Â
Kreativitas Produk Tugas Proyek
Luas Permukaan tabungÂ
Oleh TATIN YULIASTUTI
Calon Guru Penggerak Angkatan 3 Banyuwangi
PERISTIWA (Fact)
- Latar Belakang
Pembelajaran selama ini masih berpusat pada guru sehingga kreativitas murid dalam peyelesaian tugas proyek masih sama sesuai apa yang ditentukan oleh guru. Untuk pemenuhan minat, bakat dan profil murid pada pemahaman Luas Permukaan Tabung dengan pembelajaran Berdiferensiasi.
- Alasan
Memberikan kebebasan kepada murid untuk berkreasi sehingga murid memiliki kesempatan mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajarannya sendiri, Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Hasil Aksi Nyata
Kegiatan berdampak pada murid, murid dapat mengembangkan kapasitasnya dalam mengelola pembelajaran mereka sendiri sehingga potensi kepemimpinannya dapat menumbuhkan pemikiran  yang bernalar kritis,percaya diri, mandiri, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mendorong keterampilan berinteraksisosial secara positif, arif dan bijaksana.
PERASAAN (Feeling)
Dengan kegiatan pembelajaran ini murid sangat antusias dan bersemangat. Sayapun sebagai pendidik merasa senang dan berharap dari kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dengan penugasan berbasis proyek dapat mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan murid.
PEMBELAJARAN (Finding)
Hambatan yang Ditemui
Pada saat pelaksanaan/proses pembelajaran membutuhkan waktu yang agak panjang,  karena ada beberapa murid yang terlambat mengumpulkan  tugas.
Keberhasilan
Kreatifitas muncul terlihat dari jenis produk yang dibuat beragam bentuknya sesuai bakat, minat dan profil murid. Dan adanya interaksi social yang positif murid dalam proses penyelesaian tugas secara kelompok
PENERAPAN ke DEPAN (Future)
Rencana perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang mengacu pada keberhasilan yang dicapai, yaitu membuat dan melaksanakan program pembelajaran yang dapat melayani bakat, minat, dan profil murid,
REFLEKSI
Dari pengalaman pembelajaran masa lalu, proses pembelajaran akan memperhatikan hak anak untuk dapat mengembangkan potensi kepemimpinannya. Merencanakan kegiatan/program yang berdampak pada murid dengan mengoptimalkan asset yang ada untuk meminimalisir hambatan dengan harapan kegiatan/program bisa diterapkan secara berkelanjutan
DOKUMENTASI
                                                              Literasi Mading Kelas
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H