Aspek Ekonomi Kreatif dalam Industri Televisi dan Film
Kata Pengantar
Industri Televisi dan Film telah berkembang pesat dari beberapa decade terakhir di abad ke -- 20 ini. Tidak hanya sebagai hiburan dan media komunikasi, namun sudah mengalami perubahan dan perkembangan pandangan tentang kreativitas dari zaman ke zaman. Aspek ekonomi kreatif yang diterapkan dalam dunia industry sangat berdampak dan mempunyai manfaat yang luar biasa. Artikel ini bertujuan untuk menjelajahi pentingnya aspek ekonomi kreatif dalam dunia industri televisi dan film, serta dampak aspek ini terus berkembang dan memengaruhi masa depan.
Bagaimana industri televisi dan film telah menjadi lebih sekedar hiburan audiovisual. Industri ini telah menjadi aspek maupun salah satu penegak ekonomi yang berperan penting dalam pelestarian dan pembangunan budaya serta pertumbuhan ekonomi kreatif itu sendiri. Sejauh mana industri televisi dan film berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam aspek lapangan pekerjaan, pendapatan dan ekspor budaya.
Dalam artikel kita akan mengekplorasi dampak sosial dan budaya dalam dunia industri televisi dan film, serta bagaimana konten kreatif mencerminkan dan mempengaruhi masyarakat. Banyak pengaruh global yang disebabkan oleh pola pikir, akulturasi budaya, serta pemahaman tentang aspek ekonomi kreatif.
Dalam industri televisi dan film terdapat berbagai peluang dan tantangan di era digital yang terus berkembang, termasuk persaingan platform streaming online berupa youtube dan tiktok dan perubahan minat penonton. Melalui aspek ekonomi kreatif dalam dunia industri televisi dan film, kita akan lebih menghargai peran budaya, inovasi, dan kreativitas dalam pilar perekonomian Masyarakat. Industri televisi dan film akan terus berevolusi dan beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman.
Â
Ekonomi kreatif
Ekonomi kreatif adalah sebagian aspek dari dunia industri, yang mengacu pada sektor ekonomi dan terbagi atas produksi, distribusi, dan konsumsi.  Konsep seputar ekonomi kreatif muncul pada pergantian abad ke -- 21 yang berberbasis pengetahuan. Ekonomi kreatif terbagi atas dasar : kreativitas, industri budaya, ekonomi  budaya, ekonomi kreatif , barang kreatif dan jasa kreatif.
Ekonomi kreatif berfungsi sebagai ekonomi pengetahuan dimana informasi dan pengetahuan merupakan pendorong penting pertumbuhan ekonomi. Beragam definisi ekonomi kreatif telah berkembang selama sepuluh hingga lima belas tahun terakhir.
Aspek ekonomi kreatif dalam dunia industri televisi dan film telah merujuk luas pada berbagai hal dan dampak industri kreatif terhadap ekonomi suatu negara atau wilayah.
Ekonomi kreatif terbagi atas : kreativitas Ilmiah, kreativitas teknologi, kreativitas ekonomi, dan kreativitas budaya.
- Kreativitas Ilmiah (Scientetic Creativity) : kemampuan setiap individual atau kelompok agar mengahsilkan ide -- ide, dan  konsep baru. Bentuk dari kreativitas ilmiah merujuk pada pemecahan masalah, penjelajahan ilmiah serta pengembangan pengetahuan baru. Kreativitas ilmiah merupakan aspek yang penting sebagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam industri televisi dan film kreativitas ilmiah juga mempengaruhi dalam aspek teknologi produksi dan efek audiovisual yang khusus.
- Kreativitas teknologi ( Technological Creativity ) : Merujuk pada kemampuan konsep, ide, dan inovasi pada teknologi. Hal ini melibatkan penggunaan pemikiran kreatif untuk mengatasi berbagai tantangan teknis, serta mengembangkan solusi teknologi yang baru atau bahkan meningkatkan system produk audiovisual yang ada. Kreativitas teknologi dalam industry televisi dan film memiliki peran yang penting untuk meningkatkan produksi, distribusi, dan konsuminitas penonton. Aspek yang dapat kita ketahui dalam teknologi bisa berupa pengembangan produk yang lebih efisien, kamera serta peralatan yang baru sepertu teknologi CGI ( Computer Generated Imagery ). Teknologi virtual dan distribusi online menggunakan platform Netflix, dan Disney+. Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).
- Kreativitas Budaya ( Cultural Creativity ) : kemampuan yang dapat menghasilkan karya seni, budaya dan inovasi yang mencerminkan aspek kebudayaan dalam Masyarakat. Kreativitas  budaya melibatkan berbagai elemen budaya seperti norma, Bahasa, agama, nilai, identitas, moral, dan tradisi. Kreatiavitas budaya dalam dunia industri televisi dan film sering dijadikan sebagai wadah atau media inspirasi untuk menciptakan karya seni yang menggambarkan segala macam aspek yang terdapat di dalam Masyarakat.
- Kreativitas Ekonomi ( Economic Creativity ) : Faktor yang pasti mempengaruhi ekonomi dan bisnis. Merujuk pada pemikiran kreatif dimana akan menghasilkan ide-ide dan inovasi yang memperngaruhi sektor ekonomi kreatif. Kreativitas ekonomi berkaitan dengan manajemen, ide bisnis dan pemasaran dalam segi efisiensi, keunggulan kompetitif dan ekonomi yang berkelanjutan untuk masa depan. Pertumbuhan ekonomi dan daya saing yang ketat karena perubahan arus global yang sangat pesat, hal ini dapat mempengaruhi Masyarakat, termasuk lapangan kerja, dan pendapatan. Dengan mengembangkan ide-ide dan inovasi ekonomi kreatif dapat membantu menciptakan nilai-nilai kepentingan dalam ekonomi dan bisnis suatu negara.
- Â
Industri Televisi dan Film
Televisi merupakan wadah atau media informasi dan hiburan yang sudah ada sejak 1930-an. Sejak 1970 televisi mulai berkembang hingga  bermunculan kaset video, DVD. Pada masa awal perkembangan televisi. Secara umum televisi adalah media atau alat yang dapat menerima informasi atau gambar yang bersifat satu arah. Televisi biasanya menggunakan gelombang elektronik untuk mengirimkan sinyal gambar dari stasiun pemancar. Beberapa ciri utama televisi adalah :
- Gambar bergerak
- Mengeluarkan suara
- Menayangkan program acara
- Hiburan
- Siaran langsung
- Media informasi
Film merupakan gambar yang bergerak dan memiliki narasi. Meskipun awal penerbitan film tidak mengeluarkan suara tapi di dalam film tersebut dibuat dengan tujuan untuk memberikan pemahaman narasi kepada penonton. Film melibatkan audio, dialog, musik, dan visual serta penataan gambar.
Aspek Ekonomi Kreatif dalam Industri Televisi dan Film
Aspek ekonomi kreatif secara luas mengacu pada suatu elemen dimana terdapat subjek atau topik tertentu. Dimana hal ini digunakan sebagai pemecah suatu permasalahan yang berkaitan dengan suatu masalah atau situasi. Menyatukan sebuah aspek dan definisi dapat melahirkan ekonomi kreatif. Kreativitas bisa terlahir dari orang yang mau berdebat dan diskusi. Ekosistem Industri ekonomi Kreatif  memiliki beberapa aspek yaitu :
- Produksi Inovatif ( innovative production ). Merujuk pada penciptaan produksi yang lebih efisien dan inovatif. Dengan menggunakan teknologi terbaru, efek visual yang canggih, serta dapat meningkatkan kualitas.
- Dana alternatif (Alternative funds). Menciptakan peluang dalam produksi televisi dan film menggunakan pendanaan alternatif, termasuk produsen dan penyedia layanan streaming.
- Pendapatan ( Income ) . Produsen yang bekerja dalam industry televisi dan film mereka mendiversifikasi pendapatan dengan cara yang kreatif.
- Penciptaan lapangan pekerjaan ( Job creation ). Ekonomi kreatif menciptakan peluang lapangan pekerjaan dari berbagai sektor, termasuk produksi, distribusi, dan teknologi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H