Kondisi pandemi global yang tengah terjadi saat ini membuat banyak kantor memutuskan untuk mengizinkan stafnya bekerja dari rumah. Bagi yang terbiasa bekerja di kantor, tentu ini menjadi pengalaman baru yang memerlukan penyesuaian.
Bayangan bekerja dari rumah sepertinya menyenangkan dimana kamu bisa bekerja lebih santai tanpa pengawasan atasan dan bisa berpakaian yang lebih nyaman. Namun, kenyataannya masih banyak yang gagal produktif karena kesalahan manajemen waktu dan aktivitas di rumah. Nah, inilah tips yang dirangkum dari berbagai sumber untuk kamu yang harus bekerja di rumah beberapa waktu ke depan.
1. Siapkan Ruang Kerja Khusus
Siapkan tempat untuk bekerja yang bebas dari gangguan orang lain di rumah. Dapatkan tempat yang terpisah, tidak harus ruangan sendiri cukup sebuah meja dan kursi di sudut yang cocok untuk bekerja. Tentunya tidak mungkin kamu terus-terusan bekerja di atas kasur atau sofa, pastinya akan mengurangi produktivitas dan kenyamanan bekerja.
2. Tentukan Jam Kerja
Bekerja di rumah, bukan berarti kamu bekerja seenaknya. Sebaiknya tetap bekerja sesuai jam kantor seperti biasa. Bekerjalah sesuai jadwal dan akhiri setelah jam kerja usai. Dengan cara ini, kamu bisa membatasi kehidupan kerja dan di rumah meski tidak bekerja di kantor. Jangan lupa berkoordinasi dengan rekan-rekan di kantor untuk menghindari miskomunikasi dalam mengerjakan tugas.
3. Istirahat yang Cukup
Walaupun kamu bekerja di rumah, jangan abaikan waktu istirahat dan bersantai. Gunakan waktu yang ada untuk makan teratur, ibadah pada waktunya, dan istirahat agar energi kembali terisi. Istirahat dapat membuat kamu kembali fokus bekerja dan tidak jenuh. Namun, jangan terlalu lama karena pekerjaanmu akan terhambat jika terlalu banyak mengulur waktu.
4. Siapkan Daftar Tugas Harian
Agar tidak bingung akan mengerjakan apa keesokan harinya, kamu bisa membuat daftar tugas yang harus diselesaikan sehari sebelumnya. Hal ini berguna agar kamu mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan dan kapan harus menyelesaikannya. Kamu juga menjadi lebih bersemangat karena tahun apa yang harus dikerjakan. Manfaatkan teknologi untuk mengatur pekerjaanmu dengan platform kantor virtual, note, dan alarm agar pengaturan waktu lebih mudah.
5. Keluar Rumah