1) Masalah yang dipilih untuk diatasi
Minat belajar siswa Kelas II rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi: Menemukan Letak Rumah dan Matematika materi: Mengenal Pecahan Mata Uang (Tema 3) tugasku sehari- hari
2) Penyebab Masalah
Cara mengajar guru yang monoton tidak kreatif serta guru tidak menggunakan media, metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa
3) Solusi yang dipilih
Â
 Melaksanakan pembelajaran inovatif dengan menerapkan  Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan Pendekatan Saintifik, dan metode demonstrasi menggunakan media gambar  uang serta benda konkrit Uang
4) Deskripsi
Berdasarkan kajian literature pada alternatif solusi, solusi yang dipilih adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan  pendekatan Saintifik, dan metode demonstrasi dengan menggunakan media gambar uang  serta benda konkrit uang. Dipilih karena dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik sehingga  pembelajaran akan menjadi lebih menarik minat siswa dalam belajar dan memahami materi pelajaran denah dan nilai uang. Penggunaan media gambar dan benda konkrit uang  juga dapat membantu peserta didik lebih fokus dalam memahami materi pelajaran dan  dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Â
Riyanto (2009), berpendapat bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk aktif dan mandiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah.
Â
Hosnan (2014), menyatakan bahwa pendekatan saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan/merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan.
Â
Muhibbin Syah (2010:205), mengatakan bahwa Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Menurut Ibrahim dan Nana Syaodih (2003: 119), menyatakan bahwa "media benda konkret adalah objek yang sesungguhnya yang akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajari berbagai hal, terutama yang menyangkut pengembangan keterampilan tertentu" Pengertian media benda konkret juga dapat diartikan alat peraga seperti yang dikemukakan oleh Subari (1994:95), bahwa "alat peraga adalah alat yang digunakan oleh pengajar untuk mewujudkan atau mendemonstrasikan bahan pengajaran guna memberikan pengertian atau gambaran yang sangat jelas tentang pelajaran yang diberikan
Â
Sintak atau langkah- langkah pembelajaran berbasis masalah/PBL adalah: Â
1. orientasi siswa pada masalah, Â
2. mengorganisasi siswa untuk belajar, Â
3. membimbing penyelidikan individual maupun kelompok,Â
4. Â mengembangkan dan menyajikan hasil, Â
5. menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Â Johnson (2007) Â
Â
Langkah-langkah Pembelajaran Saintifik: Â
1. Mengamati (Observing) Â
2. Menanya (Questioning) Â
3. Mengumpulkan Informasi atau Mencoba (Experimenting) Â
4. Mengolah atau Menganalisis Data (Associating) Â
5. Mengomunikasikan (Communicating) Hosnan (2014)
5) Kelebihan
Kelebihan model/ metode/ pendekatan  pembelajaran yang dipilih adalah:
a. Â Menurut Rerung (2017) Kelebihan Model PBL, yaitu:
a) Mendorong ong untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah
b) Melalui aktivitas belajar siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri
c) Pembelajaran berfokus pada masalah sehingga materi yang tidak ada hubungannya tidak perlu  saat itu dipelajari oleh siswa.
d) Sumber pengetahuan baik dari perpustakaan, internet, wawancara dan observasi.Â
b. menurut Yunus Abidin (2014), kelebihan pendekatan saintifik yaitu:Â
 a) Memandu siswa untuk memecahkan masalah melalui kegiatan perencanaan yang matang, pengumpulan data, analisis data untuk menghasilkan kesimpulan.
b) Menuntun siswa berpikir kritis, sistematis, kreatif, melakukan aktivitas penelitian dan membangun konseptualisasi pengetahuan.Â
c) Membina kepekaan siswa terhadap problematika yang terjadi di lingkungan.Â
d) Membina kemampuan siswa dalam berargumentasi dan komunikasi.Â
e) Mengembangkan karakter siswa. Â
c. Menurut Fathurrahman(2008) kelebihan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran meliputi:
a) Perhatian anak didik dapat dipusatkan, dan titik berat yang dianggap penting oleh guru dapat diamati;Â
b) Perhatian anak didik akan lebih terpusat pada apa yang didemonstrasikan, jadi proses anak didik akan lebih terarah dan akan mengurangi perhatian anak didik kepada masalah lain;Â
c) Dapat merangsang murid untuk lebih aktif dalam mengikuti proses belajar;Â
d) Dapat menambah pengalaman anak didik;Â
e) Bisa membantu murid ingat lebih lama tentang materi yang disampaikan;Â
f) Dapat mengurangi kesalahpahaman karena pengajaran lebih jelas dan kongkrit.Â
g) Dapat menjawab semua masalah yang timbul dalam pikiran tiap manusia.
d. Â Beberapa kelebihan media gambar (Yustina 2011 : 17) yakni :Â
a) Sifat konkret, gambar lebih realistis menunjukkan pokok masalah di bandingkan dengan perbal semata,
b) Gambar mampu mengatasi batasan lokasi & ketika, tak seluruh benda, objek atau peristiwa sanggup dibawa ke kelas, & tak selalu sanggup anak-anak dibawa ke objek atau peristiwa tersebut,Â
c) Media gambar mampu mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Contohnya, sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang akan disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar,Â
d) Gambar bisa memperjelas sebuah masalah, dalam sektor apa saja & untuk tingkat umur berapa saja, maka bakal mencegah atau membetulkan kesalahpahaman.
e) Gambar harganya murah & enteng didapat pula dimanfaatkan tidak dengan memerlukan peralatan khusus.
e.  Menurut Ibrahim dan Syaodih (2008: 118) bahwa terdapat kelebihan  benda konkret yaitu:Â
a) Memberikan kesempatan semaksimal mungkin kepada anak untuk mempelajari dan melaksanakan tugas-tugas dalam situasi nyata.
b) Memberi kesempatan kepada anak untuk mengalami sendiri situasi yang sesungguhnya dan melatih keterampilan menggunakan alat indera nya sebanyak mungkin.
6) Kekurangan
Kekurangan metode/ model/ pendekatan/ media pembelajaran yang dipilih adalah:
a. Menurut Rerung (2017), Kekurangan model PBL, yaitu:
a) Jika siswa tidak memiliki minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencobanya
b) Dalam satu kelas memiliki tingkat keragaman siswa yang tinggi sehingga akan kesulitan dalam pembagian tugas.
c) membutuhkan banyak waktu dan dana;Â
d) model PBL biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit
e) membutuhkan kemampuan guru yang mampu mendorong kerja siswa dalam kelompok secara efektif
b. Menurut Hosnan (2014) kelemahan pendekatan saintifik yaitu:Â
a) Dapat menghambat laju pembelajaran yang menyita waktu.Â
b) Kegagalan dan kesalahan dalam melakukan eksperimen akan berakibat pada kesalahan penyimpulan.Â
c) Apabila terdapat siswa yang kurang berminat terhadap materi yang dipelajari, dapat menyebabkan pmbelajaran tidak efektif
c. Â Menurut (Fathurrahman, 2008:3) kekurangan metode demonstrasi adalah sebagai berikut:
a) Memerlukan waktu yang cukup lama;Â
b) Apabila terjadi kekurangan media, metode demonstrasi menjadi kurang efisien;Â
c) Memerlukan biaya yang cukup mahal, terutama untuk membeli bahan-bahannya;Â
d) Memerlukan tenaga yang tidak sedikitÂ
e) Apabila murid tidak aktif maka metode demonstrasi menjadi tidak efektif
d. Menurut Sardiman (2003) Kekurangan media gambar yaitu:Â
a) semata-mata hanya medium visual
b) ukuran gambar sering kali kurang tepat untuk pengajaran dalam kolompok besar
c) Memerlukan ketersediaan sumber ketrampilan dan kejelian guru untuk dapat memanfaatkannya
e. Menurut Ibrahim dan Syaodih (2008: 118) bahwa terdapat kelemahan dan kekurang benda konkret yaitu:Â
a) Biaya yang diperlukan terkadang tidak sedikit apalagi ditambah dengan kemungkinan kerusakan dalam penggunaannya.
b) Tidak selalu dapat memberikan gambaran dari benda yang sebenarnya sehingga pembelajaran perlu didukung dengan media lain.
7. MitigasiÂ
Untuk mengatasi kelemahan dari solusi yang dipilih adalah:
Model PBL:
a. Menumbuhkan minat dan membuat siswa lebih percaya diri  bahwa masalah yang dipelajari akan lebih mudah untuk  dipecahkan, sehingga siswa akan termotivasi untuk belajar
b. ketika dalam  kelas memiliki tingkat keragaman siswa yang tinggi maka guru harus lebih jelas dalam memberikan penjelasan kepada siswa tentang tugas yang akan dikerjakan siswa.
c. Guru harus dapat tepat dalam mengatur waktu dalam diskusi kelompok ketika kegiatan pembelajaranÂ
d. Guru harus memiliki kemampuan untuk mendorong kerja siswa dalam kelompok secara efektif.
Pendekatan Saintific:Â
a) guru perlu mengatur waktu dengan tepat
b) guru membimbing siswa melakukan eksperimen serta membimbing siswa menyimpulkan.
c) menggunkan media pembelajaran yng dapat menarik minat belajar siswa
Â
Metode Demostrasi
a) Guru perlu mengatur waktu dengan tepat
b) Memaksimalkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran
c) Mengatasi biaya yang cukup mahal, dengan cara membuat sendiri media pembelajaran dengan barang bekasÂ
Benda Konkrit:Â
a) Dapat diatasi dengan cara membuat sendiri
b) Media pembelaajaran dengan menggunakan alat dan bahan yang ada pada lingkungan sekitar.
c) Guru perlu memilih dan menyesuaikan benda konkret yang akan dipakai harus sesuai dengan yang aslinya.
a) Guru membuat gambar  dengan ukuran gambar yang agak besar
b) Guru perlu menggunakan media gambar yang menarik
Terimakasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H