Permintaan dan Penawaran: Dasar-Dasar dan Aplikasinya dalam Ekonomi Sehari-HariÂ
Permintaan (demand)Â
Permintaan merujuk pada jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen dengan berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Hukum permintaan menyatakan bahwa, ketika harga barang naik, maka permintaan menurun, dan sebaliknya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Harga Barang Tersebut:Â
Faktor beikut ini benar adanya terjadi seperti dalam hukum permintaan, yaitu ketika harga barang naik  maka permintaan menurun, dan jika harga menurun, maka pemintaan naik.Â
2. Pendapatan Konsumen:Â
Pendapatan yang lebih tinggi biasanya dapat meningkatkannya permintaan untuk barang normalÂ
3. Harga Barang Terkait:
Harga barang pengganti dan Pelengkap dapat mempengaruhi permintaan. Misalnya, Jika harga kopi naik, permintaan untuk teh (sebagai pengganti) mungkin naik.
4. Preferensi dan Selera:
Perubahan dalam Preferensi atau selera konsumen dapat meningkatkan atau menurunkan permintaan
5. ekspetasi Masa Depan:
Jika konsumen mengharapkan harga naik di masa depan, mereka mungkin membeli lebih banyak sekarang.
Penawaran (supplay)
Penawaran merujuk pada jumlah barang atau jasa yang tersedia untuk dijual oleh konsumen pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Hukum penawaran menyatakan bahwa, ketika harga suatu barang naik, maka barang yang ditawarkan juga akan meningkat, dan sebaliknya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Harga Barang Tersebut:
Harga yang lebih tinggi biasanya meningkatkan jumlah barang yang akan ditawarkan kepada konsumen.
2. Biaya Produksi:
Biaya yang lebih tinggi (misalnya, bahan baku, tenaga kerja) biasanya mengurangi jumlah barang yang akan ditawarkan.
3. Teknologi:
Kemajuan teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan jumlah barang yang akan ditawarkan.
4. Harga Barang Terkait:
Jika harga produk kain yang bisa diproduksi perusahaan meningkat, perusahaan mungkin akan mengalihkan produksi.
5. Ekspetasi Masa Depan:
Jika produsen mengharapkan harga naik di masa depan, mereka mungkin akan menahan penawaran sekarang.Â
Keseimbangan Pasar (Market Equilibrium)
Keseimbangan pasar terjadi ketika jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Titik ini disebut harga keseimbangan dan kuantitas keseimbangan.
Dampak Perubahan pada Keseimbangan:
-Perubahan dalam Permintaan: Jika permintaan meningkat (misalnya, karena kenaikan pendapatan), kurva permintaan bergeser ke kanan, menyebabkan harga keseimbangan dan kuantitas keseimbangan meningkat.
- Perubahan dalam Penawaran: Jika penawaran meningkat (misalnya, karena kemajuan teknologi), kurva penawaran bergeser ke kanan, menyebabkan harga keseimbangan menurun dan kuantitas keseimbangan meningkat.Â
Aplikasi dalam Ekonomi Sehari-Hari
1. Harga Bahan Pokok: Kenaikan harga bahan baku (seperti gandum) dapat meningkatkan harga produk jadi (seperti roti) di pasar.
2. Penetapan Harga: Perusahaan menggunakan konsep permintaan dan penawaran untuk menetapkan harga yang memaksimalkan keuntungan mereka.
3. Kebijakan Pemerintah: Subsidi dan pajak mempengaruhi permintaan dan penawaran, yang pada gilirannya mempengaruhi harga dan kuantitas di pasar.
4. Perilaku Konsumen dan Produsen: Pemahaman tentang permintaan dan penawaran membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik dan produsen mengoptimalkan produksi mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H