Kondisi pandemi global yang tengah terjadi saat ini membuat banyak kantor memutuskan untuk mengizinkan stafnya bekerja dari rumah. Bagi yang terbiasa bekerja di kantor, tentu ini menjadi pengalaman baru yang memerlukan penyesuaian.
Bayangan bekerja dari rumah sepertinya menyenangkan dimana kamu bisa bekerja lebih santai tanpa pengawasan atasan dan bisa berpakaian yang lebih nyaman. Namun, kenyataannya masih banyak yang gagal produktif karena kesalahan manajemen waktu dan aktivitas di rumah. Nah, inilah tips yang dirangkum dari berbagai sumber untuk kamu yang harus bekerja di rumah beberapa waktu ke depan.
1. Siapkan Ruang Kerja Khusus
Siapkan tempat untuk bekerja yang bebas dari gangguan orang lain di rumah. Dapatkan tempat yang terpisah, tidak harus ruangan sendiri cukup sebuah meja dan kursi di sudut yang cocok untuk bekerja. Tentunya tidak mungkin kamu terus-terusan bekerja di atas kasur atau sofa, pastinya akan mengurangi produktivitas dan kenyamanan bekerja.
2. Tentukan Jam Kerja
Bekerja di rumah, bukan berarti kamu bekerja seenaknya. Sebaiknya tetap bekerja sesuai jam kantor seperti biasa. Bekerjalah sesuai jadwal dan akhiri setelah jam kerja usai. Dengan cara ini, kamu bisa membatasi kehidupan kerja dan di rumah meski tidak bekerja di kantor. Jangan lupa berkoordinasi dengan rekan-rekan di kantor untuk menghindari miskomunikasi dalam mengerjakan tugas.
3. Istirahat yang Cukup
Walaupun kamu bekerja di rumah, jangan abaikan waktu istirahat dan bersantai. Gunakan waktu yang ada untuk makan teratur, ibadah pada waktunya, dan istirahat agar energi kembali terisi. Istirahat dapat membuat kamu kembali fokus bekerja dan tidak jenuh. Namun, jangan terlalu lama karena pekerjaanmu akan terhambat jika terlalu banyak mengulur waktu.
4. Siapkan Daftar Tugas Harian
Agar tidak bingung akan mengerjakan apa keesokan harinya, kamu bisa membuat daftar tugas yang harus diselesaikan sehari sebelumnya. Hal ini berguna agar kamu mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan dan kapan harus menyelesaikannya. Kamu juga menjadi lebih bersemangat karena tahun apa yang harus dikerjakan. Manfaatkan teknologi untuk mengatur pekerjaanmu dengan platform kantor virtual, note, dan alarm agar pengaturan waktu lebih mudah.
5. Keluar Rumah
Disarankan bekerja di rumah, bukan berarti kamu tidak boleh keluar sama sekali. Berada di depan laptop seharian tentunya menjenuhkan. Kamu bisa keluar sekadar berbelanja di warung, bersepeda, atau membersihkan halaman rumah usai jam kerja. Usahakan untuk bergerak selama beberapa waktu agar aliran darah lancar.
6. Tetap Profesional
Bekerja di rumah memang tidak harus memakai pakaian kantor, tetapi pakailah pakaian yang sopan dan rapi. Tujuannya agar kamu tidak gelagapan ketika ada klien yang ingin bertemu. Selain itu, suasana hatimu juga lebih siap bekerja dibandingkan memakai piyama atau kaus yang biasa dipakai bersantai di rumah.
7. Buatlah Prioritas
Membuat daftar prioritas penting untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental. Buatlah batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Gunakan tempat dan jam kerja hanya untuk urusan pekerjaan lalu menggunakan waktu selebihnya untuk urusan rumah. Menghabiskan waktu seluruhnya untuk pekerjaan bukan hal yang baik. Sebaliknya, menelantarkan pekerjaan karena urusan pribadi juga tidak baik.
8. Dapatkan Dukungan Orang Rumah
Bekerja di rumah juga memerlukan dukungan keluarga ataupun teman-teman yang tinggal satu atap. Berikan pengertian bahwa kamu bekerja pada jam-jam tertentu sehingga harus fokus dan tak boleh diganggu. Kamu juga dapat membuat tulisan di depan pintu untuk memberi tahu kapan mereka dapat mengajak ngobrol, bersantai, atau meminta tolong.
Delapan tips di atas tidak hanya untuk kamu yang bekerja di rumah sementara waktu. Bagi yang sehari-hari berprofesi sebagai pekerja lepas, tips di atas juga dapat meningkatkan produktivitas. Tetap profesional dan jaga kesehatan ya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H