LATAR BELAKANG
Persaingan global menuntut seseorang harus menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja. Salah satu upaya untuk mendapatkan SDM berkualitas adalah melalui pendidikan. Pendidikan tidak hanya sekedar transfer knowledge , tetapi juga mempersiapkan peserta didik untuk merencanakan pilihan karir setelah lulus SMA. Faktanya, banyak peserta didik yang mengalami kebingungan dalam merencanakan karir.
Materi ini akan mengulas tentang pekerjaan dan bekerja, sesungguhnya bekerja mempunyai makna banyak, luas dan dalam di dalam tiap peri-kehidupan. Bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mencapai tugas-tugas perkembangan sebagaimana tercantum dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik dan Kompetensi Dasar (SKKPD) yaitu Wawasan dan Kesiapan karier.
Berdasarkan penyebaran AKPD kelas XII MIPA 1 di SMAN 1 Kerek pada bulan Juli 2022, ditemukan Sebanyak 98% atau 32 Peserta didik setelah lulus SMA ingin bekerja untuk membantu ekonomi orang tua. Materi ini akan mengupas bagaimana merencanakan bekerja dan contoh pilihan pekerjaan dengan menggunakan. Sehingga Peserta didik memperoleh pengetahuan tentang persiapan memasuki dunia kerja, bagaimana mengubah surat lamaran pekerjaan yang dan bagaimana membuat CV yang menarik dengan baik dan benar.
PENTING UNTUK DIBAGIKAN
Praktik ini penting untuk dibagikan kepada peserta didik karena sebagian besar peeserta didik SMAN 1 Kerek berencana untuk bekerja setelah lulus sekolah. Dengan melakukan layanan bimbingan klasikal ini diharapkan peserta didik dapat merasionalkan persiapan sebelum memasuki dunia kerja.
PERAN DAN TANGGUNG JAWAB
Dalam mengatasi permasalahan, guru BK merupakan salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mencapai tugas-tugas perkembangan sebagaimana tercantum dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik dan Kompetensi Dasar (SKKPD) yaitu Wawasan dan Kesiapan karier. Dalam praktik ini kami berperan aktif sebagai guru BK yang memberikan layanan bimbingan klasikal metode Project Based Learning (PjBL) kepada peserta didik berdasarkan AKPD (Angket Kebutuhan Peserta DIdik) yang telah dianalisis sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
TANTANGAN DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN
Selama proses pelaksanaan praktik baik yang menjadi tantangan kami adalah pada proses perencanaan, kami harus mempersiapkan media layanan yang tepat dan menarik untuk permasalahan peserta didik yang digunakan selama proses kegiatan layanan bimbingan klasikal.
Pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan menggunakan media Canva yang cukup membutuhkan waktu serta kreativitas guru. Selain media Canva, kami juga menggunakan media Prezi dimana keduanya membutuhkan waktu dan skill untuk mendesain semenarik mungkin. Selain proses yang menjadi tantangan kami ada hal lain yang juga menjadi tantangan untuk melakukan proses kegiatan tersebut yaitu guru BK harus bisa menjelaskan dengan menarik dan menyenangkan agar peserta didik bisa membuat project dengan senang dan sukarela.
LANGKAH PELAKSANAAN AKSI
Sebagai guru BK langkah-langkah/strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan dalam menghadapi permasalahan tersebut anatara lain :
- Pada proses perencanaan layanan yang cukup singkat, guru BK berusaha untuk melakukan manajemen waktu yang baik agar perencanaan layanan mulai dari pembuatan RPL, pembuatan media, pembuatan LKPD dan evaluasi layanan berhasil dilaksanakan.
- Dalam penggunaan media, Canva dan Prezi yang akan digunakan merupakan hal yang baru bagi guru BK, maka memerlukan waktu untuk mengaplikasikan saat pemberian layanan bimbingan klasikal
- Beberapa siswa terlihat kurang aktif saat pemberian layanan, sehingga perlu diberikan ice breaking ataupun pertanyaan pemantik
- Saat pelaksanaan layanan yang cukup singkat maka persiapan yang dilakukan memerlukan persiapan secara maksimal, diantaranya dengan menyiapkan LCD, tripod, kabel serta sejumlah modul yang akan dibagikan saat layanan di kelas.
Adapun strategi yang digunakan pada layanan bimbingan klasikal ini yaitu dengan menggunakan metode Project based learning dengan media yang digunakan yaitu Canva dan Prezi. Dan dalam prosesnya berjalan seperti berikut:
- Peserta didik diberi LKPD untuk mengisi pekerjaan yang diinginkan setelah lulus SMA
- Kemudian diberikan presentasi dari Prezi berjudul “Lulusan SMA Bekerja? Bisa!”
- Peserta didik membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan lowongan pekerjaan yang ditampilkan
- Peserta didik merencanakan project untuk membuat CV (Curriculum Vitae) tentang dirinya dalam bentuk pdf, menggunakan aplikasi berbasis gambar yang mudah digunakan peserta didik (misalnya; Canva, Pixellab, Infinity, dll)
DAMPAK DARI AKSI
Dari langkah-langkah yang dilakukan guru Bk dalam layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode project based learning dapat diperoleh hasil bahwa :
- Peserta didik terlihat lebih semangat dan antusias pada proses layanan bimbingan klasikal
- Kemampuan peserta didik dalam merasionalkan hal-hal yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja meningkat.
- Keaktifan peserta didik saat merencanakan pembuatan project CV (Curriculum Vitae) sangat penting.
YANG MENJADI FAKTOR KEBERHASILAN
Faktor keberhasilan dari kegiatan layanan bimbingan klasikal dengan penerapan metode Project based learning ini adalah dengan menggunakan media Canva dan Prezi sehingga membuat bimbingan lebih menarik minat peserta didik mengikuti layanan dengan antusias.
PEMBELAJARAN DARI KESELURUHAN PROSES TERSEBUT
- Guru BK dapat mengevaluasi metode yang digunakan dalam pemberian layanan, sehingga dapat mengevaluasi metode yang digunakan agar selanjutnya pemberian layanan dapat lebih maksimal dengan masalah yang sama.
- Guru BK dapat melaksanakan layanan bimbingan klasikal lebih tertib dan terstruktur sesuai dengan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan)
- Peserta didik lebih antusias dengan pemberian media yang lebih menarik dan inovatif serta ice breaking yang menyenangkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H