Sejak perang Ukraina-Rusia beberapa waktu lalu menyebabkan kenaikan harga bensin, listrik, gas dan bahan makanan di  Jerman dan Eropa.Â
Berapa kenaikan harga bensin di Jerman dan perpedaan harga dari pom bensin  dan jam yang berbeda
Sejak perang Ukraina harga diesel di Jerman naik 22,1 persen. Sebelum perang rata-rata dari 1,67 Euro perliter menjadi 2,05 Euro. Sedangkan harga rata-rata bensin naik 17,7 persen. Sebelum perang 1,65 Euro menjadi 2,08 Euro.
Saya katakan harga rata-rata, karena harga bensin dan diesel di Jerman berbeda dan berubah-ubah. Harga bensin dan diesel berubah berkali-kali dalam satu hari. Dalam satu hari bisa 4 kali ada perubahan harga. Misalnya harga bensin termahal adalah jam 23.00 sampai jam 08.00. Â Misalnya bensin super dari jam 23.00 sampai jam 08.00 2,20 Euro.
Hal ini terjadi karena mulai jam 23.00 berlaku jam malam dimana hanya pom bensin tertentu yang masih buka sampai jam 24.00. Â Mulai jam 23.00 menutup pintu toko pom bensin. Pom bensin hanya membuka laci pembayaran untuk melindungi kasir dari kejahatan.
Di Jerman pembeli mengisi bensin sendiri dan pembeli menuju kassa untuk membayar pembelian. Hanya dipasang kamera untuk melihat pembeli membayar atau tidak.
Jam 08.00 sampai jam 16.00 harga turun kadang sampai 10 cent perliter. Jam-jam ini turun karena orang-orang sedang di tempat kerja. Mulai jam 16.00 sampai jam 19.00 biasanya harga bensin naik lagi sekitar 2 sampai 5 cent. Jam-jam ini naik lagi karena jam pulang kerja. Mulai jam 19.00 sampai jam 23.00 adalah harga yang paling rendah, dianjurkan kalau mengisi bensin pada jam ini.
Selain itu harga bensin dari satu pom  bensin berbeda. Misalnya pom bensin Shell lebih mahal dari pom bensin Jet, dan sebagainya.  Di Jerman ada beberapa nama pom bensin antara lain, Shell, Jet, Agip, Aral, Esso, Bft dan lain- lain.
Kebijakan pemerintah Jerman untuk meringankan beban masyarakat.
1. Tankrabatt atau semacam subsidi.
Pemerintah Jerman memberikan keringanan harga bensin dan  diesel dari tanggal 1 juni sampai tanggal 31 Agustus 2022. Keringanan yang diberikan pemerintah sebanyak 29,55 cent untuk harga bensin dan 14,04 untuk harga diesel.  Selain itu keringanan  pada pajak pertambahan nilai atau Mehrwertsteuerentlastung. Jadi keringanan seluruhnya menjadi 35,2 cent untuk harga bensin  dan 16,7 untuk  harga diesel.
2. 9 Euro tiket.
Pemerintah Jerman menerapkan harga tiket bulanan untuk kendaraan umum seharga 9 Euro untuk bulan Juni, Juli dan Agustus. Tiket 9 Euro ini selain berlaku untuk satu bulan berlaku untuk bus, semua jenis kereta kecuali ICE atau kereta cepat, Flix-buss dan Flix-Zug.
Kebijakan ini sangat menyenangkan, karena amat-amat murah dan praktis. Dengan memiliki 9 Euro tiket ini kita bisa melakukan perjalanan di seluruh negeri Jerman. Sangat praktis karena berlaku untuk kereta dan bus baik itu dalam kota maupun luar kota, baik itu kereta bawah tanah atau U-Bahn maupun trem atau Strassenbahn. Kecuali itu praktis, karena tidak harus lagi berpikir di mana saya berada, karena 9 Euro tiket berlaku sama di seluruh negara bagian Jerman. Â
Kenyataannya, menurut ADAC, dengan 9 Euro tiket banyak orang tidak lagi mengendarai mobil ke tempat kerja, tetapi dengan kendaraan umum. Kemacetan menjadi sangat berkurang dan sangat baik untuk lingkungan karena jauh lebih sedikit polusi udara karena asap mobil dan polusi suara sangat berkurang.Â
Selain itu menggerakkan perekonomian masyarakat karena pada akhir pekan banyak orang- orang dan keluarga bertamasya dan berjalan-jalan ke kota-kota dan daerah lain. Di sana  pasti menikmati makanan dan minuman, sehingga restoran-restoran dan toko-toko lebih banyak pengunjung.
Maaf untuk para pembaca kompasiana yang budiman, bahwa saya baru sempat menulis artikel ini. Alangkah lebih baiknya bila saya menulis tentang 9 Euro ini pada awal Juni atau sebelumnya, siapa tahu pembaca kompasiana merencanakan jalan-jalan ke Jerman, sehingga  pembaca kompasiana turut menikmati fasilitas 9 Euro tiket.
3. Membangun jalur sepeda di hampir semua kota dan daerah.
Pembangunan jalur sepeda ini sangat masif di seluruh kota-kota dan daerah. Misalnya jalan-jalan di dalam Frankfurt dahulu 2 jalur, saat ini dibagi dua. Satu jalur untuk jalur mobil dan satu jalur untuk jalur sepeda. Pembangunan jalur sepeda ini sangat nyaman untuk pengendara sepeda tetapi sangat tidak nyaman untuk pengendara mobil.
Saat ini pada jam-jam tertentu sangat tidak nyaman ke Frankfurt dan kota-kota besar karena lebih macet dari waktu sebelumnya. Seakan-akan dipaksa untuk naik sepeda atau menggunakan kendaraan umum.
Alternatif lain untuk menanggapi kenaikan harga bahan bakar.
1. Menggunakan kendaraan umum
Kebijakan pemerintah 9 Euro tiket, sangat atraktif untuk menaruh mobil di garasi dan jauh kebih hemat dengan mengendarai kendaraan umum.
Untuk saya pribadi penghematan setiap bulan paling tidak 100 Euro. Biasanya untuk pergi ke tempat kerja saya menggunakan kereta. Harga tiket bulanan ke tempat kerja yang hanya 15 kilometer itu seharga 97 Euro. Â
Penghematan ini sangat menolong untuk menutupi kenaikan harga gas yang sampai  saat ini telah mengalami kenaikan 105 persen. Sebelum perang Ukraina 6,47 cent per kWh saat ini 13,26  cent per kWh. Bisa juga, disimpan untuk membeli tiket pulang kampung yang naik begitu tajam. Dulu tiket pulang ke tanah air hanya sekitar 800  Euro, saat ini sekitar 1.200 Euro.
Sayang, 9 Euro tiket hanya berlaku sampai 31 Agustus dan tidak diperpanjang lagi. Dengan berat hati saya tetap menggunakan kereta, karena  bagaimanapun juga naik kereta lebih santai, di  kereta  bisa membaca kompasiana atau sejenak memejamkan mata.
2. Mengendarai sepeda, sepeda elektro  atau E- bike pasti nyaman
Dengan dibangunnya jalur sepeda di mana- mana naik sepeda menjadi nyaman dan lebih aman. Saya berusaha untuk tidak mengendarai mobil bila harus menyelesaikan sesuatu di dalam kota. Dengan bersepeda selain sekalian berolahraga juga lebih hemat.Â
Terus terang naik sepeda terkadang sangat melelahkan apabila jalan menanjak. Untuk itu E- bike merupakan alternativ yang nyaman. Dengan E-bike juga ikut mengurangi polusi udara, meskipun di sisi lain harga strompun juga naik.
Harga e-bike baru mulai 800 Euro ke atas. Tidak murah, tetapi menguntungkan bila tempat kerja tidak terlalu jauh dan didukung  jalur sepeda yang aman.Â
Beberapa waktu lalu, sepeda mirip becak mendapat subsidi dari pemerintah. Sayang saat ini tidak ada lagi. Inilah sedikit gambaran, situasi kenaikan harga bahan bakar terutama bensin dan diesel di Jerman.
Dietzenbach, 5 September 2022
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H