Mohon tunggu...
VELAGIA SALIKA
VELAGIA SALIKA Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Saya adalah seorang guru yang mengajar di salah satu sekolah dasar di daerah senakin kecamatan sengah temila kabupaten landak provinsi kalimantan barat. Hobi saya menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices PPG Daljab 2022

23 Januari 2023   15:00 Diperbarui: 23 Januari 2023   14:59 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK. 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN 20 Singkut Durian

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif pada materi "Dampak Negatif Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alamnya serta Hak Dan Kewajiban Siswa" (Tema 6 Panas dan perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor Pembelajaran ke 4).

Penulis

VELAGIA SALIKA

Tanggal

10 Januari 2023 (PPL Aksi 2)

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang melatar belakangi masalah :

  • Motivasi belajar siswa rendah
  • Keaktifan Peserta didik kurang
  • Kemampuan peserta didik dalam menganalisis masih rendah
  • Hasil belajar siswa rendah
  • Guru belum maksimal dalam mengeksplor dan menggunakan pembelajaran yang variatif dan inovatif.

Praktik ini penting untuk dibagikan

Karena menurut saya permasalahan yang saya hadapi bukan hanya terjadi di tempat saya mengajar, tetapi ada beberapa guru yang mengalami permasalahan yang sama. Harapan saya selain ini menjadi motivasi dan solusi untuk saya, juga saya ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga bagi rekan-rekan guru lain nya. Sehingga yang saya harapkan bisa memberikan dampak positif atau perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan ke depannya.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

Sebagai seorang guru bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran yang berkembang dan efektif, tentunya dengan cara mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif. Keaktifan siswa menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah pembelajaran. Sehingga tujuan yang ingin di capai yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif dapat tercapai sesuai dengan yang di harapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu :

  • Tantangan dari Guru
  • Tuntutan abad 21, yang menuntut guru menguasai cara menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah di pahami oleh siswa serta menggunakan metode dan model pembelajaran yang inovatif dan tepat bagi siswa sesuai dengan materi yang di ajarkan.
  • Karena kurang nya penguasaan guru terhadap IT dan pengalaman dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan canva, guru merasa kesulitan, guru belum paham memasukan animasi, video, untuk menguatkan penjelasan pada media ajar yang di buat. dan perlu banyak belajar lagi.

  • Tantangan dari Siswa
  • Di dalam proses kegiatan pembelajaran masih ada siswa yang kurang aktif dan belum percaya diri dalam melakukan tanya jawab baik dalam proses pembelajaran maupun dalam diskusi kelompok dan presentasi kelompok.

Siapa saja yang terlibat ? 

  • Guru (saya sendiri),
  • Kepala Sekolah,
  • Rekan sejawat
  • siswa.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu :

  • Banyak belajar dan berlatih, mencari referensi, browsing di internet/youtobe bagaimana cara menggunakan aplikasi canva.
  • Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif
  • Memberikan semangat kepada siswa supaya aktif dan percaya diri dengan cara memberi kesempatan mengemukakan pendapat dalam memecahkan masalah dan menyakinkan jika mereka bisa melakukannya.

Dalam menghadapi tantangan tersebut saya melalui beberapa proses yaitu :

  • Mencari referensi di internet atau di youtobe bagaimana cara menggunakan aplikasi canva. Kemudian saya mulai mencoba. Dengan panduan di youtobe saya belajar satu persatu tentang canva, saya belajar membuat Bahan ajar, media pembelajaran, dan LKPD. Walaupun hasil nya tidak sebaik dan sebagus yang lainnya, tetapi saya merasa puas dengan hasil saya sendiri.

  • Dalam proses kegiatan pembelajaran saya selalu menstimulasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang memicu semangat siswa untuk belajar agar siswa aktif dan percaya diri.

Pihak yang terlibat dalam kegiatan praktik ini, agar tujuan tercapai antara lain :

  • Guru (saya sendiri), sebagai fasilitator
  • Dosen pembimbing dan Guru pamong sebagai pembimbing dalam kegiatan
  • Rekan 1 kelompok yaitu kelompok A di PPG dalam jabatan Kategori 1 gel.2 Universitas Tanjung Pura Pontianak, yang selalu mendukung, memotivasi dan membantu dalam kesulitan.
  • Kepala Sekolah, yang memberi izin untuk melaksanakan kegiatan praktik ini.
  • Rekan guru, yang selalu mendukung dan membantu dalam persiapan pelaksanaan praktik pembelajaran.
  • Siswa sebagai subjek

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini yaitu :

Berupa alat dan bahan seperti Labtop, LCD Proyektor, alat peraga berupa gambar, bahan ajar, LKPD, bahan evaluasi dan lain sebagai nya.


Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

  • Bisa membuat bahan ajar yang lebih kreatif dan inovatif yang tadi nya hanya berupa gambar, dikembangkan menjadi media pembelajaran dengan animasi-animasi dan video, yang memacu keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK yang ditampilkan dalam slide powerpoint memudahkan peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi, Siswa lebih aktif dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Hasil nya Efektif atau Tidak Efektif ?

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan media pembelajaran yang inovatif hasil nya sangat efektif. Hal ini terlihat dari siswa yang sangat antusias dan aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan adanya perubahan itu sehingga hasil yang di dapat sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Respon orang lain terutama orang -- orang yang terlibat dalam kegiatan praktik ini terkait dengan strategi yang di lakukan :

Responnya sangat positif, yaitu :

  • Peserta didik merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena mereka dapat terlibat secara aktif dan kegiatannya menarik, menyenangkan serta mudah di pahami. Hal tersebut di buktikan dengan kegiatan refleksi saat kegiatan belajar berlangsung.

  • Pihak sekolah mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah di laksanakan

  • Tanggapan rekan-rekan sejawat dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan yaitu sudah baik meskipun masih ada yang perlu di perbaiki.

Hal yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan strategi yang di lakukan yaitu: 

  • Dalam perencanaan dan persiapan pembelajaran. Kalau perencanaan dan persiapannya matang, tentunya pelaksanaan pembelajaran akan berlangsung dengan baik dan berhasil.
  • Penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran.
  • Dukungan dari pihak sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu dalam mempersiapkan sarana dan prasarana dalam kegiatan ini.
  • Peserta didik yang berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Hal Pembelajaran dari keseluruhan proses praktik ini :

Bagi saya adalah merupakan pengalaman yang membuat saya tertantang dan di tuntut untuk menjadi guru profesional yang tidak hanya semata-mata mengajar, tetapi juga belajar untuk terbiasa menciptakan suatu inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun