Mohon tunggu...
Tri Wibowo Cahyadien
Tri Wibowo Cahyadien Mohon Tunggu... Guru - Guru bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Minat dalam bidang sosial, sejarah, politik, psikologi, pendidikan, pemerintahan dan politik.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bofman Part 15, Refleksi Apresiasi dalam Karya Seni

9 Oktober 2024   11:48 Diperbarui: 9 Oktober 2024   11:51 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lega. Mungkin inilah gambaran emosi yang dapat ditafsirkan dari raut wajah kalian. Setelah sekian banyak program yang diperjuangkan dengan segala likunya, mungkin Bofmanlah yang menjadi titik puncak dari lelah dan hiruk pikuknya aktivitas organisasi kalian. Program -- program yang sudah kalian susun sebelum bofman dapat menjadi sebuah pijakan -- pijakan kecil untuk dapat melangkah lebih besar saat bofman.

Bagaimana perasaan kalian saat ini? Legakah? Atau justru tarikan nafas kalian makin dalam? karena kalian segera tersadar untuk mempersiapkan diri, menatap jenjang kalian ke depan. Dalam kondisi saat ini, berbangga hati, tidaklah salah. Berbahagia pun tidak dipersoalkan. Bahkan menyombong atas hasil kerja keras kalian juga bukanlah hal yang harus dipertentangkan.

Kebanggaan itu  ada dalam diri kalian masing -- masing. Pengambilan keputusan, melakukan sebuah inisiasi bahkan memasang badan untuk menutup apa yang menjadi kekurangan tim merupakan hal yang tidak dapat diperoleh secara kodrati. Tapi semua itu memang terasah dengan pengalaman. Pengalaman itu ada dalam organisasi. Bofman yang besar dan patut diapresiasi karena hasil kerja organisasi.

sumber gambar : infopensi
sumber gambar : infopensi

Saya masih penasaran, seberapa sering kalian saling berangkulan atau bahkan berpelukan untuk sekedar saling menguatkan. Tapi tentunya, saya tidak perlu diceritakan secara gamblang, toh nyatanya kerekatan dan kebersamaan itu sudah direpresentasikan dari performa kalian di lapangan.

Kami, guru pendamping kalian selalu memiliki pandangan bahwa setiap angkatan menciptakan standar untuk adik -- adik kelasnya dalam urusan bofman. Tapi kami pun paham, standar itu bukan sekedar Guest Star yang mengisi line up rundown acara. Tapi lebih jauh dari itu. Guest Star bisa dihadirkan kapanpun jika ada uang, tapi itu bukan tolak ukur kami sebagai guru pendamping.

Kita tidak akan pernah bertutur panjang, bercerita tentang bagaimana performa dari Guest Star. Tapi kami akan selalu bercerita bagaimana perjuangan kalian mewujudkan itu semua.

sumber gambar : infopensi
sumber gambar : infopensi

Percayalah, setiap angkatan mengukirkan ceritanya. Bagaimana rasanya guys? menatap cerita kalian yang akan berakhir bersama dan tidak punya pilihan untuk menetap. Zaman terus menuntut kalian untuk berkembang, dengan bekal yang kalian pegang.

Mungkin saya pernah cerita di antara kalian, tentang bagaimana saya tersadarkan dalam menilai peserta didik saya. Terutama anak -- anak yang dikesampingkan karena prestasinya bukan prestasi kebanyakan. Izinkan saya bercerita, mereka adalah anak -- anak yang luar biasa. Mereka adalah tipikal kinestetis. Dalam 5 hari belajar, kondisi bajunya tidak pernah rapih, cenderung kotor dan berantakan. Boro -- boro untuk fokus belajar, hadir di kelas pun sering terlewatkan.

Balik ke kelas dalam keadaan peluh berkeringat. Saya pernah berujar dalam diri saya, saya membenci mereka. Hingga di satu titik, saya melihat bagaimana performa mereka saat mengikuti perlombaan olahraga, sungguh luar biasa. Batin kecil saya lalu berbicara : "apakah saya bisa? apakah yang dilakukan mereka salah? Sampai kapan menilai hidup dengan aktivitas akademik di dalam ruangan? Bukankah Tuhan juga menciptakan mereka dengan kelebihan -- kelebihan?"

Lambat laun, pandangan saya berubah tentang mereka. Saya berbisik: "mereka patut diapresiasi". Akhirnya,  saya pun membuka diri. Lebih mentolerir aktivitas mereka serta memperbanyak apresiasi terhadap mereka. Ya tentunya juga dengan memberikan pemahaman terhadap mereka, bahwa mereka juga perlu mengembangkan hidup yang berimbang.

sumber gambar : infopensi
sumber gambar : infopensi

Perasaan saya terus diusik: "emang lo bisa apa? Ngajar doang kan? Lo ga bisa kan kayak gitu?" Akhirnya saya berada dalam titik dimana saya berprinsip bahwa peserta didik memiliki kelebihan masing -- masing yang patut didukung, diiringi dengan apresiasi. Jujur, acapkali prestasi non akademik adalah prestasi anak tiri yang selalu dikesampingkan untuk memperoleh apresiasi. Kini, diruang itulah saya berdiri, untuk mengapresiasi prestasi peserta didik saya di bidang non akademik. Di sisi lain, saya pun juga tidak menutup mata dengan prestasi akademik , semuanya patut diapresasi dan diperjuangkan, namun kadang apresiasinya kurang proporsional.

Guys, ada perasaan senang dan menyenangkan ketika hadir di tengah -- tengah kalian. Terkadang menjadi kawan, terkadang menjadi lawan. Entah perasaan berasa awet muda atau apa. Yang jelas, saya yakin ini dunia saya. Dunia yang akan saya jalani sampai saya melihat kalian menjadi apa dan bagaimana. Sampai melihat kalian menjadi besar dari batu pijakan yang pernah kita tata bersama.

sumber gambar : infopensi
sumber gambar : infopensi

Terima kasih semuanya, saya selalu belajar banyak dari kalian. Kalian adalah angkatan terbaik dari angkatan terbaik lainnya. Karena angkatan terbaik selalu hadir memberikan warnanya, ceritanya dan kisahnya. Saya selalu bangga menjadi bagian dari itu semua dan akan saya ceritakan jika saya memiliki kesempatan dengan siapa pun orang yang siap mendengar.

BERSAMBUNG....

 Pondok Pinang

10.04 AM

8 Oktober 2024

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun