Bagaimana mendengar dan mendengarkan adalah sesuatu yang berbeda?
Dalam kamus besar bahasa Indonesia mendengar adalah sebuah proses menangkap bunyi oleh pancaindera (telinga) dimana manusia menjalankan fungsi dari indera pendengarannya, berbeda dengan mendengarkan dimana manusia memfokuskan diri untuk sungguh-sungguh menymak konteks pembicaraan dari lawan bicara. Dapat dikatakan mendengar dan mendengarkan adalah dua hal yang berbeda, ini berkaitan tentang sejauh mana komunikan mengolah pesan dari komunikator.
Pada artikel ini kita akan membahas tentang seni mendengarkan dimana ini adalah sebuah keterampilan yang wajib manusia miliki untuk tetap bisa bersosialisasi dan membangun relasi yang positif. Mendengarkan bukan sebuah skill yang diturunkan oleh orang tua kita atau sebuah mukjizat yang datang begitu saja, manusia bisa mempelajari bagaimana untuk menjadi seorang pendengar yang baik terutama dalam konteks hubungan antarpribadi. Berikut caranya :
Menerima pesan dari komunikator
Syarat pertama sebelum masuk pada tahap berikutnya adalah proses penerimaan pesan, perlu digaris bawahi bahwa mendengar dan mendengarkan adalah dua hal yang secara konsep memiliki perbedaan proses penerimaan pesan juga harus sangat berhati-hati, jangan sampai kita memberikan premature judgement terlebih dahulu atau feedback yang sangat spontan.
Memahami pesan yang disampaikan oleh lawan bicara kita
Seorang pendengar disini dituntut untuk dapat menafsirkan pesan yang disampaikan oleh komunikator, pendengar bisa menghubungkan apa yang disampaikan dengan pengalaman masa lalu atau bagaimana prinsip kita menerima atau menolak pesan yang disampaikan. Pada tahapan kedua ini pendengar memusatkan perhatiannya untuk benar-benar fokus mendengarkan pesan yang disampaikan agar tidak terjadi mispersepsi atau miskomunikasi. Misalnya A bercerita kepada si B tentang hubungan romansanya yang toxic, pendengar harus memusatkan perhatiannya dan tidak langsung memberikan feedback yang frontal agar dapat mendengarkan secara efektif. Disini perlu pendengar harus bisa benar-benar meresapi apa yang disampaikan oleh lawan bicara.
Mengingat baik-baik apa yang sudah disampaikan
Pada tahapan kedua ini pendengar dituntut untuk dapat menyimpan baik-baik pesan yang disampaikan didalam memori. Untuk mencerna pesan saja tidak cukup dalam proses mendengarkan ini, kita perlu mengingat baik-baik apa yang disampaikan oleh komunikator agar ketika kita memberikan feedback kita paham betul apa yang dia sampaikan tadi, jangan sampai ada pengulangan seperti “eh tadi kamu ngomong apa ya?” bisa jadi kita dinilai tidak memberikan respect kita terhadap apa yang disampaikan oleh lawan bicara kita. proses mengingat ini sangat diperlukan agar ketika memberikan respon nantinya lawan bicara benar-benar merasa dihargai.
Berpikir kritis saat memproses pesan yang disampaikan
Sebagai pendengar, kognitif kita harus secara aktif berpikir kritis saat memproses dan mempertimbangkan pesan yang sudah didapat. Meskipun dalam konteks hubungan antar pribadi kita memerlukan empati untuk memberikan rasa nyaman kepada komunikator namun sebagai pendengar kita harus benar-benar mengolah pesan dengan sangat hati-hati, kita perlu berpikir secara logis tanpa mengesampingkan empati kita terhadap lawan bicara.
Memberikan umpan balik yang efektif
Ini adalah rangkaian terakhir dari proses mendengarkan dimana pendengar harus memberikan feedback dari apa yang sudah disampaian. Dengarkan baik-baik semua yang disampaikan baru bisa memberikan umpan balik, jangan sampai kita terlalu sering memotong pembicaraan yang menyebabkan pesan tidak tersampaikan secara efektif. Pendengar setelah mengolah pesan dengan kritis dapat memberikan umpan balik yang dapat membantu dan membangun. Jangan sampai umpan balik yang disampaikan terkesan menjatuhkan. Kita bisa memberikan feedback menurut pengalaman pribadi atau opini kita misalkan diawali dengan “menurutku, atau dari pengalamanku sebelumnya biasanya..” dan lain sebagainya.
Diatas adalah kiat-kiat yang semoga dapat membantu kita pelaku komunikasi untuk dapat memiliki keterampilan mendengarkan yang baik. Tidak mudah untuk menjadi pendengar yang hebat namun segala keterbatan kitab isa kita push agar menjadi kebermanfaatan baik untuk kita maupun orang lain. Di dunia ini banyak sekali orang-orang yang hebat dalam berbicara namun sangat sedikit untuk dapat sekaligus menjadi pendengar yang baik. Sebagai pelaku komunikasi semoga kita adalah salahsatu orang yang memiliki keterampilan mendengarkan yang baikdan bijak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H