Mohon tunggu...
Tika Kartika Rahman
Tika Kartika Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Usia 22 tahun , Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Sugar Souvenir

23 Juni 2024   23:54 Diperbarui: 24 Juni 2024   00:18 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Pemasaran

Periklanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasanya. Ini mungkin termasuk memasarkan, menjual dan mendistribusikan produk dan layanan kepada pelanggan atau organisasi lain. 

Saat melakukan promosi, perusahaan menargetkan orang-orang yang tepat untuk produk yang mereka jual. Seringkali para selebritis, selebriti atau orang terkenal lainnya ikut terlibat dalam mempromosikan suatu produk. 

Selain itu, bagian pemasaran akan menyiapkan brosur atau desain promosi yang menarik untuk agar dapat menarik perhatian lebih banyak orang. Pemasaran juga sangat bermanfaat karena memudahkan konsumen dalam mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Ketika berhasil mencapai tujuan pemasarannya, perusahaan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan keuntungan. 

Selain pemasaran, perusahaan juga harus mengoordinasikan berbagai fungsi, seperti mengembangkan keterampilan, agar perusahaan dapat sukses. Secara umum, pemasaran adalah suatu proses manajemen dimana individu dan kelompok memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan dan mempertukarkan barang dan jasa yang bernilai satu sama lain. 

Saat ini, peran marketing tidak hanya menyediakan produk atau layanan yang baik kepada konsumen, tetapi juga memastikan bahwa produk dan layanan tersebut membawa kebahagiaan bagi pelanggan. 

Bagi seorang pebisnis, pemasaran adalah kunci untuk mencapai keberhasilan yang konsisten.  Seorang pebisnis perlu memahami secara mendalam berbagai aspek yang berkaitan dengan pemasaran, karena kesuksesan bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Strategi pemasaran yang tepat akan menentukan keberhasilan produk dan layanan yang ditawarkan.

Manajemen pemasaran juga bertanggung jawab memasarkan produk perusahaan untuk mencapai profitabilitas jangka panjang dan menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan. Secara umum, pemasaran adalah proses mengarahkan individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka melalui penciptaan dan pertukaran barang, jasa, dan nilai bersama. 

Pemasaran modern tidak hanya sekedar menyampaikan produk atau layanan kepada pelanggan. mereka juga harus memastikan bahwa pelanggan tetap puas dengan barang atau jasa tersebut. Pebisnis perlu memahami pemasaran secara mendalam, karena kesuksesan bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan.

2. Jenis-Jenis Pemasaran 

1. Word of Mouth Marketing (WoMM)

Marketing dari mulut ke mulut juga disebut sebagai informasi produk yang dikomunikasikan langsung oleh pelanggan kepada pelanggan lain, metode ini melibatkan konsumen yang secara sukarela berbicara tentang produk tertentu kepada orang lain. Misalnya, seseorang yang sangat menyukai suatu produk sering membicarakannya kepada orang lain. Pelanggan ini tanpa sadar membantu perusahaan menyebarkan berita tentang produk dan menghasilkan iklan dari mulut ke mulut. 

2. Public Relation Marketing (PR Marketing)

Salah satu bentuk pemasaran yang paling penting adalah hubungan masyarakat. Banyak perusahaan bekerja sama dengan media untuk meningkatkan kesadaran dan menunjukkan manfaat yang dapat diperoleh konsumen dari produk mereka. Marketing Public Relations (MPR) merupakan bagian dari strategi dan strategi pemasaran perusahaan yang berperan sebagai perantara melalui penyebaran informasi, program dan gagasan yang dapat membujuk pelanggan dan masyarakat. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa bisnis dan barang-barangnya memenuhi kebutuhan, keinginan, kepentingan, dan minat pelanggan.Marketing Public Relations adalah cara untuk menemukan, membuat, dan mengkomunikasikan nilai serta menjaga hubungan dengan pelanggan yang menyenangkan sehingga perusahaan mendapatkan lebih banyak uang

3. Relationship Marketing

Cara yang efektif untuk memasarkan produk adalah dengan membina hubungan dengan pelanggan. Di sisi lain, ketika loyalitas pelanggan telah terbentuk, mereka akan dengan sukarela membeli produk baru yang diluncurkan oleh perusahaan. Strategi pemasaran yang dikenal sebagai pemasaran relasional bertujuan untuk membangun hubungan yang mendalam dan bermakna dengan pelanggan. 

Strategi ini juga membantu memastikan loyalitas dan kepuasan pelanggan jangka panjang. Bisnis bisa mendapatkan keuntungan dari pemasaran dari mulut ke mulut melalui informasi yang dibagikan oleh pelanggan mereka, yang dapat menghasilkan keuntungan dan pendapatan bagi bisnis. Dengan menggunakan pemasaran merek, perusahaan dapat membangun hubungan dan kepercayaan yang kuat dengan pelanggan, yang dapat menghasilkan bisnis jangka panjang.

4. Digital Marketing

Semua sumber daya digunakan untuk marketing digital dan aset yang tersedia secara online untuk mencapai target perusahaan. Pemasaran digital memaksimalkan potensi internet untuk menciptakan efektivitas dalam membangun merek dengan biaya rendah. Selain itu, target pasar dapat ditentukan dengan mudah berkat berbagai fitur yang disediakan oleh jasa iklan online. Pemasaran produk dengan menggunakan media atau teknologi digital adalah bagian dari strategi pemasaran digital. 

Dengan menggunakan media digital, diharapkan dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Pemasaran digital tidak jauh berbeda dari pemasaran konvensional dalam hal konten, namun memiliki keunggulan dalam memungkinkan kontak langsung dengan calon pelanggan. Ini tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga memperkenalkan produk dan keunggulannya dengan lebih efektif.

5. Branding

Istilah "branding" pasti sudah Anda kenal di era internet saat ini. Istilah ini mengacu pada upaya untuk menjadikan seseorang atau sebuah perusahaan dikenal oleh publik. Secara umum, tujuan branding adalah untuk membuat sebuah merek, kelompok, atau individu memiliki citra atau reputasi yang baik. Jenis dan metode branding bervarias, karena branding membantu bisnis meningkatkan kesadaran pasar dan memudahkan penjualan, hal ini sering digunakan dalam bisnis. Produk tersebut harus memiliki target audiens dan nama atau "merek" yang terkenal. Periklanan adalah suatu bentuk periklanan yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk dalam jangka panjang dan biasanya terdiri dari nama, frase dan logo. Branding adalah upaya untuk mempertahankan dan memperkuat merek atau merek sehingga dapat dilihat oleh orang lain.

6. Iklan Siaran

Siaran adalah bentuk periklanan tradisional yang sudah ada sejak awal abad kedua puluh, di mana iklan disiarkan melalui jaringan penyiaran selama jeda iklan. Iklan adalah media audio/visual dan berdurasi antara 15 hingga 30 detik atau lebih dan merinci produk atau layanan perusahaan kepada audiens target yang luas dan beragam. Sejak iklan siaran pertama ditayangkan di TV pada tahun 1941, media tersebut dengan cepat berkembang menjadi bagian dari terbaik dan terpopuler bagi perusahaan untuk membangun kesadaran merek dan menjangkau calon pelanggan.

7. Multi-Level Marketing

Pemasaran langsung dengan banyak orang melibatkan pemasaran multi-level (MLM) selain itu karena pemasar mendapatkan keuntungan dari lebih dari produk yang mereka jual, juga disebut sebagai pemasaran jaringan. tetapi juga dari penjualan dan pemasaran yang dilakukan oleh jaringan mereka. MLM mengacu pada strategi yang digunakan oleh beberapa perusahaan penjualan langsung untuk mempromosikan dan menjual produk serta layanan

3. Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan program untuk mencapai tujuan organisasi atau bisnis dengan membangun, membangun dan memelihara hubungan yang menguntungkan dengan khalayak sasaran. Tugas utama untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang, perusahaan harus memasarkan produknya, dan ini disebut manajemen pemasaran. memastikan kelangsungan hidup, dan mengembangkan perusahaan. Ini mencakup penetapan tujuan pemasaran produk, perencanaan dan pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan tersebut, serta mengukur kemajuan yang dicapai. Banyak bisnis sekarang harus memasarkan barang mereka di luar negara asalnya karena globalisasi. Perusahaan harus memahami manajemen pemasaran sepenuhnya karena ini berkaitan dengan mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen

4. Strategi Pemasaran

Untuk mencapai tujuan perusahaan, strategi pemasaran adalah rencana pemasaran yang menyeluruh, terpadu, dan terkoordinasi. Periklanan, promosi, penjualan, pengembangan produk, dan distribusi adalah semua contoh kegiatan ini. Strategi pemasaran adalah langkah-langkah yang diambil untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada publik. Ini adalah serangkaian tindakan bisnis yang dirancang untuk menarik pelanggan untuk membeli barang tersebut. Selain menarik pelanggan untuk membeli barang tersebut, strategi pemasaran juga memastikan bahwa pelanggan mengenal, memverifikasi, dan mengulangi pembelian barang tersebut. Strategi pemasaran yang komprehensif terdiri dari 7P: produk, price, proses, physical evidence, people, place, dan promosi.

5. Marketing Mix 

Marketing Mix merupakan kumpulan variabel pemasaran yang dikoordinasikan dan dikelola oleh suatu perusahaan untuk mencapai respon yang diinginkan terhadap suatu pasar sasaran. Bauran produk atau bauran produk mengacu pada serangkaian aktivitas atau strategi yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan di pasar. Model bisnis terdiri dari bauran produk. Bauran produk adalah strategi pemasaran yang menggunakan produk yang sama secara bersamaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Tujuan umum dari bauran pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan.. Ada juga keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan menerapkan marketing mix. Fungsi dari marketing mix adalah untuk mengirimkan barang ke pelanggan dari produsen melalui jalur distribusi fisik . Distribusi fisik ini melibatkan penyimpanan dan pengangkutan produk agar mudah diakses oleh konsumen dan tersedia tepat waktu. Marketing Mix membantu perusahaan dalam memilih bagian pemasaran yang tepat dan menggabungkannya menjadi bauran pemasaran yang efektif. 

. Selain itu, beberapa tujuan marketing mix adalah sebagai berikut:

1. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Pemasaran langsung adalah suatu bentuk pemasaran yang menggunakan satu atau lebih media periklanan untuk menghasilkan hasil atau tindakan di satu tempat. Ini adalah jenis komunikasi penawaran di mana perusahaan berbicara langsung dengan pelanggan yang telah dipilih sebelumnya dan menawarkan metode untuk tanggapan langsung. Direct marketing, juga disebut sebagai "Pemasaran langsung" adalah suatu bentuk pemasaran yang berkomunikasi secara efektif baik dengan pelanggan baru maupun calon pelanggan tanpa menggunakan perantara pihak ketiga seperti periklanan atau media.

2. Advertising (Periklanan)

Salah satu elemen terpenting dalam bauran pemasaran adalah periklanan. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk atau layanan untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran, yang disebut periklanan di Indonesia, adalah setiap pesan pemasaran barang, jasa, produk akhir, dan gagasan yang disampaikan melalui media dan sponsor dan ditujukan kepada banyak orang. Periklanan digunakan untuk mendorong khalayak sasaran melakukan sesuatu, seperti membeli produk, menggunakan layanan, atau meningkatkan kesadaran akan sesuatu. Bisnis dapat menggunakan iklan untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan reputasi merek, menarik pelanggan baru untuk bisnis, mendorong penjualan barang atau layanan baru, dan membuat produk mereka berbeda dari produk pesaing.

3. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Pemasaran mencakup proses atau strategi apa pun untuk meningkatkan kesadaran produk dan membujuk pelanggan untuk mengambil tindakan tertentu. Periklanan adalah proses menciptakan pesan persuasif yang mendukung tujuan pemasaran. Dengan kata lain: pemasaran adalah bagian dari pemasaran. Perusahaan mencoba menarik pelanggan baru dengan menciptakan target pasar dan menerapkan kampanye pemasaran yang efektif. Perusahaan sering kali menggunakan lebih dari satu jenis iklan untuk menjangkau lebih banyak orang. Saat ini ada berbagai jenis pemasaran yang dapat digunakan.

Selain itu, promosi produk dapat mengubah preferensi yang ditawarkan kepada pelanggan dalam jangka pendek, sehingga merangsang minat mereka terhadap produk baru. Namun kelemahan dari promosi produk adalah efeknya berumur pendek dan jarang mendapatkan loyalitas pelanggan baru karena hanya menggunakan promosi jangka pendek. . Selain itu, terdapat berbagai konsep bauran produk seperti 7P yaitu ( (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence ) yaitu sebagai berikut :

    - Place (Tempat)

Tempat dalam proses pemasaran adalah saluran distribusi, yang mencakup tempat-tempat dimana produk dapat diperjualbelikan. Jaringan distribusi ini mencakup keseluruhan produk, lokasinya, inventaris, penyimpanan, distribusi dan transportasi. Konsep ini menunjukkan betapa pentingnya lokasi bisnis. Bisnis dapat memperoleh lebih banyak keuntungan jika lokasinya lebih strategis. Memudahkan pelanggan atau klien untuk menemukan dan menghubungi bisnis dan lokasi yang dituju. Bagaimana cara menemukan tempat yang tepat? Cari dan temukan niche rendah, menengah, atau tinggi yang terkait dengan target pasar Anda.

     - Product (Produk)

Produk merupakan produk yang mempunyai nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai tujuan tertentu. Kualitas, variasi, desain, fitur, nama merek, kemasan, kuantitas, layanan, garansi dan hasil adalah semua aspek produk dalam bauran pemasaran. Anda harus memastikan bahwa produk Anda berkualitas tinggi. Konsumen harus merasa lebih dari hanya tertarik dengan barang atau jasa Anda. Hal ini dapat dengan mudah dicapai dengan memilih kelompok sasaran melalui beberapa penelitian terstruktur. Riset proses bauran produk, respons pasar, preferensi konsumen, dll. mungkin berisi informasi tentang. Informasi ini memungkinkan Anda membandingkan produk atau layanan Anda dengan pesaing dan menentukan kelebihan dan kekurangan produk Anda. 

   - Promotion (Promosi)

Marketing mix adalah strategi yang digunakan pemasar untuk meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap produk atau mereknya. Promosi penjualan; Termasuk periklanan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Strategi bauran pemasaran ini berfokus pada masalah pengembangan bisnis seperti strategi pemasaran dan media yang digunakan. Promosi secara umum, adalah aktivitas penyebaran informasi yang bertujuan untuk menarik pelanggan, mempengaruhi mereka, dan mengingatkan mereka bahwa barang yang Anda jual dan beli sudah siap untuk dibeli.

     -  Price (Harga)

Salah satu faktor terpenting dalam bauran produk adalah harga, yaitu harga yang dibayar konsumen atau pelanggan untuk membeli suatu produk. Harga dalam suatu bauran produk; mungkin termasuk diskon, katalog, penawaran khusus, syarat pembayaran dan kredit. Harga juga merupakan jumlah uang yang harus dibayar pengguna atau pelanggan untuk mendapatkan apa yang Anda tawarkan. Artinya masyarakat akan menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda berikan jika uang atau waktu yang mereka keluarkan sebanding dengan manfaat yang mereka inginkan dari produk atau jasa tersebut.

  - People

Setiap orang merupakan orang penting dalam bisnis karena mampu mengubah persepsi konsumen. Selain perilaku dan tindakan karyawan, gaya berpakaian dan berpenampilan juga mempengaruhi persepsi konsumen dan keberhasilan penjualan produk. Orang di sini mengacu pada semua orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam layanan.. Orang-orang yang dimaksud adalah karyawan dan pelanggan. Produksi, kemajuan, peningkatan, dan layanan, serta keberhasilan pemasaran produk suatu usaha, sangat dipengaruhi oleh karyawan dan konsumen.

  - Process ( Proses )

Seluruh prosedur dan prosedur yang digunakan untuk mengirimkan produk ke pelanggan telah diterapkan. Kecepatan, kenyamanan, kelengkapan dan daya tanggap terhadap pertanyaan pelanggan merupakan keunggulan dari proses ini. Trend sangat penting bagi pemasar untuk memprediksi dan memahami pasar yang sering berubah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kebutuhan pasar dan mampu mendeteksi perubahan. Tujuan dari metodologi ini adalah menemukan cara untuk menciptakan produk yang memenuhi harapan pelanggan dan fitur produk namun tetap fungsional.

- Physical Evidence

Segala bentuk elemen fisik, seperti perangkat atau peralatan yang membantu operasi bisnis, dianggap sebagai bukti fisik. Tempat bisnis, produk, logo, kemasan, dan isi produk yang dijual adalah contoh bukti fisik. Gedung atau lokasi bisnis adalah contoh bukti fisik. Pemilihan desain interior dan eksterior serta penataan ruang di dalam gedung usaha sangat penting bagi perusahaan. Tampilan atau desain tempat usaha yang menarik dapat mengesankan pengunjung dan membuat mereka memberi tahu orang lain tentang tempat itu

6. Analisis SWOT 

Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) merupakan salah satu alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis adalah jenis analisis manajemen yang membantu membuat rencana komprehensif untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Analisis ini mengkaji hasil situasi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. 

) sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Tahapan analisis data yang digunakan termasuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan menilai batas-batas dasar untuk pengembangan dalam menciptakan produk menggunakan analisis SWOT yaitu sebagai berikut :

a. Strengths (S): Situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan atau kelebiham dari suatu perusahaan atau organisasi saat ini yang berbeda dengan perusahaan lain.

b.  Weaknesses (W): Situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan atau kekurangan dari suatu perusahaan atau organisasi saat ini.

c. Opportunities (O): Situasi atau kondisi eksternal yang menawarkan atau menjadi peluang berkembang bagi perusahaan atau organisasi di masa depan.

d. Threats (T): Situasi eksternal yang merupakan sebuah ancaman bagi perusahaan atau organisasi dan dapat mengancam eksistensinya di masa depan.

7. Penjualan

Penjualan adalah suatu transaksi jual beli yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih, dengan menggunakan alat pembayaran yang diterima, dengan tujuan utama memperoleh keuntungan dari barang atau produk yang dijual. Dalam praktiknya, penjualan tidak dapat bertahan tanpa peran tenaga penjualan seperti rekanan penjualan, mitra, dan tenaga pemasaran Menjual berarti mencari pembeli, mempengaruhi mereka, dan memberitahu mereka bagaimana menyesuaikan kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan untuk mencapai kesepakatan harga yang menguntungkan kedua belah pihak. Penjualan adalah proses memenuhi kebutuhan moneter atau kredit pembeli dan penjual.Salah satu cara untuk mengetahui apakah bisnis berjalan dengan baik atau tidak adalah dengan melihat angka penjualan yang tinggi. Angka tinggi menunjukkan bahwa banyak pelanggan membutuhkan produk atau jasa yang dijual. Sebaliknya, jika penjualan rendah, mungkin ada yang salah dengan produknya atau perusahaan mungkin tidak mencari pasar yang bagus. Oleh karena itu, penjualan juga dapat menjadi alat evaluasi bisnis karena data ini memberikan informasi akurat mengenai produk atau jasa yang ada di pasar 

.  Jenis-jenis penjualan meliputi:

  • Trade Sellin= Ketika produsen dan pedagang besar memberikan kebebasan kepada pengecer untuk meningkatkan distribusi produk mereka, ini dikenal sebagai penjualan dagang. Fokus utama dari penjualan dagang adalah distributor yang memasarkan produk untuk mencapai tingkat penjualan terbaik.
  • Missionary Selling = Produsen mempunyai distributor sendiri yang melaluinya mereka dapat mendistribusikan produknya, dan konsumen didorong untuk membeli produk dari distributor perusahaan. Tujuan penjualan misionaris adalah untuk mendorong konsumen membeli produk dari tenaga penjualan perusahaan.
  • Technical Selling = Upaya meningkatkan penjualan dengan menghadirkan teknik dan ide penjualan kepada pelanggan. Pengusaha harus menemukan permasalahan yang dihadapi konsumen, menganalisisnya, dan kemudian menunjukkan bagaimana produk yang diusulkan dapat menyelesaikannya. Teknologi pemasaran berfokus pada penjualan produk yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah pelanggan.
  • New Business Selling = Perusahaan asuransi menggunakan strategi pemasaran baru untuk membuka bisnis baru dan mengubah pembeli potensial menjadi pembeli
  • Responsive Selling = Terdapat dua jenis utama penjualan responsif: perjalanan rute dan penjualan retail. Setiap penjual memenuhi permintaan dengan baik. Layanan yang baik dan hubungan pelanggan yang baik mendorong pelanggan untuk kembali membeli barang, meskipun mungkin tidak selalu menghasilkan keuntungan besar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun