Mohon tunggu...
Tovanno Valentino
Tovanno Valentino Mohon Tunggu... Konsultan - Hanya Seorang Pemimpi

Hanya Seorang Pemimpi

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

Di Balik Metaverse: Mulai dari Isu Sekarat, Perubahan Nama Perusahaan, dan Ambisi Zuckerberg

24 Desember 2021   08:11 Diperbarui: 25 Desember 2021   09:04 6154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Zuckerberg , Sumber: citeia.com

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai Metaverse yang sedang hangat-hangatnya diberitakan dan diperbincangkan di media mainstream khususnya, oleh berbagai kalangan, mulai dari pebisnis, pakar investasi, hingga tentu saja para pakar di bidang teknologi digitall. Cukup mengejutkan ketika Facebook berencana menganti namanya menjadi Meta. Ini tentu saling berhubungan dengan keberadaan metaverse yang semakin dilirik oleh banyak investor.

Yang menarik, seperti yang ditulis oleh Justin Bariso dari in.com. Bahwa pergantian nama tersebut dikarenakan Facebook sekarang sedang sekarat dan menuju "kematian" secara perlahan-lahan (Facebook was dying a slow death).

Apa yang disimpulkan oleh Bariso tak lain ketika CEO Apple, Tim Cook menyerang Mark Zuckerberg dan Facebook melalui statementnya pada pidato baru-baru ini di Brussel pada saat menghadiri Hari Privasi Data Internasional

Pidato Cook tampaknya merupakan tanggapan langsung terhadap serangan Facebook baru-baru ini terhadap Apple, di mana jaringan sosial terbesar di dunia mengeluarkan iklan satu halaman penuh di beberapa surat kabar yang menyerang perubahan privasi baru Apple.

Tapi yang paling menarik adalah bahwa Cook langsung membidik Facebook tanpa pernah menyebut nama perusahaan itu.

Simak saja kutipan pidato Pidato Cook berikut ini:

  • Teknologi tidak membutuhkan kumpulan data pribadi yang besar dan disatukan di lusinan situs web dan aplikasi agar berhasil. Periklanan ada dan berkembang selama beberapa dekade tanpa itu, dan kami di sini, pada hari ini karena jalan yang paling sedikit tantangannya adalah jalan yang jarang menujukan suatu kebijaksanaan
  • Jika sebuah bisnis dibangun di atas pengguna yang menyesatkan pada eksploitasi data, pada pilihan yang tidak  ada pilihan sama sekali, maka itu tidak  pantas kami puji. Itu pantas untuk direformasi
  • Kita tidak  boleh berpaling dari gambaran yang lebih besar. Di saat disinformasi dan teori konspirasi yang merajalela "dijus" oleh algoritma, kita tidak  bisa lagi menutup mata terhadap teori teknologi yang mengatakan semua keterlibatan adalah keterlibatan yang baik, semakin lama semakin baik, dan semua dengan tujuan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin
  • Terlalu banyak yang masih menanyakan pertanyaan 'Berapa banyak yang bisa kita dapatkan?' ketika mereka perlu bertanya tentang konsekuensinya?'
  • Apa konsekuensi dari memprioritaskan teori konspirasi dan hasutan kekerasan hanya karena tingginya adanya campurtangan?
  • Apa konsekuensi dari tidak  hanya menoleransi tetapi juga menghargai konten yang merusak kepercayaan publik terhadap vaksinasi yang menyelamatkan jiwa?
  • Apa konsekuensi melihat ribuan pengguna bergabung dengan kelompok ekstremis dan kemudian mengabadikan algoritme yang merekomendasikan lebih banyak lagi?
  • Sudah lama berlalu untuk berhenti berpura-pura bahwa pendekatan ini tidak  menghasilkan biaya. Sebuah polarisasi kepercayaan yang hilang, dan ya, kekerasan.
  • Dilema sosial tidak  bisa dibiarkan menjadi bencana sosial

Fakta bahwa memang Cook tidak menyebut nama Facebook dan entah bagaimana menunjukan dampaknya. Karena begitu mendengar pidato Cook, banyak orang pasti langsung teringat dengan rumah yang dibangun Zuckerberg.

Jika ada yang bertanya-tanya bagaimana Apple dan Facebook berakhir berselisih, Anda dapat membaca lebih banyak detailnya di sini. Tetapi kenyataannya adalah dua raksasa teknologi ini telah menuju konflik besar selama beberapa waktu.

Masalahnya adalah filosofi bisnis Apple dan Facebook sangat bertentangan satu sama lain.

Apple adalah merek gaya hidup. Dan bagian dari gaya hidup yang dijual Apple adalah pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas privasi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun