Mohon tunggu...
Maria DwiAfi
Maria DwiAfi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Penerapan Teori Persuasi

5 Maret 2017   21:08 Diperbarui: 5 Maret 2017   21:33 1196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.pacificfeltfactory.com

Tujuan dari Penerapan Teori Persuasi untuk memberikan pedoman khusus untuk membantu menciptakan pengumuman efektif Iklan layanan masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat (ILM) dirancang untuk menginformasikan atau membujuk perilaku cer-tain di khalayak tertentu, umumnya untuk keuntungan komersial menggunakan media-pendekatan massa (diadaptasi dari Rogers & Storey, 1987, oleh Rice & Atkin, 1989). Keuntungan menggunakan ILM untuk mempromosikan perilaku prososial adalah karena sebagian untuk kemampuan mereka untuk secara efisien dan berulang kali menembus populasi sasaran yang besar, denganKemungkinan mengandalkan sumber yang sangat dihormati sebagai juru bicara. Meskipun ada banyak penelitian persuasi yang membahas perubahan sikap dan perubahan perilaku yang sesuai, ILM biasanya dirancang tanpa mengambil keuntungan dari informasi ini. Kampanye Proenvironmental menghadapi masalah khusus, karena pesan mencoba  dari kampanye digunakan untuk mengarahkan perilaku. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan pedoman khusus untuk membantu menciptakan ILM proenvironmental efektif.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Mendelsohn menemukan bahwa kampanye informasi publik memiliki probabilitas yang relatif tinggi sukses jika  pengembang kampanye berasumsi bahwa sebagian besar penonton cenderung hanya sedikit tertarik pesan, tujuan kisaran tengah yang set (misalnya, mengembangkan-ers merasa yakin bahwa paparan pesan sederhana akan menyebabkan penambahan yang diinginkan informasi atau perubahan perilaku), dan  target penonton diselidiki secara menyeluruh dalam hal demografi, gaya hidup, nilai-nilai, dan kebiasaan media massa . Mendelsohn dijelaskan tiga kampanye informasi yang sangat sukses karena setiap desain mereka tercermin kerjasama erat antara ilmuwan sosial dan spesialis komunikasi-kation.

Persuasi Teori dan Iklan Layanan Masyarakat

McGuire menggambarkan bagaimana teori mendasar tentang struktur dan motivasi seseorang mempengaruhi respon orang itu untuk pesan persuasif. Matriks McGuire memungkinkan produsen ILM proenvironmental untuk mempertimbangkan alternatif desain seperti apakah juru bicara harus laki-laki atau perempuan dan apakah akan menggunakan soundtrack atau hanya menunjukkan wajah sumber itu berbicara, sebagai fungsi dari bagaimana setiap pilihan dapat merespons pada matriks keluaran.

Sikap Kegigihan Diinduksi Pengolahan Sistematis

Petty dan Cacioppo (1981) mengembangkan model kemungkinan elaborasi persuasi dan berpendapat bahwa jalannya persuasi didasarkan pada seberapa banyak proses mental atau elaborasi target mengalami. Model elaborasi kemungkinan ini mencakup rute perifer untuk persuasi dan rute pusat persuasi, tergantung pada motivasi target dan kemampuan untuk memproses pesan. Perifer rute digunakan setiap kali motivasi target atau kemampuan untuk berpikir tentang masalah rendah. Dalam hal ini, pengaruh persuasif lebih tangensial dengan masalah di tangan. Penerima pesan cenderung berfokus pada karakteristik sumber atau imbalan potensi mematuhi pesan bukan pada isi pesan.

Persuasi Teori dan Iklan Layanan Masyarakat

Perifer rute berisiko untuk semua jenis kampanye komunikasi publik. Masalah pertama adalah bahwa sebagian besar perilaku proenvironmental dianjurkan oleh ILM kemungkinan akan pemikiran, dan rute perifer tergantung pada heuristik. Hal ini lebih sukses dalam mendapatkan orang untuk memilih merek A lebih merek B dari pada mendapatkan mereka untuk mengubah gaya hidup mereka.

Seperti iklan dan jenis-jenis ILM, ILM proenvironmental tidak disajikan pada titik waktu tertentu ketika target harus menanggapi mes-bijak; sebaliknya, mereka disajikan dengan gagasan bahwa target akan merespon kemudian dengan perubahan perilaku yang sesuai. Untuk menentukan pedoman yang akan meningkatkan efek ILM ini, penting untuk memahami bagaimana sistem memori manusia bekerja. Petty dan Cacioppo ini Model elaborasi-kemungkinan memprediksi bahwa pesan yang melibatkan pribadi meningkatkan pertimbangan bijaksana pesan dan memperkuat dihasilkan perubahan sikap.

Nisbett dan Ross mendefinisikan informasi sejelas mungkin untuk menarik dan mempertahankan perhatian kami dan untuk merangsang imajinasi sejauh memenuhi tiga kriteria itu meraih kita secara emosional, itu adalah spesifik dan memicu imajinasi kita, dan itu adalah immedi-makan dengan cara sensorik, temporal, atau spasial.

Persuasi Teori dan Iklan Layanan Masyarakat

Dari ILM proenvironmental diingatkan untuk menggunakan norma ganti dengan menunjukkan persetujuan sosial untuk perilaku yang diinginkan dan / atau penolakan sosial karena gagal untuk mengikuti perilaku ini yang diinginkan. Pengembang PSA juga disarankan untuk menghindari praktek umum menunjukkan banyak orang terlibat dalam perilaku yang sedang putus asa. Dalam sebulan kelompok eksperimen ini membedakan diri dari kelompok kontrol (yang tidak dijanjikan publisitas atau yang tidak dihubungi) dengan menyimpan secara signifikan lebih gas (rata-rata 433 kaki kubik gas alam masing-masing). 

Kelompok eksperimen kemudian diberitahu bahwa publikasi nama-nama tidak akan possi-ble dan bahwa percobaan telah menyimpulkan. Meskipun tidak pernah ada masyarakat-ity, kelompok eksperimen dipertahankan konservasi energi mereka sepanjang musim dingin berikut. Tampaknya bahwa prospek memiliki nama mereka pub-diterbitkan di surat kabar adalah dorongan di balik perubahan perilaku awal peserta, tetapi ketika publisitas tidak terjadi, perilaku baru menjabat fungsi komit-ting, dan konservasi energi terus.

Meskipun mungkin awalnya tampak bahwa ILM adalah mekanisme miskin untuk menghasilkan komitmen, ILM dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan komitmen penonton untuk masalah ini. Salah satu kemungkinan adalah untuk mendorong penonton untuk menghubungi organisasi sponsor untuk stiker, magnet kulkas, atau t-shirt yang menyatakan dukungan untuk kampanye.

Atkin dan Freimuth memberikan checklist yang sangat baik untuk mengevaluasi rencana promosi awal, dan dikombinasikan dengan McGuire input / output sumbu dua memberikan pedoman menyeluruh untuk pengembang komunikasi proenvironmental. Jika pengembang cam-panye tes pesan menggunakan daftar ini dan menemukan bahwa pesan tersebut efektif pada setiap tahap dari daftar periksa, maka tidak hanya akan rute pusat untuk per-bujukan dimasukkan, tetapi pesan jauh lebih mungkin untuk menjadi efektif , yang merupakan kualitas yang paling diinginkan dari proenvironmental (atau lainnya) PSA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun