Mohon tunggu...
Syifa Nahda Aqila
Syifa Nahda Aqila Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa PPG Calon Guru Tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

29 Januari 2025   15:24 Diperbarui: 29 Januari 2025   15:24 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan utama pendidikan adalah untuk mempersiapkan manusia agar dapat bertahan hidup dan berkembang. Berhasilnya proses pendidikan akan membuat individu menjadi sumber daya yang berkualitas dan siap menghadapi berbagai tantangan global di masa depan. Paradigma pendidikan saat ini lebih menekankan peran guru sebagai fasilitator dalam proses belajar, bukan sebagai pemberi informasi utama. Peserta didik didorong untuk aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya pasif mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga mencari pengetahuan baru secara mandiri. Menurut Yuli, peserta didik diharapkan menjadi kreatif dan mampu mengembangkan pengetahuan mereka dengan bimbingan pendidik selama proses pembelajaran berlangsung (Magfirah et al., 2024).

            Di abad ke-21, para guru diharapkan mampu untuk menciptakan generasi muda yang memiliki keterampilan berpikir kritis, kreativitas tinggi, kemampuan komunikasi yang baik, dan kemampuan berkolaborasi untuk menciptakan inovasi dalam mengatasi masalah kehidupan. Guru perlu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan abad ke-21 dengan menguasai berbagai bidang, mahir dalam pedagogik, memahami psikologi pembelajaran, serta memiliki keterampilan konseling. Guru juga perlu mengikuti perkembangan kebijakan kurikulum dan isu pendidikan, serta mampu membentuk kepribadian dan karakter yang baik. Perspektif mengenai pendidikan inilah yang telah mengarahkan Indonesia pada konsep merdeka belajar dalam penerapan Kurikulum Merdeka (Fatmayani, 2022).

            Dalam era pendidikan modern yang dinamis, paradigma pembelajaran terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan karakteristik unik setiap peserta didik. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran adalah Teaching at The Right Level (TaRL). Metode ini dirancang untuk menekankan pemahaman dan penguasaan keterampilan dasar peserta didik sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih kompleks (Ningrum et al., 2023)

            Pendekatan TaRL merupakan metode pembelajaran yang didasarkan pada tingkat pencapaian atau kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik (Lestari & Kuryani, 2023). Menurut Fitriani (2022) pendekatan TaRL didasarkan pada kemampuan peserta didik bukan berdasarkan dengan tingkat kelasnya. Pendekatan TaRL bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajarannya, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (Mubarokah, 2022). Sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh As'ad et al. (2024) yang mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

            Teaching at The Right Level (TaRL) merupakan pendekatan pembelajaran dengan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkatan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik, terdiri dari tingkatan kemampuan mahir, berkembang, dan perlu bimbingan bukan berdasarkan tingkatan kelas maupun usia (Ahyar, dkk, 2022). Dengan diterapkannya pendekatan TaRL maka kegiatan belajar memperhatikan kapasitas dan kebutuhan minat peserta didik. Selain itu, guru perlu melakukan asesmen awal sebagai tes diagnostic peserta didik untuk mengetahui karakteristik, kebutuhan, dan potensi peserta didik sehingga guru mengetahui kemampuan awal dan perkembangan peserta didik.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Yusrolana, et al. (2024) dengan judul "Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II Sekolah Dasar" pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Aktivitas belajar peserta didik diarahkan ke proses pembelajaran yang lebih aktif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian yang dilakukan oleh Yusrolana, et al (2024) merupakan suatu penelitian dengan metode penelitannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yusrolana melakukan penelitian di SD Negeri Gadang 3 Malang dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II A SD Negeri Gadang 3 Malangan berjumlah 27 orang.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ulya., et al. (2024) dengan judul "Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat SMP" menyatakan bahwa penerapan pendekatan TaRL berhasil terlaksana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Salatiga. Nilai rata-rata peserta didik pada masa pra-siklus mencapai 38,33%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatkan sebesar 30,67% menjadi 69%. Selanjutnya, pada siklus II hasil belajar peserta didik naik menjadi 92,17%. Hal tersebut membuktikan bahwa pendekatan TaRL yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

            Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Khofifah, F. R. et al. (2024) dengan judul "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas XI Teknik 2" menunjukkan bahwa implementasi pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik terhadap konsep lingkaran. Peningkatkan terlihat bahwa 85% peserta didik mencapai skor tuntas pada tes akhir yang signifikan dari siklus I. Menurut Khofifah, pendekatan TaRL tidak hanya membuat proses belajar lebih menarik, tetapi juga membantu mereka melihat hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka.

            Berdasarkan beberapa jurnal yang telah dikaji dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum melakukan penelitian terhadap peserta didik, peneliti harus memberikan asesmen awal berupa tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Setelah guru mengetahui kemampuan awal peserta didik, guru dapat mengimplementasikan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di dalam proses pembelajaran. Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) menekankan penyesuaian materi yang diajarkan oleh guru sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, sehingga membantu peserta didik untuk meningkatkan potensi mereka dalam memahami konsep-konsep yang sulit dengan lebih baik. Oleh karena itu, pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat dianggap strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Daftar Pustaka

Fatmayani, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengintegrasian Keterampilan Abad ke-21 melalui Supervisi Akademik di SMAN 2 Pinggir Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3468-3484.

Fitriani, S. (2022). Analisis Peningkatkan Kemampuan Literasi Siswa dengan Metode ADABTA melalui Pendekatan TaRL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189.

Khofifah, F. R., Agustina, L., & Rahayu, A. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas XI Teknik 2. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) 12(2), 2024, 111-119.

Lestari, H., & Kuryani, T. (2023). Modul Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Direktorat Pendidikan Profesi Guru.

Magfira, F., Haris, A., & Ernie. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 6, No 2, Mei-Agustus, 859-867.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida'iyah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.

Ulya, M., Mampow, H. L., & Riani, D. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 5 Nomor 4 Tahun 2024.

Yusrolana,. Susanti, R. H., & Rinawati. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas II Sekolah Dasar. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, Vol. 1. No. 2 September 2024.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun