Pernah mendengar istilah ‘beda budaya, beda tata cara komunikasi’?
Inilah yang akan saya bahas sedikit dalam tulisan sederhana dibawah ini.
Kadangkala, kita melupakan bahwa di dunia ini terdiri dari banyak negara. Dan setiap negara tentu memiliki kebudayaan masing-masing yang menjadi ciri khas dari negara tersebut. Salah satu ciri khas dari tiap negara adalah bagaimana mereka berkomunikasi antar satu sama lain. Cara mereka berkomunikasi atau berinteraksi secara langsung dapat dengan mudah terlihat.
Namun, seringkali tidak semua orang dapat dengan mudah memahami konteks tersebut. Mereka cenderung kesulitan menerima adanya perbedaan dari sikap dan cara berkomunikasi. Akhirnya, dalam komunikasi tersebut justru akan muncul miss communicationakibat dari ketidaktahuan akan perbedaan makan dalam komunikasi antar budaya.
Contohnya, di Jerman, baik pria dan wanita sudah terbiasa melakukan jabat tangan dalam pergaulan sosial sedangkan di Amerika Serikat, wanita umumnya jarang melakukan jabat tangan. Selain itu, di Korea Selatan dan Jepang, umumnya orang yang memiliki posisi/jabatan lebih rendah akan menundukkan kepalanya ketika bertemu dengan orang yang memiliki posisi/jabatan lebih tinggi.
Hal di atas hanyalah segelintir dari contoh-contoh perbedaan kebudayaan yang ternyata begitu mempengaruhi dalam bersikap dan berkomunikasi. Baik itu secara verbal maupun non-verbal.
Maka, penting bagi kita untuk memahami bagaimana konteks komunikasi yang tepat untuk dilakukan dengan orang lain meskipun berbeda budaya.
Untuk kaitannya dengan bisnis secara lebih jelasnya akan dijabarkan di bawah ini.
1. Komunikasi antar budaya adalah sebuah proses dari mengirim dan menerima pesan yang terjadi antar masyarakat yang berbeda kebudayaan dimana ini dapat membuat mereka menginterpretasikan pesan secara verbal dan non-verbal. Karena budaya sangat mempengaruhi maka, untuk mengetahui sebuah pesan sukses tersampaikan, seseorang perlu untuk mengetahui perbedaan budaya yang paling mendasar dan bagaimana menanggapinya. Sehingga lebih terbuka kesempatan bagi karyawan dalam mendapatkan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dimana mereka bisa bebas berkontribusi di lingkungan kerja yang berbeda. Sebab, komunikasi yang dilakukan dengan orang yang berbeda budaya akan dilakukan melalui karir yang dimiliki.
2. Meskipun terdengar cukup sulit jika bekerja dalam lingkungan kerja yang berbeda terutama dalam hal kebudayaan tetapi, ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika melakukannya, yaitu:
a. Memiliki pandangan yang lebih luas termasuk ide-ide yang dimiliki.