Mohon tunggu...
Uliya Sari
Uliya Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Saya Uliya Sari Nur Magfiroh dari jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Disini saya menulis tentang pelayanan publik yang mana yang berkaitan dengan ilmu politik dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Kualitas Pelayanan Program E-Health di Puskesmas Ketabang Kelurahan Ketabang Kota Surabaya

13 Desember 2022   10:20 Diperbarui: 13 Desember 2022   10:37 470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Abstrak 

Dalam upaya meningkatkan sebuah inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan Dinas Kesehatan Kota Surabaya membuat suatu program yang memanfaatkan teknologi yaitu e-health. Program e-health merupakan aplikasi layanan kesehatan yang memberikan kemudahan bagi pasien baru maupun lama untuk melakukan registrasi online bagi warga Surabaya yang datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit pemerintah. Untuk mengetahui kualitas program e-health di Puskesmas ketabang kelurahan ketabang kota Surabaya. Maka, kualitas menjadi patokan untuk mengukur program layanan e-health ini dikatakan berhasil atau tidak.  Penelitian "Kualitas Layanan Program E-Health Di Puskesmas Ketabang Kelurahan Ketabang Kota Surabaya" menggunakan jenis studi kepustakaan dengan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil akhir dari analisa yang ditemui bahwa kualitas pelayanan kesehatan E-Health  di Puskesmas Ketabang Kelurahan Ketabang Kota Surabaya sudah baik bagi masyarakat karena tidak perlu mengantri lama dan dapat memperkirakan waktu datang. Namun, kekurangan dalam  implementasi e-health ini ialah terkait kalangan masyarakat yang masih ada kesulitan dan bingung cara mendaftar melalui e-health ini.

Kata kunci:

Kualitas; Pelayanan; E-Health

Pendahuluan

Pelayanan publik berdasarkan Harbani Pasolong 2007:128 merupakan setiap aktivitas yang dilaksanakan oleh pemerintah kepada sejumlah orang yang mempunyai setiap aktivitas yang bermanfaat bagi suatu kesatuan atau formasi, dan menunjukkan kepuasan walaupun hasilnya tidak terkait dalam suatu produk secara fisik (Putra, 2020).

Pelaksanaan pelayanan publik menjadi tanggung jawab setiap instansi pemerintah dalam melayani setiap masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dan mensejahterakan. Pelayanan publik diatur pada Undang-undang nomer 25 tahun 2009 yang mengatur prinsip-prinsip pemerintahan yang baik serta dalam fungsi-fungsinya bisa efektif. Salah satu bentuk pelayanan publik adalah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan yang biasanya disebut pelayanan kesehatan.

Dalam era digital perkembangan teknologi semakin meningkat hal ini bisa membuat inovasi dalam pelayanan publik di bidang kesehatan. Dengan adanya teknologi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan mutu dalam pelayanan kesehatan. Salah satu caranya dengan menerapkan e-government. Penerapan e-government dalam pelayanan dapat mempermudah proses pelayanan sehingga bisa efektif. Salah satu daerah yang menerapkan sistem e-government dalam bidang kesehatan yaitu E-health pada pemerintah di kota Surabaya.

Kajian literatur terdahulu dari jurnal yang berjudul "IMPLEMENTASI LAYANAN E-HEALTH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KETABANG SURABAYA" penulis Mega Eliza yang membahas tentang pelaksanaan sistem layanan e-health untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas Ketabang Kota Surabaya. Serta kajian literatur terdahulu dari jurnal yang berjudul "KUALITAS PELAYANAN PUBLIK" penulis Selvi Rianti, Zaili Rusli, dan Febri Yuliani yang membahas tentang kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pelalawan.

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mencari tahu tentang informasi kualitas layanan program e-health di puskesmas ketabang Kelurahan Ketabang Kota Surabaya. Dengan adanya program e-health dalam pelayanan publik administrasi pemerintahan di bidang kesehatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini bisa mempermudah suatu pelayanan publik dimanapun dan kapanpun karena dapat diakses secara online. Jadi, dengan adanya inovasi dalam pelayanan publik bisa sebagai solusi untuk mengefektifkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Landasan Teori

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun