Ceritanya ada anak sodara di kampung minta hadiah ulang tahun akhir bulan ini. Anaknya baru kelas 3 SD. Katanya dia mau coklat. Saya mau hadiah ini spesial. Tapi spesial bukan berarti harus ngeluarin banyak. Yang saya maksud spesial ini adalah saya mau beli sendiri begitu. Pilih2 sendiri. Berhubung kalau dikirim coklat dari Amerika pasti berat di ongkos, saya lalu ngubek2 tukang jual coklat online. Saya mau coklat yang udah dikenal di kampung sebangsa Silverqueen begitu.
Saya kepikiran buka toko2 online yang saya pikir mereka lumayan punya nama seperti alfamart, indomaret, dan hypermart online begitu. Saya pikir situs belanja online mereka pasti nyaman, senyaman situs2 belanja online disini. Kan itu toko2 gede ya.
Tetapi ternyata saya salah. Pas buka alfaonline.com, coklatnya ada tapi pas mau bayar saya tidak punya jenis pembayaran yang mereka tentukan seperti tertera di gambar berikut ini:
[caption id="attachment_342288" align="aligncenter" width="607" caption="jenis pembayaran di alfaonline.com (gambar: alfaonline.com)"][/caption]
Di Amerika sini saya biasa belanja online pakai Visa atau Mastercard atau Paypal atau gift card kalau lagi punya. Tidak perlu nyambung dan masuk dulu ke akun bank pribadi kita. Gak pernah juga ada situs belanja ntar bayarnya di tempat.
Lalu saya mencoba indomaretonline.com. Saya ketik silverqueen. Hasilnya gak ada. Yang menarik saya scroll down kebawah dimana saya nemuin cara pembayaran yang lebih aneh lagi yaitu transfer ke rekening yang nomor rekeningnya harus nanya dulu sama Customer Service. Ribet banget. Belum pernah juga saya nemu jenis pembayaran belanja di Amerika begini.
Kemudian saya mencoba shop.hypermart.co.id. Dan hasil pencarian coklat di kolom search cuma satu, itu pun bukan coklat silverqueen yang saya maksud.
[caption id="attachment_342290" align="aligncenter" width="581" caption="gambar: shop.hypermart.com"]
Saya nyari lagi situs lain dan nemu sukamart.com. Ini lebih parah. Saya ketikan silverqueen dan gak keluar apapun hasilnya. Artinya gak jual Silverqueen ini.
Saya yakin Indonesia dalam beberapa tahun mendatang bakal menjadi salah satu pangsa pasar online terbesar dan harusnya sudah dipersiapkan dari sekarang kenyamanan belanja online ini. Kalau situs2 belanja online sebesar nama2 diatas saja jauh sekali tingkat kenyamanannya, jangan harap akan mekar besar seperti amazon.com di masa mendatang.
Hal2 yang masih harus dibenahi situs belanja online Indonesia menurut saya adalah;
1. Jenis pembayaran harus global dan kira2 gak nyusahin. Nanya harga atau no. rekening ke Customer Service ini agak terbelakang dan makan waktu jadi harus dihapuskan.
2. Retur barang harus dalam jangka waktu yang realistis. Masa retur barang cuma dikasih waktu 3 hari bahkan ada yang cuma dua jam harus secepatnya diberitahukan ke CS kalau barangnya tidak cacat. Absurd sekali. Ngirimin balik barangnya aja di jalan makan waktu apalagi kurir dan servis di kita belum seakurat di negara2 maju.
3. Jangkauan pengiriman harus bisa ke seluruh Indonesia. Masa jarak kirim maksimal cuma 5 km atau cuma yang deket2 aja.
4. Situs onlinenya harus terus diperbaiki. Harus lebih sensitif untuk kasus pencarian barang di website. Karena pernah saya putus kata Silverqueen menjadi Silver queen di salah satu situs di atas dan barang yang keluar beda, sementara di amazon saya coba putus kata pencarian untuk Toblerone menjadi Toble Rone dan barang yang keluar pada kedua pencarian hampir sama. Jadi kalau nyari Toblerone dan kita ngetiknya salah, maka barang yang kita maksud tetap keluar umumnya. Pernah juga saya mau ketawa karena saya ngetik A di kolom search salah satu situs online, hasil pencariannya malah gak ada hubungan sama sekali.
3. Saya pikir tempat belanja online disini amazon.com boleh dicontoh metode penjualan, layanan paska jual, cara pembayaran dan prosedur pembeliannya yang nggak nyusahin. Koleksi barangnya juga banyak. Bisa dikirim ke seluruh pelosok Amerika bahkan banyak yang bisa keluar negeri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H