Mohon tunggu...
Umi HamidatulKhofiva
Umi HamidatulKhofiva Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Mahasiswa IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Materi Filsafat Ilmu Kelompok: 9

4 Desember 2019   15:00 Diperbarui: 4 Desember 2019   15:15 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

*FILSAFAT ILMU SEBAGAI LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN*

# Ruang lingkup bidang kajian filsafat ilmu mengalami perkembangan secara terus-menerus. Bidang kajian yang menjadi telaah filsafat ilmu pun berkembang dalam menentukan lingkup kajian filsafat ilmu. Dalam ilmu pendidikan, filsafat ilmu menempati tempat yang strategis dengan ilmu pengetahuan yang lain dengan mengajukan permasalahan dalam bentuk pertanyaan.

# Pada dasarnya filsafat ilmu merupakan telaahan berkaitan dengan objek apa yang ditelaah oleh ilmu (Ontologi), bagaimana proses pemerolehan ilmu (epistemologi), dan bagaimana manfaat ilmu (Axiologi), oleh karena itu lingkup induk telaahan filsafat ilmu adalah, Ontologi, Epistemologi, Axiologi.

# Terkait dengan peranan filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan ilmu pendidikan maka tidakk lepas dari induk telaahanya yaitu Ontologi, Ontologi berkaitantentang apa obyek yang di telaah ilmu pendidikan, dalam kajian ini mencakup masalah realitas pendidikan dan kenampakannya. Realitas adalah apa yang nyata atau ada eksistensinnya, sedangkan kenampakan adalah yang nampaknya saja nyata.

# Juga bagaimana hubungan dua hal tersebut dengan subyek atau manusia. Epistemologi dipandang identik dengan teori pengetahuan. Pada saat sekarang teori pengetahuan tidak mungkin di abaikan. Epistemologi ilmu pendidikan berkaitan dengan bagaimana proses diperolehnya ilmu pendidikan, bagaimana prosedurnya untuk memperolehpengetahuan ilmiah yang benar. Axiologi berkaitan dengan apa manfaat ilmu pendidikan, bagaimana hubungan etika dengan ilmu, serta bagaimana mengaplikasikan ilmu pendidikan dalam kehidupan.

# Adapun masalah-masalah tersebut adalah:

1) Masalah-masalah metafisis

2) Masalah-masalah epistemologi

3) Masalah-masalah metodologi

4) Masalah-masalah logis

5) Masalah-masalah etis

6) Masalah-masalah tentang estetika

# Dalam upaya kita meningkatkan pendidikan keilmuan dirasakan perlunya mengembangkan paradigma baru dalam berbagai hal dengan mengembangkan paradigma epistemologi pemecahan masalah disamping penemuan pengetahuan ilmiah. Demikian juga perlu di pikirkan pengembangan paradigma lain yang berkaitan dengan peningkatan kegiatan pedidikan dan keilmuan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun