Mohon tunggu...
Lupin TheThird
Lupin TheThird Mohon Tunggu... Seniman - ヘタレエンジニア

A Masterless Samurai -- The origin of Amakusa Shiro (https://www.kompasiana.com/dancingsushi)

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Cerpen] Metaverse PPKS

16 November 2021   17:00 Diperbarui: 16 November 2021   17:41 605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(diolah dari coolwallet.io)

"Yee, bukan lah. Meta atau Metaverse itu gagasannye si Zuckerberg, boss gedenya pesbuk. Gini aje deh gampangnya. Kita ini kan hidup di dunia nyata. Nah data-data kita itu dibuat salinannya persis dalam bentuk digital, yang biasanya disebut Digital Twin. Konsep Digital Twin ini sebenarnya udah lawas, sejak 20 tahun yang lalu udah ada."

"Wah menarik ini. Trus gimana tuh," Kemplun menimpali dengan tak sabar.

Puutaro meminum es teh manis sebentar karena pedas sambal goreng petai membakar lidahnya. Maklum, dia sudah lama tidak makan yang pedas-pedas.

"Nah si Zuckerberg itu melihat, dunia yang akan datang pasti akan didasarkan sama Digital Twin ini. Karena ada banyak keuntungannya," lanjut Puutaro sambil sesekali menyeka peluh yang bercucuran bak air terjun.

"Penggabungan Digital Twin, dengan data yang kita pakai di dunia nyata ini, adalah dasar dari Metaverse."

"Jadi maksudnye, kite bisa kayak idup di dalem dunia internet-internetan entu, sambil ngelakuin kegiatan kayak kite misalnye makan di warteg begini?" tanya Pengki dengan muka serius.

"Begitulah kurang lebih," jawab Puutaro.

"Wah, sekarang aje netizen Indonesia ude kayak begitu. Mereka ganas-ganas, dikire cuman idup di dalem internet doangan. Padahal mereka masih idup di dunia nyata. Setelah cuap-cuap kaga keruan, pas didatengin baru dah entu orang ciut. Abis itu bisanye cuman nangis, ujung-ujungnye tanda tangan di meterai. Gimane entar kalok udah jadi Metaverse!"

"Pengki jangan kebanyakan mikir tho. Nanti otakmu gosong lho. Tuh minum dulu kopi yang sudah dibuatin sama mpok Ani," kata Kemplun sambil tertawa.

"Eh, mending gosong dah, daripade otak porno! Elo inget kan plun, dari parte mane tuh nyang anggotanye ketauan nonton bokep pas rapat DPR," ujar Pengki sedikit sewot.

"Pengki inget aja yang begituan. Omong-omong masih berhubungan dengan otak, katanya sih sekarang otak manusia udah dibajak sama smartphone loh," ujar Puutaro bersemangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun