Dampak Negatif Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Tsaniya Zulfatul Khoidaroh
FTIK, IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi No. 46, Kudusan, Plosokandang, Kec. Kedungwaru, Tulungagung, Jawa Timur. 66221 www.iain-tulungagung.ac.id
tsaniyazulfatul.k1511@gmail.com
Abstrak
Artikel ini membahas adanya dampak negatif game online terhadap prestasi belajar siswa. Pada dasarnya game online merupakan permainan yang berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dan digemari oleh para pelajar pada saat ini. Dimana game online mempunyai daya tarik tersendiri yang mengakibatkan para pelajar sekarang lebih banyak bermain game online di smartphone maupun memilih menghabiskan waktu mereka di depan komputer dari pada belajar dan membaca buku. Sehingga berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan dari pembahasan ini adalah mengidentifikasi dampak negatif game online serta bagaimana cara mengatasi kecanduan dari game online. Penelitian ini menggunakan studi pustaka yang diketahui bahwa game online sangat berdampak buruk terhadap prestasi belajar siswa yaitu menurunnya prestasi belajar siswa, dan beberapa cara untuk mengatasi kecanduan game online yaitu pemberian motivasi terhadap siswa, didikan orang tua yang sangat dibutuhkan oleh siswa serta dorongan untuk belajar.
Kata Kunci : Game online, prestasi belajar, pelajar, dampak negatif.
Pendahuluan
Pada era globalisasi sekarang perkembangan teknologi sangat pesat dan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan manusia. Serta, individu dituntut untuk terus berkembang dan memiliki kualitas agar mampu bersaing dengan individu yang lain. Hal tersebut membuat manusia semakin maju sehingga banyak individu berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya agar tidak kalah dengan yang lain.
Berbagai macam kemajuan teknologi sangat mudah didapatkan. Dan seiring berkembangnya teknologi pada sekarang ini banyak sekali bermunculan game online.
Game Online adalah jenis permainan yang memanfaatkan jaringan internet. Game online membawa pengaruh yang cukup besar terhadap para pelajar pada masa sekarang, karena semakin lama permaian game tersebut semakin menyenangkan. Mulai dari jenis game tersebut, tampilan game tersebut, dan variasi dari game tersebut.
Permainan game online di dominasi oleh kalangan pelajar, mulai dari TK -- SMA, bahkan Mahasiswa pun masih banyak yang suka dengan game online. Dan para pelajar yang sering memainkan game online akan merasa ketagihan dan akan berdampak bagi prestasi akademiknya di sekolah.
Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, dan merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis diskriptif dengan kajian pustaka (library research). Dimana pada penelitian ini menjelaskan banyaknya dampak negatif dari kecanduan game online dan bagaimana cara mengatasi kecanduan game online tersebut.
Hasil dan Analisa
Kata Game Online pada era sekarang ini sering sekali kita dengar. Suatu bentuk permainan pada dasarnya disebut dengan Game. Game atau permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dimainkan dengan tujuan untuk mengusir kepenatan atau sekedar melakukan refreshing otak setelah melaksanakan aktivitas sehari-hari.
Akan tetapi pada kenyataannya, game tersebut justru membuat seserang menjadi kecanduan. Intensitas game yang sangat tinggi akan membuat seseorang mengalami kecanduan yang dapat memberikan berbagai dampak baik itu positif maupun negatif terhadap perilaku individu. Beberapa dampak akibat tingginya intensitas bermain game online diantaranya yaitu pelajar menjadi tidak memiliki skala prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari, mendorong pelajar untuk bertindak asosial, serta menyebabkan pelajar menjadi malas belajar.Â