Mohon tunggu...
Tarjum Sahmad
Tarjum Sahmad Mohon Tunggu... Administrasi - Sambil bekerja, menekuni dunia marketing dan jalani hoby menulis.

Suka sekali menulis di blog dan media online. Blog pribadi: Curhatkita.com Blog Kesehatan: Sentradetox.com. Akun Facebook: Tarjum Sahmad. WA: 0896-3661-3462 - Call/SMS: 0823-2066-8173. Menulis buku psikologi, bisnis & novel.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Empat Rahasia Pemulihan dari Gangguan Bipolar

26 Februari 2018   12:18 Diperbarui: 26 Februari 2018   14:51 601
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggunaan obat-obatan saat ini sudah menjadi bagian dari standar pengobatan medis untuk penyakit fisik maupun psikis. Khusus untuk pengobatan medis gangguan mental seperti bipolar, mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran psikiater sudah menjadi keharusan.

Salah satu yang diduga menjadi penyebab gangguan bipolar adalah ketidakseimbangan senyawa kimiawi di otak, yaitu serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin membantu mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti tidur, regulasi suhu tubuh, suasana hati (mood), masa pubertas, siklus produksi sel telur, rasa lapar dan perilaku seksual. Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit migren, pusing, depresi, bahkan juga penyakit Alzheimer.

Setelah 20 tahun lebih (1998 -- 2018) saya mencari-cari jawaban yang meyakinkan dari 3 pertanyaan atas apa yang terjadi pada diri saya sendiri, pikiran dan perasaan saya, akhirnya saya mendapatkan jawabannya dari seorang dokter spesialis kardiologi yang mendalami pengobatan timur (India dan China).

Anda, mungkin sudah tahu tentang apa yang saya alami dari tulisan-tulisan saya di website, blog pribadi, blog komunitas dan di media sosial. Ya, saya pernah mengalami gangguan bipolar (1987-1998). Saya ingin mengubah Mimpi Burukkarena Bipolar yang pernah saya alami menjadi Mimpi Indah yang bisa saya bagi dengan teman-teman penyandang Bipolar.

Nah, sekarang saya jelaskan apa saja 3 pertanyaan yang selama 20 tahun lebih saya cari dan akhirnya saya temukan jawabannya. Empat Pertanyaan itu adalah:

(1) Bagaimana serotonin diproduksi di dalam tubuh?

Dari beberapa literatur yang pernah saya baca, salah satu penyebab depresi dan gangguan bipolar yang selama ini diyakini, walau ini masih dugaan adalah ketidakseimbangan biokiwiawi dalam otak, salah satunya adalah rendahnya kadar serotonin dalam tubuh.

Saya belum mendapatkan jawaban yang jelas di organ tubuh mana serotonin diproduksi? Apa saja penyebab menurun produksi serotonin? Dan bagaimana mengembalikan fungsi sistem tubuh untuk mengembalikan produksi serotonin?

(2) Mengapa dan bagaimana saya bisa pulih dari bipolar tanpa obat?

Karena, secara medis, menurut penjelasn psikiater, gangguan bipolar tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikontrol dan penderitanya harus minum obat seumur hidup.

Sementara saya sudah merasa pulih dari bipolar dan tidak pernah kambuh lagi sejak tahun 1998 sampai sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun