Mohon tunggu...
Varisa Prisilia
Varisa Prisilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IPB University

Halo! Perkenalkan saya Varisa Prisilia yang lebih dikenal dengan sapaan Varisa. Salam kenal!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran Digital Efektif pada UMKM

22 Juli 2024   23:37 Diperbarui: 22 Juli 2024   23:37 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era yang serba digital ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dihadapkan pada peluang dan tantangan yang unik. Di satu sisi, internet membuka gerbang pasar yang luas dan memungkinkan mereka untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Di sisi lain, persaingan di dunia online semakin ketat, dan UMKM perlu beradaptasi dengan cepat untuk tetap relevan. Pemasaran digital menjadi kunci bagi UMKM untuk menavigasi lanskap digital yang kompleks ini. Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, UMKM dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau pelanggan baru, dan mendorong penjualan.

Artikel ini akan membahas ilmu pemanfaatan teknologi digital pada manajemen pemasaran UMKM. Ilmu-ilmu ini merupakan landasan fundamental bagi UMKM untuk membangun strategi pemasaran digital yang efektif dan berkelanjutan.

Peran Teknologi sebagai Upaya Pemasaran Efektif pada UMKM

Dalam memasarkan produk, UMKM harus memahami dasar-dasar manajemen pemasaran guna menarik banyak pelanggan. UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai bahan pemasaran yang efektif. Salah satu contoh bentuk pemasaran adalah personalisasi konten. Personalisasi konten adalah proses menciptakan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat individu pelanggan. Personalisasi konten dapat dipublikasikan dalam berbagai sosial media seperti Youtube, TikTok, Instagram, dan platform lainnya.

Dalam kegiatan pemasaran digital untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada pasar atau konsumen target, variabel operasional terdiri dari Awareness, Interest, Desire, dan Action (AIDA).

  • Awareness (Kesadaran) adalah proses membangun kesadaran konsumen melalui penempatan iklan di berbagai media online.
  • Interest (Ketertarikan) terjadi setelah kesadaran tercipta, di mana konsumen mulai mencari informasi lebih lanjut secara offline atau online. Secara online, konsumen mencari informasi produk melalui mesin pencari seperti Google, Youtube, Yahoo, dan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.
  • Desire (Keinginan) adalah proses menciptakan keyakinan pada konsumen sehingga mereka merasa tertarik untuk mencoba produk atau jasa tersebut. Secara online, konsumen mencari informasi lengkap mengenai produk atau jasa melalui situs web. Biasanya akun produk memiliki fitur ulasan yang mampu meyakinkan para pelanggan terhadap produk tersebut.
  • Action (Tindakan) adalah tahap akhir di mana konsumen membuat keputusan untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Peluang dan Tantangan Digitalisasi Pemasaran pada UMKM

Pemasaran digital memiliki tantangan dan peluang yang harus dihadapi oleh para Wirausaha UMKM. Digitalisasi pemasaran produk menimbulkan dampak positif yang dapat dijadikan peluang oleh para pejuang UMKM. Peluang-peluang tersebut yaitu kemudahan pelanggan untuk mengakses produk yang mereka inginkan secara efektif dalam waktu yang singkat. Selain itu, digitalisasi pemasaran dinilai adaptif karena mampu memasarkan produknya secara online saat  terjadinya lockdown akibat pandemi Covid-19. Sementara tantangan yang akan muncul antara lain tingginya persaingan, keadaptifan terhadap perkembangan teknologi, masalah keamanan dan privasi pelanggan, serta umpan balik negatif.

Proses Keberlanjutan dan Konsistensi Pemanfaatan Teknologi Pemasaran pada UMKM

Manajemen pemasaran digital adalah kunci bagi UMKM untuk menavigasi lanskap digital yang kompleks di era digital saat ini. Namun, menerapkan dan memelihara strategi pemasaran digital yang efektif secara berkelanjutan dapat menjadi tantangan bagi UMKM. Berikut adalah beberapa pedoman konsep untuk membantu UMKM memastikan keberlanjutan dan konsistensi dalam proses manajemen pemasaran digital:

  • Konsep Produksi

UMKM harus mampu membuat produknya dengan efisien, yakni menggunakan bahan yang murah namun tetap berkualitas dan mampu mengalkulasikan keuntungan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut berkaca dengan konsep ekonomi dasar dimana UMKM perlu memerhatikan supply dan demand produk.

Konsep ini mengatakan bahwa konsumen akan memilih produk yang memiliki kualitas kinerja terbaik dan fitur menarik. Mereka hanya akan membeli produk tersebut jika produk itu memenuhi kebutuhan mereka, tanpa mempertimbangkan harga. Dalam konteks ini, perusahaan harus terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk baru yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Konsep Penjualan

Konsep penjualan ini menekankan upaya untuk meningkatkan jumlah penjualan tanpa mempertimbangkan apakah produk tersebut benar-benar memuaskan konsumen atau tidak. Dalam strategi ini, UMKM berusaha keras untuk meyakinkan konsumen bahwa produknya adalah yang terbaik dan layak dibeli, seringkali melalui promosi besar-besaran.

  • Konsep Pemasaran

Pemasaran pada awal tahun 1950-an memusatkan perhatian pada identifikasi kebutuhan konsumen, koordinasi semua aktivitas organisasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk produksi, dan tercapainya keuntungan jangka panjang dengan memastikan kepuasan kebutuhan konsumen. Dengan demikian, UMKM perlu merealisasikan aspek-aspek tersebut untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran.

  • Konsep Pemasaran Sosial

Pemasaran sosial adalah pendekatan dalam pengambilan keputusan yang menekankan pada kebutuhan konsumen serta dampak sosialnya. Pendekatan ini mengharmonisasikan semua kegiatan organisasi untuk memenuhi kepentingan jangka panjang konsumen dan masyarakat umum secara spesifik. Ini berarti perusahaan harus menyeimbangkan tiga aspek utama saat merumuskan strategi mereka antara lain profitabilitas perusahaan, keinginan konsumen, dan kepentingan masyarakat.

Kesimpulan

Digitalisasi manajemen pemasaran merupakan strategi penting bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing di era digital. UMKM perlu memusatkan perhatiannya pada peluang dan tantangan yang terjadi pada pemasaran digital untuk mempertahankan konsistensinya dalam memasarkan dan mendistribusikan produk. Dengan pemahaman konsep-konsep utama, pemanfaatan teknologi yang tepat, dan penerapan strategi dengan konsisten, UMKM dapat meningkatkan peluang mereka untuk sukses.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun