Mohon tunggu...
Titin Sutinah
Titin Sutinah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis salah satu bagian penting sebagai guru. Teruslah menulis untuk menyebarkan kebaikan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

HUT JNE ke-33 Gass Terus Semangat Kreativitasnya

1 Agustus 2024   00:01 Diperbarui: 1 Agustus 2024   00:25 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Paket..paket". Terdengar abang pengantar paket memanggil di depan rumah. Saya bergegas menyambut paket tersebut.

"Paket" adalah istilah yang digunakan ketika sedang menunggu barang yang dipesan secara online. Minggu ini saya juga membeli gamis dan buku di maket place. Antara senang paket sudah datang dan harap-harap cemas juga. Apakah paket saya sudah sampai dengan selamat? Atau malah sebaliknya, apakah ada goresan atau kerusakan akibat tertindih benda lain, dibuka, dilempar, atau terjatuh selama ekspedisi atau perjalanan?.

Apalagi jika hal ini bisa sangat mengkhawatirkan jika kita memesan sesuatu yang rawan akan pecah atau rusak. Saya rasa ini tidak hanya dirasakan oleh pelanggan saja, namun juga jasa ekspedisi merasakan hal yang sama.

How came? Sebab, jika pelayanannya banyak kekurangan dari jasa ekspedisi, tentu akan berdampak buruk pada rating dari pelanggan setelah menerima paketnya.

Rugi? Sudah pasti, hal ini tentunya akan beralih ke jasa ekspedisi yang lebih baik dan terpercaya.

Sebelum menggunakan JNE, saya punya pengalaman buruk. Saat ngobrol dengan teman-teman karena pengalaman yang kurang mengenakkan ketika paket sampai di rumah. Paket saya tiba tidak tepat waktu dan terbuka bungkusnya. Bahkan salah satu teman ada yang paketnya entah kemana. Tidak ada kabarnya, alias hilang meskipun sudah ditelusuri tetapi tidak membuahkan hasil. Jika harga barangnya tidak terlalu mahal, hanya bisa mengikhlaskan.

Namun, bagaimana jika harganya di cukup tinggi? Sebagai pelanggan tentu akan sangat kecewa. Berdasarkan pengalaman dari teman-teman yang sudah bertahun-tahun menggunakan JNE, namanya mbak Siti. Ia mengirimkan paket berupa bermacam-macam batik dan souvenir pernikahan ke pelanggannya di seluruh Indonesia.

Dan teman-teman yang lain juga mempercayai JNE. Syukurlah, saya menuruti sarannya untuk menggunakan JNE. Kecemasan saya sebelumnya udah tidak ada lagi. Aman mengirim dan menerima paket.

SEJARAH JNE
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau  dikenal dengan nama JNE. JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia. JNE didirikan pada tanggal 26 November 1990. JNE memiliki visi untuk menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Sedangkan misi JNE adalah selalu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya secara konsisten.

Wilayah distribusi JNE mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau-pulau terluar. Saat ini, terdapat lebih dari 50.000 seluruh karyawan JNE di Indonesia. Perusahaan memiliki armada sebanyak 11.000 unit kendaraan mulai dari sepeda motor sampai truk besar.
JNE telah menghadapai berbagai tantangan, hambatan, dan keterbatasan. Namun sejauh ini JNE mampu membuktikan bahwa dengan semangat dan kepercayaan yang terus menerus dan dari seluruh pihak yang terlibat, JNE bisa hadir menjadi lebih baik.  

Kreativitas dan Inovasi
Fenomena pertumbuhan platform e-commerce (bisnis digital) dan kebangkitan UMKM sebagai bagian dari industri kreatif telah mendapatkan tempat tersendiri di hati para konsumen sebagai gaya hidup. Semuanya online sekarang.  Kita hidup di era di mana baik orang dewasa dan anak-anak menjadi lebih melek digital.

Berdasarkan hasil riset Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Taylor Nelson Sofres (TNS), dan Google Indonesia, nilai pasar e-commerce di Indonesia mencapai $8 miliar atau setara dengan 94,5 triliun rupiah. Selain itu, adanya marketplace juga sangat bermanfaat bagi JNE.

Idham Azka, selaku Head of Mass Media Relations JNE, mengakui bahwa pertumbuhan e-commerce dan industri kreatif membuka peluang bagi pengusaha logistik untuk berkontribusi dalam proses pengiriman. Idham juga menambahkan semakin menjamurnya e-commerce menjadi peluang besar dalam jasa pengiriman JNE.

Aplikasi untuk android dan website memudahkan pelanggan untuk memahami dan menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh JNE. Baik penjual maupun pembeli bisa bertransaksi di JNE sehari, di mana saja, dan termasuk hari libur.

Kunci utama JNE adalah langkah strategis dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. JNE menggandeng para seniman  penyandang disabilitas untuk menciptakan karya menakjubkan yang dapat dilihat di Instagram @tab_space. Karya para seniman ini sudah ditampilkan di official merchandise dan website desain JNE.

Produk
Dengan kemajuan teknologi, JNE telah mengembangkan berbagai produk seperti JNE Express, JNE Logistics, JNE Freight,  dan Roket Indonesia.

JNE Express mulai beroperasi pada tahun 2000. Layanan untuk pengiriman paket dan dokumen lebih dari 8.000 titik layanan eksklusif di seluruh Indonesia. Bahkan paket bisa diambil dari titik penjemputan dan diantar sampai tempat tujuan. Bagi JNE Logistics sebagai solusi untuk transportasi dan pergudangan yang terintegrasi.

Selain itu, JNE Freight siap melayani ekspor door to door yang dapat mencakup lebih dari 200 negara. Sedangkan Roket Indonesia telah dirilis pada tahun 2022. Roket Indonesia merupakan aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengirimkan paket tanpa harus datang ke cabang JNE atau disebut juga layanan instan dalam kota (instant city service).
Pembayarannya sangat mudah bisa dengan tunai, credit, qris, dan wallet. Bedanya dengan ongkir layanan express, JNE Roket berdasarkan base on radius atau jarak kilometer, bukan berdasarkan berat atau kilogram. JNE makin keren, kan?

Layanan
Selain produk, JNE juga menyediakan beragam layanan.
Pertama, MyJNE yang dirilis pada tahun 2014. MyJNE merupakan aplikasi pengiriman dan penerimaan berbasis iOS dan Android dengan menggunakan nomor telepon pelanggan.

Kedua, PESONA merupakan toko online makanan khas oleh-oleh dari UMKM di seluruh Indonesia.
Jadi, jangan khawatir jika menginginkan aneka oleh-oleh dari daerah lain yang jauh tempatnya. Kita akan tetap bisa menikmatinya dengan PESONA JNE. Yang ketiga adalah JNE Loyalty Card. Dirancang khusus untuk pelanggan setia JNE dan dapat memperoleh keuntungan seperti diskon, kecepatan layanan, bahkan hadiah. Pelayanan yang diberikan JNE menjadi bukti  bahwa JNE serius dalam mengelola layanan ekpedisinya sesuai visi dan misinya.

Program JNE untuk layanan pengiriman barang yang dapat diandalkan, terdapat beberapa sistem pengiriman barang yang dapat pilih pelanggan, seperti COD JNE, Super Speed (SS), PESONA (Pesan Oleh-oleh Nusantara), YES (Yakin Esok Sampai), REG (Reguler), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis). Hebatnya lagi, JNE juga meluncurkan pogram Go Digital Marketing untuk pelaku usaha.

JNE Tracking membantu pelanggan memantau status pengiriman barangnya. Sehingga pelanggan dapat memantau status pengiriman barangnya secara akurat, aman, serta distribusi paket yang tiba tepat waktu.
Live “chat “ Joni membantu pelanggan untuk mengecek tarif pengirimannya, sehingga mudah untuk melacak pengiriman, menyampaikan keluhan, dan melacak laporannya. Selain itu juga bertanya seputar layanan paket atau informasi terkait layanan JNE.

Langkah Optimisme
Seiring makin kompetitifnya persaingan jasa pengiriman barang, para karyawan dapat bekerja secara baik, ramah, cepat, dan bertanggung jawab.

Lebih lanjut, JNE tidak hanya mengandalkan kemampuan sendiri, namun juga menggandeng perusahaan teknologi. Teknologi big data dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) dapat menghadirkan terobosan baru yang dapat mengurangi biaya operasional, mengoptimalkan proses pengiriman, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pelanggan merupakan aset utama JNE. Oleh karena, itu, JNE berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya. Menerima saran, kritik, dan masukan (feedback) pelanggan secara terbuka memudahkan JNE untuk meningkatkan layanannya dengan cepat. Selain itu, sebagai bentuk rasa terima kasih JNE kepada pelanggan yang telah menggunakan layanan JNE dengan menawarkan berbagai promo menarik.
Kurnia Nugraha, Media Communication Head Dept JNE, mengatakan transaksi pada lebaran 2024 meningkat 20-30% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan transaksi dan volume pengiriman pada periode lebaran berdampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan JNE.

Kurnia menambahkan, JNE mempunyai berbagai harapan dan persiapan terkait pengoperasian dan pemanfaatan transportasi darat, udara, dan laut. Kita dapat mengirimkan paket makanan untuk orang-orang tersayang pada hari ini dan akan sampai dihari yang sama. Wah, emang bisa JNE seGass itu? Pasti bisa karena JNE juga menawarkan Sameday Delivery Service (SDS).

Visi masa depan yang gemilang
Perkembangan layanan pengiriman barang juga mengalami perubahan yang pesat. Hal ini memungkinkan JNE untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Untuk mencapai visinya, JNE terutama berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, penggunaan teknologi baru, dan peningkatan kualitas layanan.

Selama 33 tahun, JNE telah membuktikan sebagai jasa pengiriman barang di Indonesia yang mampu bertahan dan berkembang sesuai zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
Dalam setiap tahapan optimisme, kreativitas, dan inovasi, JNE berdiri dengan gagah dan mempu mencapai kunci kemenangan. Konsisten dalam seluruh kebijakan yang dibuat membantu menjaga keberhasilan program yang dilaksanakan.

Sejak tahun 2021, JNE berulang kali meraih berbagai penghargaan. Bahkan, JNE mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi sepanjang tahun 2024. JNE berhasil meraih penghargaan Indonesia Best 50 CSR Brand Equity Awards 2024 kategori Courier Service, Program Pengiriman 1 Juta Al Qur’an, Best 50 CEO Awards 2024 in Courier Category, Penghargaan UMKM Summit 2024, Penghargaan Kolaborasi Palestina dan Tokoh Pemberdayaan, Shopee Super Awards 2024 kategori Super Logistic Partner, Indonesia 20 Best Companies kategori Courier Service, Indonesia Public Relations Awards 2024 “Best Public Relation in Expanding Logistic Service Through Strategic Collaboration” kategori Logistic & Courier, Indonesian Brand Champion 2024, dan Top Digital PR Award Platinum.

Kegiatan JNE sangat beragam. Saat terjadi banjir bandang di Sumatra Barat, JNE memberikan gratis ongkos kirim mulai tanggal 15 hingga 31 Mei 2024. Ongkir ditujukan untuk #temanJNE yang ingin membantu saudara-saudaranya yang terkena musibah berupa pakaian, sembako, perlengkapan bayi, tenda, dan lain-lain.

Di era digital yang semakin pesat, JNE sendiri telah aktif dan bertransformasi perannya dalam memberikan dukungan program, kualitas dan kapasitas layanan.
JNE, Gass Terus  Semangat Kreativitasnya! Setiap harapan, kepercayaan, dan senyuman kepuasan pelanggan menjadikan JNE semakin semangat dan progresif. JNE juga semakin berenergi, berinovasi, dan berkembang untuk mendistribusikan paket dengan aman, nyaman, dan tepat sasaran, sekaligus berdaya saing global.

JNE selalu mendukung semangat kreativitas, kontribusi generasi muda, dan peningkatan kualitas UMKM Indonesia. Komitmen pribadi JNE yang jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan berpandangan jauh ke depan menjadikan Connecting Happiness dan Gass Terus Semangat Kreativitasnya!.

#JNE
#ConnectingHappiness
#JNE33Tahun
#JNEContentCompetition2024
#GassTerusSemangatKreativitasnya
#GassTerusSemangatnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun