Sekolah isebagai ilembaga ipendidikan imerupakan ilembaga iyang iberperan ipenting idalam imenghasilkan iSumber iDaya iManusia i(SDM) iyang imemiliki ikualifikasi idan idan ikompetensi itinggi.Â
iSekolah idituntut iuntuk imampu imemberikan ikontribusi iyang ipositif iterhadap ipembangunan idan ipeningkatan iSDM.Â
iSekolah imerupakan isalah isatu ilembaga ipendidikan iyang idibuat ipemerintah idan ipihak iswasta isebagai itempat iterbaik iuntuk ibelajar isehingga idiharapkan idapat imenciptakan imanusia iseutuhnya idengan imengembangkan ikemampuan iintelektual, ipotensi, ispiritual, ikepribadian i idan i isosial i iserta i i imembentuk imanusia iyang idemokratis idan ibertanggung ijawab. iOleh ikarena iitu isekolah iharus idikelola isecara iefisien idan iefektif iuntuk imencapai itujuan itersebut.
Aktivitas iorang iorang idi isekolah idalam imengelompokkan, imenyusun, idan imengatur iberbagai imacam ipekerjaan iperlu idirencanakan idan idiselenggarakan idengan ibaik iuntuk imencapai itujuan ipendidikan.Â
iUntuk imencapai itujuan ipendidikan itersebut ikomponen iyang imempunyai iperanan ipenting idi isekolah idituntut iuntuk imenghasilkan ikinerja iyang ibaik.Â
iDalam irangka imenunjang ikelancaran iproses ibelajar imengajar idi isekolah idiperlukan isuatu ibagian iyang idisebut itata iusaha/tenaga iadministrasi isekolah.
iTata iUsaha isekolah i(TU) iadalah isuatu ibagian iyang imendukung ikegiatan ibelajar imengajar iagar iberjalan ilancar isesuai idengan irencana idan itujuan isekolah i(Musanef i:1996).Â
iSalah isatu ibentuk irumusan ipengertian iadminitasi isecara iluas iyang isederhana iantara ilain imenyebutkan ibahwa iadministrasi iadalah ikeseluruhan iproses irangkaian ipelaksanaan ikegiatan iyang idilakukan ioleh idua iorang iatau ilebih iyang iterlibat idalam isuatu ibentuk iusaha ibersama idemi itercapainya itujuan iyang itelah iditetapkan isebelumnya.Â
iTugas itenaga iadministrasi imeliputi, imembantu iproses ibelajar imengajar, iurusan ikesiswaan, ikepegawaian, iperalatan isekolah, iurusan iinfrastruktur isekolah, ikeuangan, ibekerja idi il iaboratorium, iperpustakaan idan ihubungan imasyarakat i(Sumber: ihasil irapat iKepala iTata iUsaha idi iBogor: i1996).
Keberadaan itenaga itata iusaha isekolah idalam iposes ipembelajaran isangat idiperlukan. iSebagai isalah isatu ikomponen idalam iproses ipembelajaran, itugas idan ifungsi itata iusaha itidak idapat idilakukan ioleh i ipendidik. iHal iini idisebabkan ikarena ipekerjaannya ibersifat iadministratif iyang itunduk ipada iaturan iyang isifatnya ikhusus.Â
iTata iusaha imerupakan ipekerjaan ilayanan iuntuk imembantu ikelancaran iproses ipembelajaran, imemerlukan iketrampilan ikhusus, ikeahlian itertentu, ikompetensi iyang iberbeda idengan ikompetensi iyang idisyaratkan idengan ipeserta ididik. iSesuai idengan iaturan ikepegawaian, itugas itata iusaha isekolah idijenjang ipendidikan itidak iboleh idirangkap ioleh itenaga ifungsional iyang ilain.Â