[caption id="attachment_327224" align="aligncenter" width="614" caption="doc,tjiptadinata effendi: dalam waktu 3 menit 35 detik,ambulance sudah sampai"][/caption]
Menyaksikan Kinerja Ambulace Menghadapi Emergency Call di Australia
Seorang wanita tiba tiba terduduk di lantai . Seorang gadis belia, memeluk wanita tersebut dan berteriak:” Someone, please help me. I need the ambulance for my grandma” Dan ia tidak perlu mengulangi permintaannya hingga 2 kali. Karena serentak ada 2 orang yang kebetulan berada disana dan saya sendiri yang pas lagi berjalan menuju keruang makan siang bersama istri. Tanpa ada yang memberi komando, saya ikut menelpon ke nomer emergency :” 000” . Namun belum telpon saya menjawab, seorangwanita sudah berteriak:” I.ve got it. Thank you.” Rupanya ia sudah lebih dulu beberapa detik mendapatkan hubungan telpon dan sudah dijawab:” Ok”
Seiring dengan itu, ada suara juga yang menjawab di Hp saya dan langsung saya jawab”Sorry, someone has contacted the ambulance” . Jawaban dari seberang sana:” You’re right Sir, no worry”
Saya melihat ke jam yang ada di HP . Jam menunjukkan pukul 12.14. Tiba tiba dari kejauhan terdengar suara sirene meraung raung dan dalam hitungan detik ,ambulance sudah berada didepan pintu masuk. Saya melihat kejam saya: 12.17,34 berarti hanya selang 3 menit dan 34 detik , ambulance sudah sampai dilokasi.Mereka membawa kelengkapan para medis yang komplit. Ada kelengkapan pengukur tensi ,infus dan emergency tools lainnya.
Sebuah tandu diturunkan dan dengan gesit, pasien sudah berada di dalam ambulance. Kembali ambulance meraung ,menuju kerumah sakit.Sungguh luar biasa cekatan dan antusias mereka menjalankan tugas mereka.
Berapa jam ambulance bertugas dalam seminggu dan berapa gaji mereka? Nah, untuk jelasnya,saya kutib sebagian dari penjelasan yang dapat diperoleh lewat internet ke link : Health Ambulance of NSW
About the Ambulance Services
Ambulance Control Centre's manage and control Ambulance responses to Triple Zero (000) calls, and requests for Ambulance services from allied health care providers and other emergency services. Control centre officers answer and assess emergency and non-emergency calls and control the dispatch and movement of Ambulance resources.
The Control Centres are a 24 hours per day, 7 days per week operation, located at Eveleigh (Sydney), Warilla (Wollongong), Dubbo and Charlestown (Newcastle). Control centre operators also work at the Health Access Coordination Unit (HAC), and manage calls from patients who do not require an emergency medical response.
Given the 24 hour per day, 7 days per week operation of our Control Centres, staff are rostered on weekends, public holidays and night shifts.
Salary
The salary range for control centre officers is $54,813 to $57,459pa. The salary range for communications assistant is $48,515pa to $55,079pa. This does not include shift allowances and overtime.
Berjaga 24 jam Sehari . 7 Hari dalam Seminggu dalam kata lain,mereka bertugas secara aplusan sepanjang hari dan sepanjang minggu. Termasuk hari Minggu.Gaji mereka lumayansekitar 50 ribu dollar per tahun atau rata rata 4.000 dollar per bulanatau setara dengan 40 juta rupiah.
Apakah karena gaji yang lumayan besarnya yang mendorong para petugas ambulance ini sangat antusias dalam menjalankan tugasnya ataukah karena memang sikap mental mereka memang sudah terlatih untuk menolong sesama? Tentunya bukan kapasitas kita untuk membahasnya ‘’
Kejadian ini bukan cuma kebetulan , tapi beberapa waktu yang lalu saya ,juga sudah menyaksikan pengalaman yang sama, ketika teman satu club saya mengalami musibah.Dalam waktu hanya 3 menit, dua ambulance sekaligus berdatangan ‘Mungkin hal ini bisa menjadi contoh bagi petugas ambulance kita, demi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyrakat Indonesia.
Mount Saint Thomas, 03 Juni, 2014
Tjiptadinata Effendi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H