di atas agar kita mengetahui posisi kinerja manajemen sekarang, dan berusaha meningkatkan kinerja itu terus-menerus agar mencapai kapabilitas 6-Sigma dengan target utama kesalahan NOL (zero defect/error) dalam setiap aktivitas untuk semua bidang kehidupan. Dari gambar di atas dapat juga diketahui bahwa tingkat kecelakaan pesawat terbang telah mencapai sekitar kapabilitas 6-Sigma, NAMUN penanganan bagasi baru mencapai kapabilitas sekitar 4-Sigma.
Contoh Pengukuran Kapabilitas Proses (Nilai Sigma) dari Jasa Pengangkutan Kapal Ferry
Bayangkan bahwa telah dilakukan pengukuran selama periode tiga bulan, dan diperoleh informasi bahwa dari proses pengangkutan sebanyak 24 ribu penumpang diketahui jenis-jenis keluhan dari penumpang seperti dalam Tabel 2.
Tabel 2.
Dari informasi di atas, kita mengetahui bahwa kapabilitas proses pengangkutan (jasa kapal Ferry) adalah 2.94 sigma, masih jauh dari 6-sigma (DPMO = 3,4), sehingga harus ditingkatkan lagi kinerjanya agar mencapai kapabilitas proses 6-Sigma dalam pelayanan penumpang.
Contoh Pengukuran Kapabilitas Proses pada Industri Listrik
Penulis pernah mengukur kinerja PT. PLN dalam hal kontinuitas ketersediaan listrik, di mana pada umumnya ukuran kapabilitas proses dari PT. PLN dalam menyediakan listrik masih berada di bawah 3-sigma. Beberapa pengukuran kinerja PLN menggunakan perspektif Six Sigma ditunjukkan dalam Tabel 3. Berdasarkan informasi ini, maka manajemen PLN dapat menentukan baseline kinerja, kemudian berusaha giat terus-menerus melalui Tim Peningkatan Kinerja agar mampu membawa perusahaan menuju keunggulan bisnis berkelas dunia pada kapabilitas 6-Sigma.
Tabel 3.
Catatan: jika kinerja kapabilitas proses PLN mampu ditingkatkan menjadi 4-sigma (6210 dpmo = defects per million opportunities), maka ketiadaan listrik dalam 1 tahun = 54,40 jam atau 2,27 hari; atau ketiadaan listrik dalam 1 bulan = 4,47 jam saja.
Tampak bahwa pada tingkat kapabilitas proses 6-sigma (3,4 dpmo), maka ketiadaan listrik dalam satu tahun hanya 1,79 menit atau 8,81 detik per bulan, dan kinerja ini telah dicapai oleh negara-negara maju di dunia.
Berdasarkan informasi di atas, PLN di setiap area atau wilayah dapat menentukan baseline kinerja dari kapabilitas proses dalam nilai sigma. Sebagai misal, PLN wilayah DKI Jaya apabila masih berkisar sekitar 3-sigma, maka masih akan ada ketiadaan listrik di DKI Jaya sekitar 24,38 hari per tahun atau 48,10 jam per bulan.
Contoh Pengukuran Kapabilitas Sistem K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
Six Sigma dapat juga dipergunakan untuk mengevaluasi keefektifan dari sistem K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang telah diimplementasikan. Misalkan berdasarkan pengukuran kecelakaan kerja diperoleh data berikut:
Unit pengukuran = karyawan
Defect = karyawan yang mengalami kecelakaan kerja dan sakit
Opportunity for Error dalam 1 unit = 1 karyawan per hari kerja
Dalam 1 tahun diketahui ada 250 hari kerja.
Misalkan ada 1386 karyawan dalam perusahaan dan terjadi 113 kasus kecelakaan kerja dan sakit dalam setahun (terdapat 113 karyawan yang sakit dan mengalami kecelakaan kerja).
Perhitungan Defects Per Unit (DPU) = (total # defects) / (total # units) = (113 karyawan/tahun) / 1386 karyawan = 0.0815295/tahun.
Perhitungan DPMO (Defects Per Million Opportunities) = ((DPU/tahun) x 1.000.000)/Opportunities for error dalam 1 unit = ((0.0815295/tahun) x 1.000.000) / (250 hari kerja/tahun) = 326 DPMO.
Nilai 326 DPMO ini dapat dikonversikan ke dalam nilai sigma menggunakan Microsoft Excel, yaitu: =normsinv((1000000-326)/(1000000))+1.5 = 4.91.Dalam hal ini kita mengetahui bahwa kapabilitas sistem K3 di perusahaan itu adalah 4.91 Sigma.
Contoh lain dilakukan perhitungan berdasarkan hari kerja produktif yang hilang.
Unit pengukuran = hari kerja produktif
Defect = kehilangan hari kerja produktif karena kecelakaan kerja dan/atau sakit.
Opportunities for Error in One Unit = 1 per hari kerja produktif. Dalam 1 tahun diketahui ada 250 hari kerja, yang berarti sama dengan: 1386 karyawan x 250 hari kerja = 346.500 hari kerja karyawan produktif.
Misalkan berdasarkan perhitungan selama setahun terjadi kehilangan 3.218 hari kerja karyawan produktif karena kecelakaan kerja dan/atau sakit.
Perhitungan Defects Per Unit (DPU) = (total # defects) / (total # units) = (3.218 hari kerja karyawan yang hilang/tahun)/(346.500 hari kerja karyawan/tahun) = 0.0092871.
Perhitungan DPMO (Defects Per Million Opportunities) = ((DPU/tahun) x 1.000.000)/Opportunities for error dalam 1 unit = ((0.0092871/tahun) x 1.000.000) / 1 = 9.287 DPMO.
Nilai 9.287 DPMO ini dapat dikonversikan ke dalam nilai sigma menggunakan Microsoft Excel, yaitu: =normsinv((1000000-9287)/(1000000))+1.5 = 3.85.Dalam hal ini kita mengetahui bahwa kapabilitas sistem K3 di perusahaan itu adalah 3.85 Sigma.
Six Sigma Business Scorecard
Pengukuran Six Sigma yang ditunjukkan di atas dilakukan pada tingkat proses, sedangkan pengukuran Six Sigma pada tingkat bisnis atau perusahaan akan dikemukakan berikut ini.
Gupta (2004) mengajukan tujuh kategori yang dipergunakan dalam menetapkan Indeks Kinerja Bisnis (BPIn) beserta pengaruhnya terhadap profitabilitas perusahaan. Ketujuh kategori itu adalah sebagai berikut:
1.Kepemimpinan dan Profitabilitas (LNP = Leadership and Profitability)
2.Manajemen dan Peningkatan (MAI = Management and Improvement)
3.Karyawan dan Inovasi (EAI = Employees and Innovation)
4.Manajemen Pembelian dan Pemasok (PSM = Purchasing and Supplier Management)
5.Eksekusi Operasional (OPE = Operation Execution)
6.Penjualan dan Distribusi (SND = Sales and Distribution)
7.Pelayanan dan Pertumbuhan (SAG = Sales and Growth)
Bagan 1. Kategori dalam Six Sigma Business Scorecard
(Sumber: Gupta, 2004)
Contoh pengukuran Six Sigma ditunjukkan dalam Tabel 4.
Tabel4. Contoh Pengukuran Six Sigma Business Scorecard
Keterangan perhitungan dalam Tabel 4:
·Defects Per Unit (DPU) = - ln (BPIn) = - ln (0.7150) = 0.335473 = 0.3355 (dibulatkan).
·Corporate DPMO (Defects Per Million Opportunities) = (DPU x 1,000,000) / Banyak Eksekutif yang Melapor kepada CEO = (0.335473 x 1,000,000) / 9 = 37,275.
·Corporate Sigma = normsinv((1000000-37275)/(1000000))+1.5 = 3.283226 = 3.28 (dibulatkan).
·Banyaknya eksekutif yang melapor kepada CEO menggambarkan kesempatan untuk membuat kesalahan dalam pembuatan keputusan.
Terdapat hubungan antara Indeks Kinerja Bisnis (BPIn) dan Defects Per Unit (DPU), yaitu: DPU = -ln (BPIn), di mana ln = logaritma natural. Penulis buku ini telah mencoba membangkitkan hubungan antara beberapa nilai BPIn dan DPU seperti ditunjukkan dalam 5.
Tabel 5. Hubungan Antara Indeks Kinerja Bisnis (BPIn) dan Defects Per Unit (DPU) dalam Pengukuran Six Sigma Business Scorecard
Dari Tabel 5 tampak bahwa target kinerja Six Sigma adalah mencapai indeks kinerja bisnis (BPIn) sama dengan 100% atau tingkat kesalahan nol. Hal ini berarti semua target-target kinerja bisnis akan mencapai 100% apabila manajemen Six Sigma mampu mengaplikasikan metodologi Six Sigma secara efektif dan efisien.
Kesimpulan
Manajemen Six Sigma BUKAN sekedar melaksanakan proyek-proyek Six Sigma menggunakan metodologi DMAIC, TETAPI merupakan upaya sistematik oleh manajemen berupa peningkatan DRAMATIK menggunakan metodologi Six Sigma agar membawa suatu proses dan/atau unit organisasi menuju KAPABILITAS 6-Sigma yang akan menghasilkan kesalahan NOL (zero defect/error) atau mencapai keunggulan pencapaian target-target kinerja 100%.
Meskipun Six Sigma melibatkan banyak perhitungan menggunakan alat-alat Six Sigma (Six Sigma tools) yang pada dasarnya merupakan aplikasi metode statistika dalam pengendalian proses organisasi, NAMUN fokus dari manajemen Six Sigma adalah pada Leadership and Profitability dari organisasi bisnis dan industri. Hal inilah yang membuat Six Sigma sangat populer dan telah diadopsi oleh organissai internasional untuk standardisasi (ISO) menjadi Standar Internasional ISO 13053-1: 2011. Organisasi bisnis dan industri di Indonesiayang akan berkompetisi di pasar global, baik di pasar ASEAN melalui AFTA (Asean Free Trade Area) pada tahun 2015, maupun di pasar internasional seyogyanya mempertimbangkan aplikasi manajemen Six Sigma berdasarkan Standar Internasional ISO 13053-1:2011 untuk diintegrasikan bersama ISO 9001:2015 yang akan mulai berlaku efektif pada September 2015.
Pengalaman praktek implementasi manajemen Six Sigma yang dikumpulkan dari berbagai sumber menunjukkan bahwa apabila organisasi mulai menerapkan dan memfokuskan seluruh sumber daya pada manajemen Six Sigma, maka hasil-hasil berikut akan diperoleh:
·Terjadi peningkatan 1-sigma dari 3-sigma menjadi 4-sigma pada tahun pertama.
·Pada tahun kedua, peningkatan akan terjadi dari 4-sigma menjadi 4,7-sigma.
·Pada tahun ketiga, peningkatan akan terjadi dari 4,7-sigma menjadi 5-sigma.
·Pada tahun keempat, peningkatan akan terjadi dari 5-sigma menjadi 5,1-sigma.
·Pada tahun-tahun selanjutnya, peningkatan rata-rata adalah 0,1-sigma sampai maksimum 0,15-sigma setiap tahun.
·Perusahaan-perusahaan kelas dunia yang sangat peduli terhadap kualitas, membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun untuk beralih dari tingkat operasional 3-sigma (66.810 DPMO—kegagalan per sejuta kesempatan) menjadi tingkat operasional 6-sigma (3,4 DPMO—kegagalan per sejuta kesempatan), yang berarti harus terjadi peningkatan sekitar 66.810/3,4 = 19.650 kali selama 10 tahun atau secara rata-rata sekitar 1.965 “peningkatan” setiap tahun. Suatu peningkatan dramatik!
·Peningkatan dari 3-sigma sampai 4,7-sigma memberikan hasil mengikuti kurva eksponensial (mengikuti deret ukur), sedangkan peningkatan dari 4,7-sigma sampai 6-sigma mengikuti kurva linear (mengikuti deret hitung). (HABIS).
Referensi untuk Artikel Seri 1 -4:
APICS. (2013). APICS Dictionary, 14th Edition. APICS The Association for Operations Management, Chicago, Illinois.
Futerer, S. L. (2009). Lean Six Sigma in Service Application and Case Studies. CRC Press, New York.
Gaspersz, Vincent. 2011. Business Process Excellence: Peningkatan Terus-Menerus Menuju Perusahaan Kelas Dunia, Vinchristo Publication, Bogor.
Gaspersz, Vincent. (2013). All-in-one Integrated Total Quality Talent Management: 50 Concepts, Models and Key Analyses in Total Quality, Practical Human Capital, and Talent Management System—Contoh Aplikasi pada Bisnis dan Industri Modern, Tri-Al Bros, Bogor.
Gaspersz, Vincent. 2013. All-in-one Bundle of ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 22000, ISO 26000, ISO 28000, ISO 31000, ISO 13053-1, ISO 190011 and Continual Improvement: Contoh Aplikasi pada Bisnis dan Industri. Tri-Al Bros Publishing, Bogor.
Gupta, P. (2004). Six Sigma Business Scorecard: Ensuring Performance for Profit. McGraw-Hill, New York.
Hugos, M. (2003). Essentials of Supply Chain Management. E-Book Edition, John Wiley and Sons, Inc., New Jersey.
ISO. (2008). International Standard ISO 9001:2008, Quality Management Systems—Requirements. Switzerland.
ISO. (2011). International Standard ISO 13053-1:2011 Quantitative Methods in Process Improvement—Six Sigma –Part 1: DMAIC Methodology. Switzerland.
ISO. (2014). International Standard ISO/DIS 9001:2015, Quality Management Systems—Requirements. Switzerland.
Swayne, B. (2003). Where Has All the Magic Gone?, Six Sigma Forum Magazine, Pp.22-27., ASQ Quality Press, Milwaukee, Wisconsin.
http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_9000
http://www.hitdocs.com/pick-chart-xlsx/
http://en.wikipedia.org/wiki/Pick_chart
https://www.moresteam.com/lean-six-sigma-online-training/index.cfm
Tentang Penulis:
Vincent Gaspersz adalah seorang praktisi dan konsultan teknik sistem dan manajemen industri/bisnis yang telah berpengalaman praktek sejak 1991. Ia memperoleh 10 (sepuluh) sertifikat profesional internasional (international professional degrees) dalam bidang produksi, rantai pasok (supply chain), kualitas, dan kepemimpinan, yaitu: (1) APICS (American Production and Inventory Control Society) Certified Fellow in Production and Inventory Management (CFPIM, 1998), (2) APICS Certified in Production and Inventory Management (CPIM, 1994-1996), (3) APICS Certified Supply Chain Professional (CSCP, 2007), (4) ASQ (American Society for Quality) Certified Manager of Quality and Organizational Excellence (CMQ/OE, 2006), (5) ASQ Certified Six Sigma Black Belt (CSSBB, 2006), (6) ASQ Certified Quality Engineer (CQE, 2006), (7) ASQ Certified Quality Auditor (CQA, 2006), (8) IQF (International Quality Federation) Six Sigma Master Black Belt (IQF SSMBB, 2005), (9) RAB-QSA (USA-based Registrar Accreditation Board (RAB) and Australia-based Quality Society of Australasia (QSA) Quality Management System Auditor (QMS Auditor, 2006), dan (10) Certified Situational Leadership Trainer (CSL), Australia (1991). Ia adalah anggota senior dari ASQ (the American Society for Quality) sejak 1994, Anggota dari APICS (the American Production and Inventory Control Society) sejak 1995, dan Anggota dari ASQ Six Sigma Forum sejak 2006.
CATATAN:
Rangkaian tulisan di atas (seri 1 – 4) HANYA bersifat pengantar tentang hal-hal PRAKTIS dalam Manajemen Six Sigma agar mudah dipahami oleh masyarakat umum.
Tulisan atau paperilmiah (kajian teoritik dan praktek) tentang Quality Management and Six Sigma dapat ditemukan dalam buku berikut (ada 14 paperstentang Quality Management & Six Sigma beserta aplikasi pada berbagai bidang):
Abdurrahman, Coskun., Editor., (2010). Quality Management and Six Sigma., Sciyo Publication.
Bahan-bahan tentang Six Sigma dan manajemen kualitas dapat juga didownload secara GRATIS dariwebsite berikut:
https://www.moresteam.com/lean-six-sigma-online-training/index.cfm
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H