Mohon tunggu...
Tatin Yuliastuti
Tatin Yuliastuti Mohon Tunggu... Guru - Edukasi

Sarana Edukasi untuk pengembangan diri serta sarana menuangkan pemahaman dari apa yang dipelajari dan refleksi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PGP-3, Kabupaten Banyuwangi-Tatin Yuliastuti-3.3-Aksi Nyata

8 April 2022   21:50 Diperbarui: 12 April 2022   03:42 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Kreativitas Produk Tugas Proyek

Luas Permukaan tabung 

Oleh TATIN YULIASTUTI

Calon Guru Penggerak Angkatan 3 Banyuwangi

PERISTIWA (Fact)

  • Latar Belakang

Pembelajaran selama ini masih berpusat pada guru sehingga kreativitas murid dalam peyelesaian tugas proyek masih sama sesuai apa yang ditentukan oleh guru. Untuk pemenuhan minat, bakat dan profil murid pada pemahaman Luas Permukaan Tabung dengan pembelajaran Berdiferensiasi.

  • Alasan

Memberikan kebebasan kepada murid untuk berkreasi sehingga murid memiliki kesempatan mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajarannya sendiri,                           

  • Hasil Aksi Nyata

Kegiatan berdampak pada murid, murid dapat mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri sehingga potensi kepemimpinannya dapat menumbuhkan pemikiran  yang bernalar kritis,percaya diri, mandiri, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mendorong keterampilan berinteraksisosial secara positif, arif dan bijaksana.

PERASAAN (Feeling)

Dengan kegiatan pembelajaran ini murid sangat antusias dan bersemangat. Sayapun sebagai pendidik merasa senang dan berharap dari kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dengan penugasan berbasis proyek dapat mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan murid.

PEMBELAJARAN (Finding)

Hambatan yang Ditemui

Pada saat pelaksanaan/proses pembelajaran membutuhkan waktu yang agak panjang,  karena ada beberapa murid yang terlambat mengumpulkan  tugas.

Keberhasilan

Kreatifitas muncul terlihat dari jenis produk yang dibuat beragam bentuknya sesuai bakat, minat dan profil murid. Dan adanya interaksi social yang positif murid dalam proses penyelesaian tugas secara kelompok

PENERAPAN ke DEPAN (Future)

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang mengacu pada keberhasilan yang dicapai, yaitu membuat dan melaksanakan program pembelajaran yang dapat melayani bakat, minat, dan profil murid,

REFLEKSI

Dari pengalaman pembelajaran masa lalu, proses pembelajaran akan memperhatikan hak anak untuk dapat mengembangkan potensi kepemimpinannya. Merencanakan kegiatan/program yang berdampak pada murid dengan mengoptimalkan asset yang ada untuk meminimalisir hambatan dengan harapan kegiatan/program bisa diterapkan secara berkelanjutan

DOKUMENTASI

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Bentuk Video
Bentuk Video
                                                                                                                           Literasi Mading Kelas
Bentuk Video
Bentuk Video
Bentuk Video
Bentuk Video
whatsapp-image-2022-04-08-at-21-38-53-2-625049d892cb5a190921d8e5.jpeg
whatsapp-image-2022-04-08-at-21-38-53-2-625049d892cb5a190921d8e5.jpeg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun