Mohon tunggu...
Titik Ambarwati
Titik Ambarwati Mohon Tunggu... Guru - ASN/Guru/SD NEGERI KADILANGU 2

Saya suka membaca artikel yang berhubungan dengan peningkatan serta perluasan pengetahuan khususnya di bidang pendidikan. Bagi saya kegagalan adalah penyemangat untuk mencapai keberhasilan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

2 November 2022   02:00 Diperbarui: 2 November 2022   02:06 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salam Guru Penggerak

Kita telah memasuki Modul 3.2  "Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya" tepatnya pada Demonstrasi Kontekstual, dimana ada tayangan video praktik baik dan CGP  menganalisis video tersebut dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemantik yang telah di sediakan pada LMS. 

Berikut hasil analisis dari Video Praktik Baik 

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi dari sekolah guru tersebut mengabdi adalah terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan

  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru tersebut adalah menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk peserta didik untuk meningkatkan minat pelajar murid

  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah "Bagaimana cara menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan?"

  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:

B (Buat Pertanyaan Utama)

Pada bagian ini dimana guru tersebut memberikan sebuah pertanyaan tentang "penyemangat belajar"

A (Ambil Pelajaran)

Pada bagian Ambil Pelajaran dimana guru menyuruh peserta didik untuk mengunjungi kelas lain dan mengamati suasana kelas tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan melakukan diskusi

G (Gali Mimpi)

Guru tersebut menyuruh peserta didik membayangkan suasana kelas impian mereka, setelah itu siswa membuat sketsa tentang suasana kelas impian dan kemudian mempresentasikan di depan kelas oleh masing-masing kelompok

J (Jabarkan Rencana)

Pada bagian ini, guru Bersama peserta didik membuat daftar hal apa yang harus dilakukan, selanjutnya di lakukan pembagian tugas yang akan dikerjakan oleh setiap kelompok

A (Atur Eksekusi)

Dibagian akhir adalah setiap kelompok mengerjakan tugas yang telah diberikan yaitu menata ruang kelas agar lebih menarik agar siswa lebih bersemangat lagi dalam belajar

  • Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Peran pemimpin yang tergambar dari tayangan video tersebut adalah dimana seorang guru mampu memberdayakan kemampuan peserta didik dalam hal menganalisa, menggambar dan bercerita, selain itu guru tersebtu mampu mengelolah kelas dengan baik dan menciptakan suasana belajar yang aktif dan kreatif.

  • Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam video tersebut adalah kreativitas peserta didik hal ini terlihat dimana peserta didik mampu membuat sketsa kelas impian, dan membuat hiasan dinding, semangat peserta didik hal ini terlihat dimana peserta didik antusias dalam membenahi kelas mereka dan dalam hal sarana dan prasarana terlihat bahwa sudah ada kelas yang lain yang sudah memiliki ruangan yang nyaman sehingga bisa dijadikan sebgai inspirasi peserta didiknya, terlihat juga dalam video tersebut dengan memanfaatkan meja yang tidak terpakai yang kemudian dijadikan sebgai tempat buku, selanjutnya adalah tersedianya dinding yang masih kosong yang nantinya akan ditempelkan hiasan hasil kreativitas peserta didik

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun