Mohon tunggu...
Trifena
Trifena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa SCU Prodi Manajemen

Mahasiswa dari Universitas Soegijapranata Semarang prodi Manajemen semester 3

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengapa Kepuasan Pelanggan Bisa Meningkatkan Keuntungan Bisnis Kita?

21 Oktober 2023   14:33 Diperbarui: 21 Oktober 2023   23:09 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada zaman sekarang ini sulit meningkatkan keuntungan bisnis kita dikarenakan selera konsumen yang semakin cepat berubah dan semakin banyaknya kompetitor yang menyebabkan susahnya untuk meningkatkan penjualan produk/jasa bisnis kita, sebagai pengusaha kita pasti ingin meningkatkan keuntungan bisnis kita salah satu cara yang dapat kita gunakan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan kepada produk kita. 

  • Apa sih kepuasan pelanggan itu ? 

Kepuasan pelanggan adalah skala ukuran yang digunakan untuk menentukan apakah nilai produk kita sudah sesuai dengan harapan konsumen saat produk tersebut sampai ke tangan mereka atau bisa juga dikatakan sebagai tanggapan pelanggan bahwa terpenuhinya kebutuhannya yang berasal dari produk bisnis kita. 

  • Mengapa kepuasan pelanggan begitu penting ?

Hal tersebut menjadi penting  karena untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kita yang menyebabkan mereka cenderung bersedia membeli produk tersebut dengan harga yang wajar dapat meningkatkan penjualan produk kita sehingga keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan secara alami akan ikut mengalami peningkatan dan kemungkinan besar akan  pelanggan membeli ulang produk tersebut.

  • Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang bisa kita lihat yaitu :

a. Kualitas pelayanan yang disediakan 

Pelayanan seringkali menjadi kunci penting dalam menentukan kepuasan pelanggan karena walaupun produk kita bagus tetapi pelayanan yang diberikan buruk bisa jadi konsumen akan pindah ke kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik walaupun dengan harga yang bisa jadi lebih mahal daripada produk kita.

b. Kualitas produk /jasa 

Kualitas produk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan karena kualitas produk merupakan ekspektasi dari konsumen terhadap produk yang kita buat dan juga menjadi pembeda produk/jasa kita dari kompetitor lainnya.

c. Penetapan harga 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun