Mohon tunggu...
Tri Fuji Lastari
Tri Fuji Lastari Mohon Tunggu... Guru - English Teacher, SMP NEGERI 32 OKU

Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3

29 April 2024   22:34 Diperbarui: 29 April 2024   22:38 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

TRI FUJI LASTARI,S.Pd

SMP NEGERI 32 OKU

CGP ANGKATAN 10

Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future)

Dan berikut ulasan jurnal refleksi dwimingguan modul 1.3. Visi Guru Penggerak.

  • Fact (Peristiwa)

Pada hari Rabu, 24 April  2024, saya juga ada pendampingan individu dengan pengajar praktik (PP) yaitu Bapak Yudi Rudi S.Pd, S.E, M.E Pendampingan itu berlangsung selama 3 jam, dimulai sekitar pukul 08.00 sampa pukul 11.00. Dalam pendampingan individu ini mendapatkan banyak arahan daan masukan untuk kemajuan CGP dalam penerapan keseharian di sekiolah. Penerapan falsafah KHD di lingkungan sekolah dan penularan ke teman sejawat. Kendala-kendala yang saya hadapi, mendapatkan masukan dari Pak Yudi membuat saya mulai merencanakan setiap pembaharuan pembelajaran di tahun pembelajaran selanjutnya.

Pada tanggal 4 April 2024, saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SD Negeri 11 OKU dari jam 07.30 sd jam 15.30 WIB. dalam lokakarya tersebut saya mendapat pembelajaran tentang menggerakkan komunitas praktisi. Penerapan di sekolah, setiap CGP diharapkan mampu membuat komunitas praktisi di sekolahnya dan komunitas praktisi itu yang dapat memainkan peran, memajukan sekolah dan program CGP dapat ditindaklanjuti. Kegiatan tersebut didampingi oleh dua pengajar praktik yaitu Pak Yudi dan Pak Eka. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai harapan.

Untuk kegiatan di LMS dimulai hari Kamis, 25 April  2024 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dari modul 1.3 saya belajar tentang :

  • Mulai dari diri yaitu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuh kembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dari mulai dari diri ini calon guru penggerak diminta untuk memaparkan refleksi mandiri 1 yaitu membuat "gambar" yang bertemakan "Imajiku tentang murid di masa depan". Dengan membuat satu gambar mengenai murid yang di dambakan 5-10 tahun mendatang, refleksi mandiri 2 yaitu melengkapi kalimat rumpang yang diantaranya dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang di idam-idamkan, refleksi mandiri 3 yaitu menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing-masing. 

  • Eksplorasi konsep. Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun secara diskusi melalui LMS. Di eksplorasi konsep ini setidaknya ada 9 poin yang dibahas yaitu poin pertama dibuka dengan sebuah puisi karya Ir. Soekarno "Aku Melihat Indonesia" serta narasi visi mengenai murid dan lingkungan belajar di masa depan yang diimpikan, membahas lanjutan mengenai visi, bagaimana mewujudkannya dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif.

  • Inkuiri Apresiatif (IA) adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan (Cooperrider & Whitney, 2005), selanjutnya tentang : A. memimpin perubahan positif diantaranya berpikir strategis dan inkuiri apresiatif sebagai paradigma, B. Mengelola perubahan positif diantaranya inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA), proses inkuiri dalam BAGJA dan ATM (amati, tiru, modifikasi) dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan refleksi mandiri.

  • Ruang kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Setianingsih selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari selasa, 30 April  2023 pukul 11.30 - 14.30 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Mei 2024.

  • Demonstrasi Kontekstual. Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tantangan untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, saya diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan. Adapun link demonstrasi konteksual sebagai berikut :

  • Elaborasi Pemahaman. kita vcon dengan Instruktur dalam elaborasi pemahaman sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai, membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersebut di sekolah.

  • Koneksi Antar Materi. Pada kegiatan ini yaitu mengaitkan materi yang sudah dipelajari mulai dari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. Tugas di bagian ini diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul dengan 2 pertanyaan pemantik yaitu "Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu? dan Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!".

  • Aksi Nyata dalam modul 1.3 ini yaitu saya berusaha untuk mengimplementasikan rencana manajemen perubahan yang telah saya buat.

  • Feeling (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, saya merasa senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan visi saya sebagai guru penggerak. 

Saya berupaya menjalankan rencana perubahan yang sudah direncanakan. Semangat dan motivasi ini akan membuat budaya positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi saya akan terwujud. Sebagai bentuk penerapan dari modul 1.3 saya menuangkannya dalam kegiatan aksi nyata di kelas dan di sekolah.

  • Findings (Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi, terencana, dan memahami inquiri apresiatif (IA) sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan gubahan tahapan Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan yang pertama kali diperkenalkan oleh Cooperrider ke dalam langkah 4D Discover-Dream-Design-Deliver (Cooperrider & Whitney, 2005) yang kemudian dalam praktik-praktik selanjutnya tahapan Discover dipecah menjadi Define dan Discover (Cooperrider et.al, 2008). Akronim dari BAGJA sendiri adalah Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Dalam menyusun tahapan BAGJA dapat melalui tindakan seperti ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

  • Future (Penerapan)

Setelah mempelajari dan memahami visi guru penggerak di modul 1.3. ini, saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi saya yaitu "Mewujudkan Generasi yang cerdas, berahlak dan berkarakter profil pelajar pancasila dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang telah saya rumuskan yaitu "Meningkatkan  Kreativitas dan Motivasi Belajar, dengan Pemanfaatan Teknologi". Prakarsa perubahan ini sudah saya rencanakan sesuai dengan alur tahapan BAGJA dengan membuat pertanyaan-pertanyaan dari alur tahapan BAGJA tersebut. 

Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan . Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak. Saya juga melaksanakan refleksi pembelajaran bersama siswa, dan teman sejawat.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan Modul 1.3 saya tentang Visi Guru Penggerak.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Salam Guru Penggerak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun