Mohon tunggu...
Hafidz Syayid A
Hafidz Syayid A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Perkerasan Kaku

31 Agustus 2023   22:30 Diperbarui: 31 Agustus 2023   22:32 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jalan merupakan prasarana penting bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saat ini perkembangan jalan di Indonesia sedang berkembang, mengingat masih banyak sekali akses-akses jalan yang dibutuhkan untuk menghubungkan antar wilayah, baik antar provinsi, kota, maupun desa. Perkerasan jalan adalah suatu lapisan yang berada di atas tanah dasar yang sudah dipadatkan, dimana fungsi dari lapisan ini adalah memikul beban lalu lintas dan menyebarkannya ke tanah dasar agar beban yang diterima tanah dasar tidak melebihi daya dukung tanah yang diijinkan (Sukirman, 1992). Terdapat tiga macam konstruksi perkerasan jalan berdasarkan bahan pengikatnya, yaitu perkerasan kaku, perkerasan lentur, dan perkerasan komposit.

APA ITU PERKERASAN KAKU?

     konstruksi perkerasan kaku (rigid pavements), yaitu perkerasan dengan menggunakan semen (portland cement) sebagai bahan pengikat pelat beton dengan atau tanpa tulangan, diletakkan di atas tanah dasar dengan atau tanpa lapis pondasi bawah. Salah satu ciri khas dari perkerasan kaku adalah penggunaan material beton sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan perkerasan lentur yang umumnya menggunakan aspal, perkerasan kaku memiliki sifat yang lebih tahan terhadap beban lalu lintas.

MACAM-MACAM PERKERASAN KAKU

High Stress Concrete Pavement/HSCP

Perkerasan kaku tegangan tinggi (High Stress Concrete Pavement/HSCP) merupakan jenis perkerasan kaku yang dirancang untuk menangani beban tinggi dan lalu lintas intensif. Perkerasan ini umumnya digunakan di jalan tol dan landasan pacu bandara. Salah satu keunggulan HSCP adalah memiliki daya tahan dan resistensi terhadap tekanan yang sangat baik.

Jointed Plain Concrete Pavement (JPCP)

JPCP adalah jenis perkerasan kaku yang memiliki celah atau 'joint' pada permukaannya. Joint ini berfungsi untuk mencegah retakan yang disebabkan oleh perubahan suhu dan tekanan.  Salah satu keunggulannya adalah Fleksibel terhadap perubahan suhu dan tekanan.

Continuously Reinforced Concrete Pavement (CRCP)

CRCP adalah jenis perkerasan kaku yang diperkuat dengan baja. CRCP dirancang untuk tidak memiliki joint dan mampu menahan retakan akibat beban berat atau perubahan suhu. Salah satu keunggulannya adalah memiliki daya tahan yang tinggi dan memerlukan perawatan minimal.

Roller-Compacted Concrete Pavement (RCCP)

RCCP adalah jenis perkerasan kaku yang diaplikasikan dengan teknik roller compacted. RCCP cocok digunakan di area dengan beban rendah seperti area parkir dan jalan lokal. Salah satu keunggulannya adalah biaya konstruksi dan perawatan yang lebih rendah.

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN DARI PERKERASAN KAKU

Keunggulan dari perkerasan kaku sebagai berikut:

Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap beban lalu lintas.

Memiliki umur servis yang panjang.

Memiliki kualitas permukaan yang baik, memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Kekurangan dari perkerasan kaku sebagai berikut:

Biaya pembuatan perkerasan kaku cenderung lebih tinggi dibanding perkerasan jenis lain.

Proses pembuatan perkerasan kaku membutuhkan waktu yang lebih lama.

Perkerasan kaku lebih rentan terhadap retak akibat beban lalu lintas.

https://www.upnjatim.ac.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun