Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Parade Maskapai Baru di Landasan Pacu

10 Agustus 2021   16:59 Diperbarui: 11 Agustus 2021   01:23 1235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penampakan maskapai baru Indoneisa, Super Air Jet. Sumber: Kompas.com

Bak cendawan di musim hujan. Deretan perusahaan startup penerbangan muncul di mana-mana. Dari Amerika Utara, Eropa, Afrika hingga Asia. Krisis pandemi seakan tidak menghalangi para entrepreneur untuk terjun ke bisnis penerbangan berbiaya murah yang selalu menggoda. Krisis ini bahkan dianggap membuka peluang besar di pangsa pasar penerbangan tertentu. 

Kehadiran maskapai penerbangan baru, khususnya kategori LCC (Low Cost Carriersejatinya telah dimulai sejak kuartal pertama tahun 2021 ini. Harian bergengsi The Wall Street Journal (WSJ) bahkan sempat memasang headline sensasional pada April lalu. "More Than 90 New Airlines Are Launching in 2021. They Say It's the Perfect Time."

Awalnya banyak yang skeptis. Tetapi, kini berita itu kian terbukti. Harian ternama asal New York itu sebetulnya mendapatkan informasi yang sangat meyakinkan dari Avolon Holdings Ltd, salah satu perusahaan leasing pesawat terbesar di dunia. Avolon tentu saja tahu persis peta pasar yang setiap saat bisa saja berubah.

Situasi ini memang tidak terlepas dari rentetan kisah sedih lainnya. Akibat pandemi covid-19, puluhan maskapai di dunia terpaksa mengurangi drastis jaringan penerbangannya. Bahkan sebagian berhenti beroperasi di sepanjang tahun 2020.

Play, maskapai paling gres dari Islandia. Sumber: Valentin A / www.jetphotos.com
Play, maskapai paling gres dari Islandia. Sumber: Valentin A / www.jetphotos.com

Dampak yang ditimbulkannya ikut menghiasi berbagai media. Mulai dari armada pesawat yang harus dikembalikan ke Lessor; pemutusan hubungan kerja terhadap kru pesawat maupun staf perusahaan lainnya; hingga minta perlindungan pemerintah dari ancaman kebangkrutan.

Alhasil, pesawat-pesawat di tangan Lessor raksasa pun makin menumpuk. Begitu pula pasar tenaga kerja (baca: kru pesawat) yang siap bekerja juga melimpah. 

Dan yang paling atraktif boleh jadi adalah ‘leasing package’ yang ditawarkan perusahaan penyewaan dan pembiayaan pesawat. Bagi para Lessor, semakin cepat pesawat mereka mengudara semakin baik. Every minute counts! 

Salah satu pesawat milik Canarian Airways yg bahkan belum ada livery-nya. Sumber: Dave Potter / www.jetphotos.com
Salah satu pesawat milik Canarian Airways yg bahkan belum ada livery-nya. Sumber: Dave Potter / www.jetphotos.com

Di sisi lain, banyak pengusaha pun selalu mencari peluang untuk memasuki industri ini. Dan ketika maskapai besar makin kepayahan mengelola armadanya yang gemuk, biaya operasional yang tinggi, serta sibuk membayar cicilan hutang yang terus menggunung, sebuah peluang pun terbuka lebar.

Apalagi atmosfer bisnis ini sepertinya sangat mendukung. Seperti yang disampaikan Steven Udvar-Hazy, Executive Chairman Air Lease Corporation kepada CAPA (Centre for Aviation), "Cheap money, capital, cheap aircraft, and pilots," ujarnya. Itulah ramuan modal awal yang kini tersedia. Mendirikan sebuah maskapai pun terasa kian mudah. Air Lease Corporation sendiri adalah salah satu Lessor ternama asal Los Angeles- AS.

Kru pesawat berpengalaman yang tersedia di pasar tenaga kerja. Sumber: www.flygosh.com
Kru pesawat berpengalaman yang tersedia di pasar tenaga kerja. Sumber: www.flygosh.com

Selain itu, ada pra-kondisi lain yang tidak boleh dilupakan. Maskapai baru, misalnya, tidak memiliki beban masa lalu (kewajiban hutang) sehingga lebih mudah untuk melakukan manuver bisnis. Hasilnya, seperti yang kita saksikan kini, maskapai baru muncul di mana-mana. Tidak terkecuali di kawasan Asia Tenggara. 

Di negeri Paman Sam, contohnya, muncul beberapa maskapai baru, seperti Avelo Airlines, Breeze Airways, Avatar dan Connect Airlines. Avelo adalah yang pertama kali mengangkasa di bulan April 2021 lalu. Lalu diikuti Breeze di bulan Mei 2021. Sedangkan Connect diperkirakan launching di Oktober mendatang.

Avelo Airlines, maskapai baru dari AS. Sumber: Jamie West / www.jetphotos.com
Avelo Airlines, maskapai baru dari AS. Sumber: Jamie West / www.jetphotos.com
Secara teknis, Avelo sebetulnya sudah pernah terbang sejak akhir tahun 1980-an, tetapi berupa pesawat charter dengan nama Casino Express Airlines dan Xtra Airways. Namun, kini dengan manajemen baru, nama dan livery anyar, Avelo pun tampil sebagai salah satu maskapai baru yang membidik pangsa pasar penerbangan berbiaya murah.

Breeze Airways menyimpan kejelian bisnis yang tidak kalah menarik. Maskapai yang bermarkas di Utah- AS ini menawarkan 36 rute non-stop ke 16 destinasi di Amerika Serikat. Yang sungguh menakjubkan, 95% rute yang dilayani ternyata belum pernah diterbangi maskapai lain secara non-stop. Super jeli!

Breeze Airways - Utah, AS. Sumber: Luke Ayers / www.planespotters.net
Breeze Airways - Utah, AS. Sumber: Luke Ayers / www.planespotters.net
Deretan maskapai anyar juga bakal silih berganti menghiasi langit di wilayah Amerika Latin. Di antaranya, Ecuatoriana Airlines yang berbasis di Quito- Ekuador; Flycana dan Ava Airways dari Republik Dominika; Nella Airlines asal Brasilia, Brazil, dan lain-lain. Pasar penerbangan domestik dan regional di wilayah ini tentu saja tidak kalah menarik.

Nella Airlines-Brasilia. Sumber: www.airway1.com
Nella Airlines-Brasilia. Sumber: www.airway1.com
Benua biru Eropa juga tidak kalah antusias menyambut hadirnya berbagai maskapai baru. Menurut data dari CAPA, dari 36 maskapai yang bersiap mengudara dalam 12 bulan ke depan, 13 di antaranya berbasis di Eropa. Maskapai yang umumnya kategori penerbangan berbiaya murah (LCC) itu datang dari berbagai kota nan eksotis di Eropa.

Play Airlines, misalnya, datang dari kota cantik Reykjavik di Islandia. Lalu Sky Alps dari Bolzano yang merupakan pintu gerbang menuju pegunungan indah Dolomite di Italia utara. Ada lagi Flyr dan Norse Atlantic Airways, start-up airlines asal kota Oslo- Norwegia. Dan duo maskapai paling gres asal Spanyol, yakni Canarian Airways dan World2Fly.

Sky Alps dari Bolzano-Italia. Sumber: Rowen Aquilina / www.jetphotos.com
Sky Alps dari Bolzano-Italia. Sumber: Rowen Aquilina / www.jetphotos.com
Canarian Airways berpusat di Pulau Tenerife di Kepulauan Canary – Spanyol. Sementara World2Fly yang baru beroperasi Juni lalu bermarkas di Palma de Mallorca, ibu kota Kepulauan Balearic. Salah satu pulau paling terkenal di kepulauan ini adalah Ibiza, destinasi utama para pecinta clubbing.

Tidak hanya di benua Amerika dan Eropa yang kian disibukkan maskapai baru. Benua Afrika pun ikut menyaksikan maskapai baru di tengah pandemi yang masih melanda dunia. Dari Afrika Timur, Barat, sampai Afrika Utara. Beberapa di antaranya, FlyWestAf Airline– Gambia, Green Africa Airways– Lagos, Nigeria dan Skybird Airlines – Cairo, Mesir.

Maskapai World2Fly asal Mallorca-Spanyol. Sumber: www.samchui.com
Maskapai World2Fly asal Mallorca-Spanyol. Sumber: www.samchui.com

Bagaimana dengan kawasan Asia? Dengan pasar penerbangan yang begitu besar di benua ini, tentu saja banyak pebisnis pun tidak mau melewatkan peluang menjajaki bisnis penerbangan. Apalagi di negara seperti India dan China yang memiliki wilayah geografi luas serta pasar domestik besar.

Negara seperti Pakistan, Korea Selatan, Vietnam, Malaysia dan Indonesia pun ikut terjun ke bisnis ini. Meskipun pada saat yang sama, sebagian besar maskapai di negara-negara ini sedang kesulitan. Di Korea Selatan sudah terdengar kehadiran Aero K atau KAIR Airlines, LCC terbaru di negara itu.

Aero K, maskapai baru asal Korsel. Sumber: Park Hyeon Jae / www.jetphotos.com
Aero K, maskapai baru asal Korsel. Sumber: Park Hyeon Jae / www.jetphotos.com
Vietnam malahan sudah mengawali tahun 2021 dengan peluncuran maskapai teranyarnya, yaitu Vietravel Airlines yang melayani rute domestik di negara tersebut. Begitu pula Pakistan dengan sebuah maskapai dengan nama unik. Setidaknya bagi kita di Indonesia.

Nama maskapai penerbangan asal kota Sialkot itu bisa saja membuat penumpang asal Indonesia keder untuk menaikinya. Pasalnya, nama maskapai ini adalah Air Sial! Aha, rupanya “sial” di sini bukan berarti tidak beruntung. Namun, merupakan akronim dari "Sialkot International Airport Ltd." (SIAL).

Maskapai AirSial dari Pakistan. Sumber: Shajie Hussain / www.planespotters.net
Maskapai AirSial dari Pakistan. Sumber: Shajie Hussain / www.planespotters.net
Gairah membangun maskapai baru juga sampai ke tanah air. Beberapa bulan lalu sudah terdengar sebuah LCC yang menyasar pangsa pasar milenial bakal ikut mengudara dari Jakarta. Dan jumat lalu, maskapai baru tersebut, yakni Super Air Jet akhirnya melakukan penerbangan perdana ke Medan dan Batam.

Super Air Jet- Indonesia. Sumber: super air jet / www.jakartapost.com
Super Air Jet- Indonesia. Sumber: super air jet / www.jakartapost.com
Maskapai baru tentu saja bermunculan di berbagai wilayah lainnya, seperti di kawasan Balkan, Mediteranian, Pasifik Selatan dan di berbagai belahan dunia lainnya. Di antaranya, Air Montenegro dari Montenegro, Wizz Air Abu Dhabi dari Uni Emirat Arab, Grecian Air dari Yunani dan lain-lain.

Industri penerbangan global memang masih jauh dari pulih. Tetapi, siapapun tidak mau tertinggal jauh ketika pasar penerbangan diprediksi kembali bergairah dalam beberapa tahun ke depan. Dan ketika semua sumber daya tersedia, inilah saat terbaik untuk membangun sebuah maskapai baru.

Persis seperti yang diberitakan harian WSJ pada April lalu. Lagi pula angkasa biru masih sangat luas untuk dijelajahi. Dan bagi pebisnis, “The sky is the limit”.

***

Kelapa Gading, 10 Agustus 2021

Oleh: Tonny Syiariel

Referensi: 1, 2, 3

Catatan: Semua sumber foto yg digunakan sesuai keterangan di masing2 foto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun