Mohon tunggu...
Tarisa Zamaya Zahra
Tarisa Zamaya Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi

Psikologi Kepemimpinan - Universitas Mercu Buana Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Servan Leadership: Mimpi Seorang Relawan yang Kini Menjadi Founder dari Sekolah Relawan

30 Juli 2023   21:23 Diperbarui: 30 Juli 2023   21:49 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh:

Adinda Destania Kusumayanti, Tarisa Zamaya Zahra, Laila Meiliyandrie Indah Wardani

Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Jakarta

Pada bulan ramadhan tahun ini, Negara kita masih beradaptasi dalam new normal. Namun, tidak mengurangi aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tidak berbeda dari tahun ke tahun dan semakin mengembangkan programnya pada lembaga sosial kemanusiaan yang bernama Sekolah Relawan pun terus melakukan fokusnya pada edukasi kerelawanan serta pemberdayaan masyarakat dengan berbagai misi nya dalam mengedukasi dan mengajak masyarakat berpartisipasi aktif melakukan program pengabdian kepada masyarakat maupun berbagai forum kemanusiaan untuk berperan sebagai relawan.

Servant leadership adalah pendekatan kepemimpinan holistik yang melibatkan pengikut dalam berbagai dimensi (misalnya, relasional, etika, emosional, spiritual), sehingga mereka diberdayakan untuk tumbuh menjadi diri mereka sendiri. mampu menjadi apa yang mereka inginkan. Pendekatan ini pertama-tama berusaha untuk mengembangkan para pengikut atas dasar orientasi altruistik dan etika para pemimpin (Greenleaf, 1977). 

Servant leadership diciptakan oleh Robert K. Greenleaf, dalam "The Servant as Leader", sebuah esai yang pertama kali ia terbitkan pada tahun 1970. Ia mengatakan bahwa servant-leader diawali dengan perasaan yang natural jika seseorang ingin melayani, maka perlu melayani terlebih dahulu. Pemimpin yang melayani melampaui kepentingan pribadi. Mereka tidak termotivasi oleh kekuasaan, tetapi keinginan untuk melayani orang lain. Semua program tersebut tidak akan berjalan dengan baik, tanpa adanya peran pemimpin yang tepat.

Antaranews.com meliput program sosial yang diwujudkan oleh Sekolah Relawan salah satunya program spesial ramadhan, namun tidak hanya program ramadhan melainkan juga beberapa program lain yang menjadi pilar utama nya. Adapun, program tersebut  seperti Sekolah Relawan sebagai Edukasi Kerelawanan yang digunakan sebagai wadah informasi dan wawasan pengetahuan mendasar terkait peranan sebagai relawan. 

Program selanjutnya yaitu Sosial Kemanusiaan yang memfokuskan pada pengembangan sustainability melalui berbagai aktivitas sosial yang diadakan oleh Sekolah Relawan. Kemudian, program Pemberdayaan Masyarakat sebagai pengembangan potensi. Dan program Advokasi, di mana lembaga Sekolah Relawan menyajikan layanan yang diberikan untuk menjadi konsultan terkait informasi kebijakan dalam isu atau permasalahan yang berhubungan dengan sosial dan kemanusiaan (whiteboardjournal.com).

Seluruh program maupun visi dan misi dapat berjalan dengan baik pastinya karena peranan orang-orang hebat. Sekolah relawan didirikan dan dipimpin oleh Bayu Gawtama, serta beberapa rekan nya. Sebagai relawan yang sudah lebih dari 20 tahun aktif di berbagai program kegiatan kemanusiaan. 

Melalui akun twitter nya @bayugawtama mengatakan bahwa salah satu visi nya adalah menjadikan relawan sebagai pemimpin bangsa, yaitu pandangan nya di tahun yang akan datang bahwa pemimpin-pemimpin besar yang lahir dari kegiatan relawan tersebut, di mana para relawan yang sudah dihadapi dengan perjuangan dalam membantu sesama atau pemimpin yang memiliki kepedulian dan welas asih terhadap sesama manusia. Hal tersebut membuktikan adanya karakteristik servant leadership dilihat dari keinginan ia sebagai pemimpin dalam menunjukkan berbagi kekuasaan kepada anggota nya.

Perhatian yang diberikan oleh orang-orang yang mengutamakan pelayanan adalah memastikan bahwa kebutuhan yang penting juga dengan mempioritaskan yang baik bagi lingkungan sekitarnya atau yang berhak diberikan pelayanan. Hal ini berkaitan dengan peran nya sebagai servant leadership fokus utamanya Bayu pada pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat dan tim dari lembaga ia berada.  Pada betterup.com disampaikan 10 prinsip servant leadership yang dikemukakan oleh Greenleaf, antara lain:

Listening. Sosialisasi yang ada pada lembaga Sekolah Relawan kepada tim nya tetap memperhatikan dari pandangan awal lembaga ini yaitu bermula dari sebuah komunitas yang menganut asas kekeluargaan dan menerima banyak aspirasi sehingga tidak terkesan terlalu sistematis.

Empathy. Seperti yang disampaikan founder, Sekolah Relawan ingin menjangkau dari berbagai kalangan di daerah yang berbeda , di mana Sekolah Relawan juga memberikan peluang khususnya bagi calon relawan yang terkendala ekonomi melalui beasiswa dan fasilitas yang ingin belajar ilmu kerelawanan.

Healing. Salah satu tujuan didirikan nya Sekolah Relawan tersebut juga dimaksudkan agar setiap anggota yang ikut serta dan berperan dalam aktivitas yang dilakukan lembaga tersebut dapat diartikan dengan baik dan tepat oleh masing-masing anggota dengan harapan dapat membantu anggota Sekolah Relawan merasakan emosi positif dari apa yang mereka lakukan nyatanya sangat bermakna dan bermanfaat bagi orang banyak.

Self-awareness. Founder mengajak anggota yang bergabung dalam Sekolah Relawan memiliki kesempatan untuk terus saling belajar dan beraksi dengan harapan hubungan antara para pengelola dengan anggota dapat mempraktikan ilmu nya sebagai salah satu bentuk pengembangan diri mereka untuk terus melakukan hal-hal yang produktif

Persuasion. Pada prinsip ini Bayu sebagai pemimpin mengibaratkan bahwa Sekolah Relawan yang merupakan ruang belajar bagi para relawan, dengan begitu ilmu dan pengalaman nya yang dibagikan kepada seluruh anggota relawan di Sekolah Relawan itu dimaknai sebagai proses belajar bersama antara para founder maupun anggota relawan lain, karena ia merasa dengan semangat dan dedikasinya sebagai pemimpin lembaga tersebut, melalui anggota nya juga dapat terwujudnya mengprioritaskan kebutuhan orang lain atau membantu orang lain yang berusaha mencapai visi dengan memberikan dukungan yang kuat.untuk berkembang maka di harapankan tersebut pun dapat memungkinkan anggota nya belajar dan bertumbuh dengan membawa keahlian dan memunculkan visi mereka sendiri.

Konseptualisasi. Sebagai pemimpin Sekolah Relawan Bayu melalui tim nya memotivasi dalam peningkatan kompetensi dan karakter tim nya, yakni dengan mencoba tetap meneruskan edukasi kepada tim relawan nya untuk dapat memperbanyak masyarakat yang tergabung dalam anggota relawan yang terlatih.

Foresight (Pandangan ke depan).  Adanya pengembangan dalam pengelolaan lembaga Sekolah Relawan sebagai edukasi ini tidak hanya berpusat pada pemimpin, melainkan juga meliputi manajemen, tim, finansial, koneksi, dan legalitas. Foresight pada prinsip servant leadership yang ada di lembaga ini ditujukan untuk menciptakan sebuah susunan lembaga yang profesional serta membangun kepercayaan bagi masyarakat umum.

Stewardship (Pengayoman). Seperti yang kita ketahui Bayu yang saat ini sebagai CEO memiliki latar belakang dan pengalaman sebagai relawan yang tidak singkat hingga ia merasa bahwa sebagai relawan merupakan setengah bagian dalam hidupnya.

Commitment to the growth of people (Komitmen terhadap pertumbuhan tim). Melalui wawancara yang pernah dilakukan kepada founder Sekolah Relawan yaitu Bayu Gawtama sendiri meyakini bahwa Sekolah relawan memiliki mimpi besar di tahun 2030 menjadi sebuah pusat edukasi kerelawanan dalam skala internasional. Founder dan pengelola lain nya ingin bisa memfasilitasi relawan bukan hanya yang ada di Negara sendiri, melainkan juga lintas budaya, dan lintas Negara. Hal ini membuktikan bahwa founder memiliki perilaku inovasi yang tinggi dalam lembaga nya.

Building Community. Bayu Gawtama juga sering menyampaikan di sesi edukasi nya tentang "bahwasanya tidak ada relawan yang hebat, tapi yang ada adalah relawan yang terlatih" dengan begitu akan membuat para anggota relawan menjadikan praktiknya sebagai bahan aktualisasi diri untuk saling percaya untuk memudahkan dan adanya keinginan untuk lebih produktif selama bergabung dengan Sekolah Relawan.

Referensi: 

Agency, A. N. (2022, April 1). Sekolah relawan siapkan program sosial spesial Ramadhan. ANTARA News Megapolitan. https://megapolitan.antaranews.com/berita/183709/sekolah-relawan-siapkan-program-sosial-spesial-ramadhan

Eva, N., Robin, M., Sendjaya, S., van Dierendonck, D., & Liden, R. C. (2019). Servant Leadership: A systematic review and call for future research. The Leadership Quarterly, 30(1), 111--132. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.07.004

Gomez, A. L. (2022, July 18). What Are the Pros and Cons of Servant leadership? | BetterUp. Www.betterup.com. https://www.betterup.com/blog/servant-leadership-what-makes-it-different

Harsa, A. N. (2020, May 22). Who, What, Why: Sekolah Relawan. Whiteboard Journal. https://www.whiteboardjournal.com/ideas/human-interest/who-what-why-sekolah-relawan/

Rieka, D. (2018, October 14). Bayu Gawtama, Relawan tanpa Pujian & Tepuk Tangan. Www.qureta.com. https://www.qureta.com/post/bayu-gawtama-relawan-tanpa-pujian-tepuk-tangan

Serrano-Quijan, E. J. o. (2020). SERVANT LEADERSHIP AND ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR OF SCHOOL HEADS. International Journal of New Economics and Social Sciences, 12(2), 153--180. https://doi.org/10.5604/01.3001.0014.6890

Syarif, A. M. (2021). Model Edukasi Kerelawanan di Sekolah Relawan. Umbara, 6(1), 57. https://doi.org/10.24198/umbara.v6i1.32640

Williandro, J. (2023, February 21). Yuk Berkenalan dengan Sekolah Relawan (1) : 2.200 Relawan Tersebar di Berbagai Wilayah - Radar Depok. Yuk Berkenalan Dengan Sekolah Relawan (1) : 2.200 Relawan Tersebar Di Berbagai Wilayah - Radar Depok. https://www.radardepok.com/feature/9467649296/yuk-berkenalan-dengan-sekolah-relawan-1-2200-relawan-tersebar-di-berbagai-wilayah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun