Mohon tunggu...
Tri Budhi Sastrio
Tri Budhi Sastrio Mohon Tunggu... Administrasi - Scriptores ad Deum glorificamus

SENANTIASA CUMA-CUMA LAKSANA KARUNIA BAPA

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Kasidi Nomor 606: Imlek dan Buah

15 Februari 2022   05:55 Diperbarui: 15 Februari 2022   06:16 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kasidi nomor 606   Imlek dan Buah

Rasanya tidak ada Imlek dirayakan tanpa kehadiran buah. Setelah berpuluh tahun merayakan imlek dengan sederhana, mulai dari generasi kakek dan nenek buyut sampai dengan generasi cucu saat ini, pada sembahyang tahun baru imlek selalu ada nasi, mie. ayam utuh, bandeng, daging babi samsam, dan banyak jenis masakan lain, serta segala macam kue yang biasa dimasak atau dibeli seperti kue mangkok, kue kura-kura, serabi besar, spiku, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan buah dan sayur? Selalu ada dan pasti ada. Mungkin sederhana tetapi selalu ada.

Buah semangka, umpamanya. Buah ini rasanya selalu ada bahkan dulu disertai lengkap dengan ceritanya bagaimana Dewa Hujan dihukum penggal karena berani melanggar perintah Thian, perintah Tuhan Allah. Jadi diceritakan kala itu di sebuah kota ada seorang peramal yang dikenal tidak pernah salah. Ramalannya selalu benar. Ketika berita ini sampai ke telinga sang Dewa Hujan timbullah niat isengnya, niat yang kemudian mendatangkan petaka yang pada gilirannya nanti membuat buah semangka menjadi buah yang harus ada pada setiap sembahyang imlek.

Dewa Hujan turun ke bumi, menyamar sebagai petani biasa, mendatangi si peramal dan bertanya, apakah besok akan turun hujan. Setelah berpikir dan merenung sejenak si peramal mengatakan bahwa besok tepat tengah hari, hujan lebat akan turun selama terbakarnya satu hio. Orang banyak yang ikut mendengarkan angguk-angguk kepala. Dewa Hujan menggelengkan kepala dan spontan berkata bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Ini musim kemarau dan dari langit tidak ada perintah untuk menurunkan hujan esok siang. Jelas peramal ini ngawur dan sok tahu.

'Hehehe, kukira ramalanmu pasti tidak benar,' kata sang Dewa Hujan yang sedang menyamar dengan suara keras sambil melihat berkeliling. Sebagian orang yang mendengar komentar ini tampak setuju sedangkan yang lain tampak menggelengkan kepala. Selama ini apa yang disampaikan peramal selalu tepat dan benar. Kali ini mereka juga yakin bahwa ramalan itu pasti benar.

'Baik besok tepat sebelum tengah hari aku akan kembali ke sini, dan kita lihat ucapanku yang benar atau ramalanmu yang benar.'

Dengan gembira sang Dewa Hujan kembali ke istananya. Dia yakin bahwa besok siang dia akan mempermalukan si peramal. Ini musim kemarau dan tidak apa perintah menurunkan hujan dari langit, dari Tuhan Allah.

Sesampainya di istana Dewa Hujan disambut para selirnya, makan malam meriah sudah disiapkan. Catatan perintah dari langit diperiksanya sekali lagi. Tidak ada perintah menurunkan hujan, apalagi hujan deras sepembakaran satu hio tepat tengah hari besok. Selesai makan malam meriah, Dewa Hujan dengan gembira ke peraduan ditemani para selirnya. Semua bahagia, semua gembira.

Keesokan harinya, bangun terlambat setelah berpesta semalaman dengan para selir, Dewa Hujan bangun sudah agak siang. Dia ingat bahwa nanti siang harus kembali menyamar ke bumi dan melihat bagaimana si peramal akan dibuatnya malu. Selesai mandi lengkap dengan jubah kebesarannya, dia memeriksa sekali lagi catatan perintah dari langit, dari Tuhan Allah, sebelum makan dan kemudian kembali turun ke bumi dengan menyamar.

Wajah riang Dewa Hujan berubah menjadi pucat tatkala pada buku perintah langit tiba-tiba tercetak perintah agar tepat tengah hari di kota tempat si peramal tinggal hujan lebat harus dicurahkan selama sepemasangan hio. Ya ampun, desahnya tidak percaya. Bagaimana ini bisa terjadi? Hanya saja perintah itu tegas dan jelas. Tengah hari, Hujan deras sepembakaran hio. Di kota tempat si peramal tinggal. Itu perintahnya.

Setelah lama merenung dan berpikir, Dewa Hujan sampai pada kesimpulan. Aku ini Dewa Hujan, tidak boleh aku dipermalukan oleh peramal tua. Aku harus melakukan sesuatu.

Sesuatu yang selama ini memang tidak pernah dilakukan karena tahu persis apa yang akan terjadi jika perintah dari langit, perintah dari Tuhan Allah dilanggar. Dia pasti akan dihukum penggal tetapi harga dirinya tidak boleh jatuh di depan si peramal. Dia akan mengubah sedikit perintah itu. Hujan tidak akan diturunkan tepat tengah hari dan juga bukan hujan lebat. Si peramal cukup sedikit salah dan dia boleh lega karena apa yang kemarin dikatakannya di depan orang banyak ternyata benar. Dia benar, si peramal salah.

Akhir dari cerita ini jelas sekali, Dewa Hujan dihukum penggal. Algojonya adalah sang kaisar yang berkuasa waktu itu. Usaha terakhir Dewa Hujan untuk membatalkan hukuman penggal dengan membuat sang kaisar sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya adalah dengan meminta sahabatnya, panglima perang kerajaan, mengajak bermain catur, sehingga lupa melaksanakan tugas, ternyata juga gagal. Panglima Perang yang berhasil mengajak kaisar bermain catur sampai tertidur, merasa telah berhasil membantu temannya si Dewa Hujan. Tidak tahunya dengan tidur itulah roh kaisar bisa ke langit untuk melaksanakan tugas. Dewa Hujan dipenggal tepat waktu sesuai dengan Perintah Langit.

Dewa Hujan yang marah, menuntut pada sang panglima untuk  mengembalikan kepalanya. Katanya sudah berhasil menahan sang algojo, buktinya kaisar datang tepat waktu dan memenggal kepalanya. Si panglima yang takut, menceritakan kisahnya pada sang kaisar. Untuk membantu meredakan kemarahan Dewa Hujan, kaisar mengeluarkan maklumat agar setiap Imlek buah semangka harus dipersembahkan dalam sembahyangan sebagai persembahan bagi Dewa Hujan yang kehilangan kepalanya. Begitulah, buah semangka hadir dalam upacara sembayangan Imlek.

Lalu bagaimana dengan buah lainnya, seperti apel, jeruk, buah pear, jambu dan masih banyak lagi, dan juga pisang umpamanya? Semua tentu ada ceritanya dan semua cerita tentu menarik untuk diungkapkan, dan kalau belum ada maka tugas para peneliti dan penulis untuk mengungkapkan dan menuliskannya.

Tengok saja buah pisang modern seperti Sunpride yang dalam banyak iklannya selalu mengatakan merk dan buah pilihan yang tepercaya karena sebagai satu-satunya pemegang sertifikat GAP agar dapat dimasukkan ke dalam perayaan imlek dengan segala macam cerita dan kisah sebagai legitimasinya. Pisang mungkin sudah sejak dulu ada dan menjadi bagian dari perayaan imlek tetapi bagaimana dengan pisang modern seperti Sunpride? Bagaimana memasukkan buah yang konon tepercaya  karena punya sertifikat GAP ini?

Perlu riset, perlu penelitian, perlu biaya, perlu orang yang mau melakukannya, dan perlu penyandang dana, agar diperoleh hasil yang secara budaya dan cerita dapat diterima dan menjadi pas serta cocok. Jadi inilah tantangan berikutnya dari Kasidi untuk Sunpride, untuk para pemegang saham dan pemiliknya. Hahaha ... bagaimana? (Kasidi nomor 606 --tbs087853451949-sda15022022)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun