Secara resmi mahasiswa magang MBKM Program Studi Pendidikan Luar Biasa FKIP UNS 2024 diserahkan pada kepada pihak SLB B-C YPCM BOYOLALI pada tanggal 19 Februari 2024. Program magang ini di awali dengan observasi selama 10 hari. Observasi dilakukan guna mengenal dan mempelajari langsung fasilitas yang ada di sekolah, program pengembangan siswa, dan kegiatan belajar siswa di sekolah yang sesungguhnya. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa magang melakukan observasi, konsultasi dan diskusi dengan guru di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan agar dapat menemukan dan mengkritisi masalah tersebut sebagai bahan belajar. Mahasiswa berkolaborasi dengan guru untuk mempelajari berbagai aspek ilmu pendidikan anak berkebutuhan khusus (khususnya peserta didik dengan klasifikasi tunagrahita). Belajar bersama guru menggunakan fasilitas dan sumber daya yang ada di sekolah merupakan salah satu tujuan dari magang di SLB B-C YPCM BOYOLALI. Selama keberjalanan magang ini, mahasiswa melakukan pengamatan kegiatan pembelajaran di kelas, mengikuti program vokasional peserta didik, serta mengamati dan terlibat langsung dalam semua kegiatan yang ada di sekolah.
Kegiatan magang yang dilakukan di SLB B-C YPCM Boyolali ini mengusung judul "Aksi Belajar Nyata dan Pengembangan Program Khusus bagi Anak Tunagrahita". Â Program yang dijalankan antaranya
Pesantren Kilat
Pesantren kilat dilaksanakan  bulan Ramadhan tepatnya pada minggu ke 4 Ramadhan. Pesantren kilat ini diikuti oleh 20 siswa SLB B-C YPCM yang beragama islam. Adapun jenis kegiatannya meliputi materi mengenai puasa, latihan rebana, mengenal bahasa isyarat huruf hijaiyyah, dan belajar do'a untuk kegiatan sehari-hari. Â
Penataan Ulang Perpustakaan
Kegiatan penataan ulang perpustakaan ini dilakukan pada tanggal 6 Maret 2024. Kegiatan ini menjadi salah satu dari program KKN dikarenakan pada saat kegiatan survey ke tempat magang yaitu SLB B-C YPCM Boyolali, ruang perpustakaan memiliki penataan buku yang masih sangat berantakan. Penataan ulang perpustakaan dimulai dengan mengumpulkan buku-buku dengan kategori yang sama terlebih dahulu, kemudian membersihkan debu-debu yang berada di rak, dinding, beserta debu yang menempel di buku-buku.
Pekerjaan SosialÂ
Kegiatan pekerjaan sosial ini dilakukan pada tanggal 8 Maret 2024. Pada kegiatan ini, mahasiswa bersama guru dan seluruh siswa di SLB B-C YPCM Boyolali membuat kerajinan yaitu gantungan kunci ekspresi dari kain flanel. Ekspresi yang digunakan diantaranya yaitu ekspresi senyum, bahagia, tertawa, bingung, dan bergaya menggunakan kacamata.
Pembuatan Media Pembelajaran
Program pembuatan media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar meningkat, memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar, serta dapat mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima atau memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal. Adapun media yang dibuat adalah, ular tangga numerisasi dan literasi dan media ajar bina diri.
Asistensi Mengajar
Program asistensi mengajar ini dilaksanakan pertama kali pada tanggal 22 Februari 2024 sampai tanggal 26 April 2024. Kegiatan asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa pada saat pembelajaran dikelas. Adapun pelaksanaan program kerja ini adalah setiap hari Senin sampai Jumat, atau terkadang kami melaksanakan kegiatan asistensi mengajar saat ada guru yang sedang mempunyai kepentingan lain.
Sosialisasi Parenting
Kegiatan Sosialisasi Parenting ini dilakukan pada hari Jumat, 26 April 2024 di aula SLB B-C YPCM Boyolali. Sasaran dari kegiatan sosialisasi parenting  adalah 40  orang tua PDBK yang berada di SLB B-C YPCM Boyolali. Sosialisasi parenting dengan tema "Sosialisasi tentang Keterlibatan Orang tua dalam Pengawasan Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Rumah". Adapun dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi parenting ini, pembicara yang membawakan materi adalah Ibu Tias Martika, M.Pd selaku Dosen Pendidikan Luar Biasa UNS. Materi yang dibawakan adalah (1) Kenakalan remaja meliputi merokok, masuk-mabukan; (2) Penggunaan teknologi terutama gadget; (3) Manajemen waktu tidur pada anak; (4) Meningkatkan rasa semangat belajar pada anak.
Kegiatan Bina Diri
Kegiatan Bina Diri ini dilakukan pada tanggal 18 Maret 2024. Pada kegiatan ini, mahasiswa bersama Siswa SD Tunagrahita SLB B-C YPCM Boyolali melaksanakan praktek memakai seragam sekolah secara mandiri. Pada kegiatan ini, mahasiswa menyiapkan media pembelajaran berupa peraga berbentuk rompi yang terbuat dari kain flanel dan kardus yang telah dipasangi kancing baju, resleting, dan juga pengait rok
Pembelajaran Remedial
Kegiatan Pembelajaran Remedial ini dilaksanakan pada tanggal 3 April 2024. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa SMP Tunagrahita di SLB B-C YPCM Boyolali. Pembelajaran Remedial bertujuan untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran yang belum dikuasainya. Pembelajaran Remedial yang diterapkan oleh mahasiswa di SLB B-C YPCM Boyolali adalah Pembelajaran Remedial Berbasis Circle Time. Sebelum melakukan Pembelajaran Remedial, mahasiswa telah melakukan identifikasi dan asesmen untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa. Mahasiswa mendapat kesimpulan bahwa siswa SMP tunagrahita SLB B-C YPCM Boyolali mengalami kesulitan dalam memahami angka. Siswa hanya mampu menyebutkan urutan angka tanpa mengenali bentuk dari angka itu sendiri. Sehingga mahasiswa menyusun Pembelajaran Remedial Berbasis Circle Time untuk membantu siswa memahami materi angka yang belum dipahami menggunakan permainan ular tangga numerik.
Hidroponik
Kegiatan budidaya tanaman hidroponik ini sangat menarik dan sangat bermanfaat untuk diajarkan kepada peserta didik. Dalam pelaksanaannya, peserta didik yang diikut sertakan yaitu peserta didik yang memiliki klasifikasi "tunagrahita" mulai dari kelas SDLB, SMPLB, sampai SMALB. Adapun komoditas tanaman yang dipilih yaitu tanaman sayuran berupa kangkung dan pakcoy.
Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila (P5)
Pada kegiatan ini, sekolah mengadakan beberapa kegiatan P5 dimana mahasiswa juga turut serta dalam kegiatan tersebut. P5 yang telah kami laksanakan diantaranya adalah Permainan Lompat Lempar Bola. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024. Kegiatan P5 ini diikuti oleh seluruh siswa SLB B-C YPCM Boyolali. Kegiatan ini bertujuan juga untuk meningkatkan dan mengembangkan konsentrasi serta meningkatkan motorik kasar anak.
Membuat Buket Bunga Matahari dari Kawat Bulu
Pada kegiatan ini mahasiswa bersama satu siswa tunagrahita  membuat buket bunga matahari dari kawat bulu. Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk melatih motorik halus siswa tunagrahita dan melatih kreativitas siswa. Tujuan dari diadakannya kegiatan membuat buket bunga ini yaitu sebagai bekal siswa dalam bekerja setelah lulus dari sekolah.Â
Senam Bersama
Senam bersama ini dipimpin oleh salah satu mahasiswa dan guru di depan sekaligus sebagai instruktur senam, sedangkan mahasiswa lainnya berbaris dengan peserta didik dan guru lainnya. Gerakan-gerakan senam yang dilakukan dimulai dari gerakan senam pemanasan kemudian gerakan inti sampai dengan gerakan pendinginan. Semua gerakan ini diiringi dengan lagu-lagu yang menyenangkan, sehingga peserta didik dan guru-guru SLB B-C YPCM Boyolali menikmati dan mengikuti gerakan senam dengan baik dan menyenangkan. Tujuan dari senam bersama ini yaitu untuk membantu melemaskan otot-otot tubuh, melatih kekuatan tulang, memperbaiki bentuk tulang, melatih keseimbangan tubuh, membantu mengembangkan karakter diri, selain itu juga untuk mempererat hubungan kebersamaan antara mahasiswa dengan peserta didik dan guru-guru yang di SLB B-C YPCM Boyolali.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI