Mohon tunggu...
Veti Lia Anggraini
Veti Lia Anggraini Mohon Tunggu... Guru - Sd negeri 225 Palembang

Nama saya Veti lia anggraini, akrab di sapa veti, saya adalah seorang guru di salah satu sd negeri di kota palembang. saya mempunyai beberapa hobi diantaranya menonton, kuliner, dan memasak.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) di Kelas II Sd Negeri 225 Palembang

4 Desember 2023   14:08 Diperbarui: 4 Desember 2023   14:23 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini , pembelajaran kurang variatif dengan hanya menggunakan metode ceramah dengan  media papan tulis. Guru hanya berfokus pada bagaimana sedapat mungkin mengajar target pelajaran pelajaran yang telah dirumuskan di dalam kurikulum. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran tidak menyenangkan, siswa tidak antusias, pasif dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 1 "Hidup Bersih dan sehat" menjadi rendah. Pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru juga belum sesuai harapan.

Melihat permasalahan di atas, maka guru harus mampu mengambil langkah perbaikan untuk meningkatkan kembali minat dan motivasi belajar peserta didik. Motivasi dan keakfitan peserta didik dalam belajar akan muncul bila kondisi belajar mengajar guru dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan menarik perhatian. Untuk itu dibutuhkan inovasi yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

B. PEMBAHASAN

1. Tujuan Dan Sasaran

Tujuan penulisan Best Practice ini adalah untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik penulis dalam menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan media pembelajaran menggunakan tayangan video berbasis Youtube dan melalui model CTL.

Sasaran pelaksanaan best practice pembelajaran ini adalah peserta didik kelas II.d SD Negeri 225 Palembang,  yang berjumlah 25 peserta didik.

2. Masalah Yang Dihadapi

Dalam proses pembelajaran tentunya ada berbagai tantangan yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung, karena pada saat dilapangan tentu saja ada beberapa hal yang tak tertuga terjadi, namun tidak lepas dari setiap Langkah pembejaran yang disusun, masalah-masalah tersebut misalnya:

  • Pada kegiatan kesimpulan peserta didik mulai tidak fokus dan gaduh, sehingga waktu banyak digunakan untuk menasehati dan mentertibkan peserta didik Kembali
  • Gambar yang ditampilkan buram karena tidak menggunakan layar proyektor
  • Penilaian pada saat pembelajaran berlangsung, masih ada peserta didik yang belum percaya diri dalam menyanyikan lagu membuang sampah.

3. Langkah Mengatasi Masalah

Solusi pemecahan masalah yang dilakukan untuk kedepannya adalah siapkan layar terlebih dahulu agar tidak terhalang oleh sarana dan prasarana, dan lebih ekstra dalam pemantauan proses pembelajaran, peserta didik yang masih belum percaya diri akan dibiaskan untuk tampil ke depan kelas setiap hari sehingga sudah terbiasa.

4. Hasil

Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut:

  • Kegiatan pembelajaran dengan materi Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 " Hidup Bersih dan Sehat" yang dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran CTL menggunakan media video berbasis Youtube Dan gambar berlangsung aktif dan lancar. Peserta didik menjadi lebih aktif merespon pertanyaan dari guru, termasuk mengajukan pertanyaan pada guru maupun temannya pada saat kegiatan diskusi kelompok.
  • Penggunaan media video pembelajaran berbasis youtube sangat membantu pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan. Siswa cenderung lebih focus memperhatikan materi yang disajikan dalam bentuk video sehingga materi dapat terserap dengan baik dan minat belajar peserta didik pun meningkat.
  • Berdasarkan pembelajaran yang telah dilaksanakan, dapat dirasakan perbedaan antara siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL  berbantu media gambar dan video berbasis Youtube dengan siswa yang menggunakan metode konvensional model ceramah. siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL berbantu media gambar dan video berbasis Youtube terlihat lebih antuasias selama pembelajaran, penggunaan media memberikan pengalaman baru kepada siswa sehingga rasa ingin tahu siswa sehingga hal ini tentu saja mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
  • Kegiatan yang telah dirancang dalam RPP dapat dilaksanakan sepenuhnya sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

            Berdasarkan proses dan aktivitas yang telah saya laksanakan, pembelajaran dengan metode baru lebih menantang dan seru untuk dilaksanakan, hal ini akan berefek baik kepada guru dan juga siswa didalam kelas. Bahkan ketidak metode pembelajaran yang ingin kita terapkan tidaklah sempurna, hal itu akan menjadi sempurna di dalam kelas sehingga tidak ada yang salah dari mencoba model pembelajaran inovatif dalam kelas selama tujuan yang ingin dicapai adalah untuk kebaikan bersama, sekolah, pendidik dan siswa.

 

C. KESIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  • Pembelajaran dengan pemanfaatan media berupa video berbasis Youtube  dan Gambar guna meningkatkan minat belajar peserta didik melalui model pembelajaran CTL Kelas II D Di SD Neger 225 Palembang terbilang efektif dan layak dijadikan praktik baik pembelajaran, karena mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik  dilihat dari tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran dibuktikan dengan capaian hasil belajar siswa yang meningkat.
  • Dalam melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari guru dituntut lebih  tertib dan terstruktur. Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran tematik dengan tema  Hidup bersih dan sehat dengan pemanfaatan media Video Pembelajaran Berbasis Youtube dan gambar melalui model pembelajaran CTL mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
  • Peserta didik lebih termotivasi dan fokus karena pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan . hal ini tidak lepas dari pemilihan model, metode dan media pembelajaran guru menjadi lebih variatif dan inovatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun