"Hal yang membuat saya bangga dengan karya ini, saya dapat belajar membuat perencanaan bisnis dan menyelesaikan masalah optimasi jika saya memulai sebuah usaha."
"Selain itu, saya juga bersyukur dapat menuntaskan sumatif ini, saya yakin bahwa pembelajaran ini sangat berharga di masa yang akan datang."
Dengan penuh semangat, anak saya menyampaikan hasil refleksi pembelajarannya, tepat pada saat kegiatan SLED berlangsung (17/3/2023) di sekolahnya.
Sudah pernah mendengar SLED? SLED adalah singkatan dari "Students' Learning Exhibition Day".
SLED merupakan sebuah momen perayaan pembelajaran anak, ruang dialog orang tua dan anak, serta apresiatif bagi anak dari orang tuanya atas proses pembelajaran yang sudah dilalui.
Selain itu, SLED juga berupaya mendorong anak merasa memiliki atas pengalaman belajarnya, melatih berpikir metakognitif, serta mempromosikan kemandiriannya.
Melalui SLED tersebut, peserta didik akan menyajikan dan menerangkan proses belajarnya akan suatu topik tertentu yang memiliki kesan tersendiri selama mengikuti pembelajaran.
Nah, pada acara SLED tersebut, anak saya yang sudah duduk di kelas 11 IPA itu, memilih salah satu dari topik pelajaran Matematika, yakni "Program Linier Dua Variabel" untuk dipaparkan.
Sebagai orang tua, tentu saya senang dengan pemaparan tersebut. Saya bisa mengetahui tentang proses pembelajaran yang dilakukan anak saya di kelas, walau saya tidak pernah hadir di kelas tersebut.
Saya juga mengetahui bahwa apa yang telah dipelajari, bukan semata menuntaskan materi atau menghafalnya. Dari pemaparannya, terlihat jelas atas ketertarikannya pada topik tersebut, untuk apa topik itu dipelajari, serta manfaatnya untuk masa depannya.