Mohon tunggu...
Syarifah Yuniarti
Syarifah Yuniarti Mohon Tunggu... Guru - Kepala SDN Loji 3 Kota Bogor

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.2.a.8. Koneksi antar Materi oleh Syarifah Yuniarti

22 November 2022   21:52 Diperbarui: 22 November 2022   22:22 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi

Nama                         : Syarifah Yuniarti, M. Pd

                                    : Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Sekolah                     : SD Negeri Polisi 4 Kota Bogor

Fasilitator                   : Asep Darmawan, M. Pd

Pengajar Peraktik    : Murbekti, M. Pd

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

Peristiwa

Momen yang paling mencerahkan saya saat memahami filosofi Ki Hajar Dewantara di Modul 1.1. Apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara menurut saya menuntun dan mengantarkan anak-anak untuk mengenal jati dirinya melalui proses menuntun kekuatan kodrat anak yaitu kodrat alam dan kodrat zaman untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan. 

Guru sebagai among harus memahami cara menuntun anak dalam pembelajaran di dalam kelas. Selain itu banyak pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang saya pelajari di Modul 1.1, seperti: berhamba pada anak, bermain adalah kodrat anak, pendidikan adalah persemaian benih-penih kebudayaan, pendidikan dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang paling populer adalah Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri handayani. 

Sedangkan momen yang paling menantang saya saat memahami Modul 1.2. yaitu saat mengidentifikasi kekuatan nilai yang dimiliki masing-masing anggota kelompok kemudian dari masing-masing kekuatan nilai tersebut dibuat satu kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai dan peran guru penggerak. 

Saya semakin mengenal siapa diri saya. Selama ini saya tidak pernah mengenal kekuatan nilai yang adal dalam diri saya. Saya menjadi tahu strategi penguatan nilai dalam mengembangkan diri. Sedangkan tugas LMS yang paling saya sukai adalah tugas refleksi yang dituangkan dalam tulisan dengan panduan pertanyaan pemantik.

Adapun kaitan modul 1.1. dan 1.2. yang saya fahami bahwa Implementasi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran di sekolah relevan dengan nilai dan peran guru penggerak. Nilai guru penggerak yaitu mandiri, reflektfi, inovatif, kolaboratif, dan berpihak pada murid dan peran guru penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajaan, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi.

 

Perasaan

Saat momen itu terjadi seakan saya sedang bercermin memandang diri saya sendiri untuk memperbaiki kekurangan diri, memperbaiki perilaku yang kurang baik hingga saya tampil lebih percaya diri dan yakin dengan kekuatan kodrat yang ada dalam diri saya sendiri.

Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa dari pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki sudah cukup (zona nyaman). Akan tetapi, pemikiran Ki Hajar Dewantara membuka pikiran saya tentang pentingnya mengetahui kekuatan kodrat dalam diri (nilai dan peran guru penggerak) agar saya sebagai guru dapat memahami kekuatan kodrat pada anak dan menuntun kekuatan kodrat anak tersebut agar anak mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Sekarang saya berpikir bahwa dalam menuntun kekuatan kodrat anak, saya harus menyakini kekuatan kodrat yang ada dalam diri saya untuk menuntun kekuatan kodrat anak-anak melalui pengkondisian pembiasaan melalui keteladanan yang konsisten dan aturan/sistem yang konsisten hingga anak-anak menemukan identitas dirinya yang terbentuk melalui perilaku positif yang membudaya.

Penerapan ke depan (Rencana)

Strategi pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri untuk menguatkan nilai dan peran guru penggerak,yaitu:

  • Saya mulai melakukan pengembangan diri atas inisiatif sendiri.
  • Membuka diri terhadap pengalaman baru.
  • Melakukan evaluasi terhadap apa saja yang sudah baik serta apa yang perlu peningkatan, dan melakukan tindakan nyata untuk melakukan perbaikan agar semua yang belum atau kurang baik menjadi lebih baik.
  • Terbuka untuk meminta dan menerima umpan balik dari orang lain.
  • Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam merencanakan pembelajaran.
  • Berkolaborasi dengan kepala sekolah dalam mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah.
  • Berinovasi dalam pembelajaran.
  • Menggerakkan komunitas belajar di sekolah untuk menyelesaikan pelatihan di Platform Merdeka Mengajar.
  • Berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
  • Melaksanakan pembelajaran berpusat pada murid.

Semoga bermanfaat

Terimakasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun