Hello Good People, hari ini aku mau menuliskan kekecewaan ku terhadap salah satu jasa ekspedisi terkemuka yang ada di Indonesia yaitu J&T Express. Ekpedisi ini lagi gencar-gencarnya promo kerjasama free ongkir dengan salah satu start up yang besar di Indonesia. Setiap kali akses websitenya https://www.jet.co.id/, pasti kamu akan akan disuguhkan dengan promo besar-besaran tersebut.Â
Singkat cerita, akupun memesan dari salah satu seller dimarketplace itu dengan menggunakan pengiriman J&T Express, kemudian terbitlah nomor resi ku yaitu JS1959563592. Pengiriman dimulai dari tanggal 3 September 2018. Hari berlalu demi hari hingga tulisan ini diterbitkan yaitu pada tangga 8 September 2018, tidak ada perubahan status pada paket pengiriman ku.Â
Setiap kali aku melakukan pengecekan terhadap resi tersebut, status pengiriman terakhir paket saya adalah di Drop Point JIMBARAN BADUNG city yang beralamat Jalan Raya Uluwatu No.79 Kelurahan Kedonganan Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali. Aku mencoba menghubungi nomor telepon yang tertera 081524123073 hingga 17x telepon, tidak ada respon sama sekali.
Inisiatif ku muncul, akhirnya pada malam sekitar pukul 19.00 WITA,saya pun pergi menghampiri DROP POINT JIMBARAN tersebut, setibanya saya disana, saya kemudian menanyakan keberadaan paket saya. 2x saya bertanya, saya mendapatkan kejanggalan.Â
Pertanyaan pertama, "Mas paket ku resi ini (Sambil menunjukan resi saya dilayar ponsel) ada disini enggak?", admin kemudian menjawab "oh itu udah diantarkan 2x hari ini (sambil tersenyum sini melihat temannya)"
Saya berlalu, kemudian saya masuk kembali untuk meminta nomor telepon agent tersebut yang bisa dihubungi. Lalu saya menanyakan lagi "Mas paket ku dimana ya", Admin kemudian menjawab lagi "udah dibawa mba, tadi spinternya berangkat jam 5 td, barusan aja".Â
"sudah diantar 2x dan kurir berangkat jam 5 sore td", apakah terdapat sinkronisasi dari jawaban tersebut? Belum lagi admin outlet yang sangat tidak ramah.Â
Lelah pun menghampiri saya, semua akses yang bisa dicapai costumer seperti Costumer Service, Twitter, DM Instagram tidak ada respon sama sekali. Â Dan ini adalah jasa ekspedisi terlama proses pengirimannya yang pernah saya gunakan.Â
Tidak ada kejelasan dari pihak J&T Express dalam menanggani komplain saya, membuat saya semakin yakin kalo ekspedisi ini tidak patut lagi didunakan karena telah menyia-yiakan kepercayaan konsumen.Â
Terakhir saya lihat dipostingan twitter @jntexpressid, dia memposting 5 pertanyaan. Mari aku jawabÂ
APA YANG KAMU DARI J&T EXPRESS?Â
a. Pelayanan yang express. Express Gundul mu ! J&T menggunakan jasa penerbangan naga Indosiar, sehingga membutuhkan proses 40 purnama untuk mengantarkan pengiriman.Â
b. Sprinter dan Admin yang ramah? Enggak. Berkali kali aku bertemu dengan sprinter J&T Express tidak ada yang berattitude baik, bahkan yang terakhir mengantarkan paket saya bulan kemarin mengetuk pagar saya sambil marah-marah, apalagi admin yang aku temui di drop point :)Â
c. Ongkir yang ekonomis? Masa sih. Lapak sebelah lebih murah tapi pengirimannya lebih cepet loh.Â
d. Layanan 365 hari tanpa libur? Bukti konkritnya apa? Enggak cuma saya aja loh yang mengeluh paketnya tertahan di drop point terakhir dan tidak diantarkan. Itu libur ya?Â
e. Gratis Jemput ditempat. Iya memang gratis sih. Tapi ketika saya minta pick up jam 1 siang, kurirnya bisa datang jam 5 sore. Oh iya gratisa ya. Saya sebagai konsumen gak bisa komplain.Â
Setelah pengalaman saya dengan J&T Express yang begitu pahit, saya berkomitmen untuk tidak menggunakan jasa pengiriman ini bahkan dia sedang dalam promo apapun. Karena J&T sudah sangat merugikan saya secara pribadi, apalagi bisnis online yang saya miliki saya serahkan ke J&T, mungkin saya bisa bangkrut dengan cepat karena pengiriman yang tak tahu arah tujuannya.Â
Terima kasih J&T Express atas keburukannya pelayanannya. Sungguh anda sangat profesional untuk menjadi buruk :)Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H