Mohon tunggu...
Tiara Rahma Sari
Tiara Rahma Sari Mohon Tunggu... -

menyukai manga dan semua hal yang menarik

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pasar Musik Jepang (Physical Vs Digital = Idol-act Vs Non Idol act)

24 Juni 2013   13:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:30 302
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era digital sekarang ini pasar musik Jepang bisa dibilang "anomali" dalam pasar musik dunia.

Jepang merupakan pasar musik terbesar ke-2 di dunia ( physical+digital ) dan pasar musik no.1 di dunia ( Physical market ).

http://www.digitalmusicnews.com/research/worldrevenues2012-1.jpg

Apabila dicermati, physical market lebih di dominasi oleh idol-act :


  • Tahun 2012 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/01/akb48-tops-oricons-yearly-market-report-total-sales/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-album-ranking-for-2012/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-single-ranking-for-2012/


  • Tahun 2013 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/06/arashi-tops-total-sales-dvd-sales-categories-in-oricons-first-half-of-2013-ranking

http://tokyohive.com/article/2013/06/oricon-album-chart-for-the-first-half-of-2013

http://www.tokyohive.com/article/2013/06/oricon-single-ranking-for-the-first-half-of-2013

Bagaimana dengan digital market? Digital market lebih bervariasi dan tidak didominasi oleh idol-act. Seperti yang terlihat di salah satu situs musik digital terpopuler  RECOCHOKU,

http://aramatheydidnt.livejournal.com/4493738.html

Pada tahun 2012 komposisi pasar musik Jepang adalah 80% physical dan 20% digital, dengan Idol-act sebagai penopang utama physical market dan non idol-act sebagai penopang utama digital market.  Jadi pada dasarnya pasar musik Jepang merupakan pertarungan antara idol-act Vs non idol-act.

Akan tetapi baru-baru ini Recochoku meluncurkan program baru yakni Recochoku Best.

http://recochoku.jp/best/

Recochoku best merupakan layanan streaming berbayar (mirip Sportify). Dengan hanya membayar sekitar 980 yen~1000 yen (sekitar 10 USD)  pengguna layanan ini bisa streaming musik secara bebas selama 1 bulan dan selain itu bisa menyimpan playlist sebelumnya sehingga bisa diputar kembali walau tidak terkoneksi dengan internet.

Dengan munculnya Recochoku best ini diyakini bisa memberikan dampak yang besar terhadap pasar musik digital Jepang. Akan tetapi Recochoku Best ini dikhawatirkan akan memberikan dampak yang besar pada musik fisik,yakni penurunan yang tajam dari penjualan album/single terutama dari non idol-act (karena fans idol-act lebih loyal dari fans non idol-act). Akan tetapi sisi lainnya tingkat popularitas artis lebih mudah terlihat (dengan catatan artis tersebut ada di list Recochoku Best).

Menarik untuk dilihat,bagaimanakah respon dari Record Label (terutama yang mengandalkan idol-act) di Jepang dan Oricon. Akankah Oricon akan memasukkan musik digital kedalam list chart mereka? Dan bagaimanakah nasib idol-act dan non idol-act pendatang baru? Apakah ini akan mengakhiri era idol di Jepang? kita tunggu saja nanti.....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun