Mohon tunggu...
Teshani Picaulima
Teshani Picaulima Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

never a mistake, always a lesson

Selanjutnya

Tutup

Money

Rencana Pengembangan Usaha "Sora"

29 Mei 2019   22:11 Diperbarui: 29 Mei 2019   22:23 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

"Sora is a solution for urban people longing for a break from the hustle and bustle. Providing survival kits for your various urban situations, we're here to complete your daily essentials with products that you don't normally think about. The products include Commuter Kit for people who go through the hassle of day to day public transport, Apartment Kit for people who longs for more comfort in their homes, and The Deep Sleep Kit for people who craves a pleasant rest."

Berikut ini adalah Rencana Pengembangan Usaha yang akan 'Sora' lakukan setelah melakukan produksi dan penjualan:

1. Pengembangan atau penambahan varian produk

Salah satu upaya yang kami lakukan agar dapat mempertahankan pelanggan lama serta menarik pelanggan baru adalah dengan melakukan pengembangan atau penambahan produk baru dalam bisnis kami. Dengan melakukan pengembangan atau penambahan produk baru, kami juga dapat mempertahankan keunggulan kompetitif di antara para pesaing yang ada. Sebagai bisnis yang bergerak dibidang lifestyle, perkembangan merupakan hal yang terjadi dengan sangat cepat. Para pesaing kerap muncul dengan ide-ide baru yang inovatif dan menarik bagi para pelanggan. Oleh karena itu pengembangan atau penambahan produk baru dalam bisnis kami merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Rencana pengembangan usaha yang akan dilakukan oleh SORA adalah dengan menambah varian produk baru dalam survival kit kami. Kami melihat adanya peluang untuk mengembangkan suatu survival kit yang dibutuhkan oleh masyarakat urban ketika berpergian keluar kota atau keluar negeri. Selain itu kami sebagai mahasiswa juga melihat peluang untuk membuat suatu survival kit baru yang dapat memberikan kenyaman dan mempermudah para mahasiswa ketika mereka menghadapi ujian-ujian. Melihat banyaknya peluang untuk mengembangkan varian produk tersebut, kami tertarik untuk membuat dua survival kit terbaru yaitu travel kit dan exam 101 kit. 

Travel kit merupakan survival kit yang ditujukan kepada masyarakat urban sebagai kumpulan produk yang dapat membantu memberikan kenyamanan selama mereka bepergian, baik itu keluar kota maupun keluar negeri. Dalam survival kit tersebut, kami menawarkan beberapa produk seperti anti wrinkle spray, aromatherapy inhaler, ear plug, dan sleep eye mask. Anti wrinkle spray dapat digunakan bagi para traveller untuk merapikan baju mereka yang berkerut. Aromatherapy inhaler dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman bagi mereka di sepanjang perjalanan. Ear plug dan sleep eye mask dapat digunakan untuk membantu mereka menghindari hiruk pikuk yang ada di sekitar mereka dan mempermudah mereka untuk tidur di perjalanan.

Exam 101 kit merupakan survival kit yang ditujukan kepada masyarakat urban terutama mahasiswa dan pelajar sebagai kumpulan produk yang dapat membantu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mereka ketika menghadapi ujian-ujian. Dalam exam 101 survival kit tersebut, kami menawarkan beberapa produk seperti aromatherapy inhaler, dua aromatherapy candle dan pocket agenda. Aromatherapy inhaler dan aromatherapy candle dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman melalui aromanya yang memudahkan mereka untuk menghadapi berbagai ujian-ujian. Lalu pocket agenda yang dapat digunakan untuk membantu mereka mengorganisir jadwal kegiatan-kegiatan mereka sehari-harinya.

2. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Pada bagian ini, pengembangan segmen pelanggan menyesuaikan dengan penambahan variasi produk yang telah direncanakan. Dengan menggunakan jenis segmentasi konsumen yaitu segmented, maka kami membedakan segmen pasar yang ada sesuai kebutuhan pelanggan dan masalahnya masing-masing. Adanya rencana untuk menambah varian produk baru yaitu travel kit dan exam 101 kit, maka terdapat penambahan segmentasi pasar sesuai dengan varian produk baru yang kami tawarkan, yaitu:

  1. Travel kit: Kumpulan produk ini ditujukan untuk para konsumen yang sedang atau sering bepergian, baik itu keluar kota maupun keluar negeri.

  2. Exam 101 kit: Kumpulan produk yang ditujukan untuk para mahasiswa dan pelajar yang sedang menghadapi ujian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun