Mohon tunggu...
Syahrani Azmi Rahim
Syahrani Azmi Rahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswi universitas negeri semarang prodi pendidikan kesejahteraan keluarga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Modul Ajar PKWU dengan Materi Produksi Kerajinan dengan Bahan Limbah

30 Oktober 2024   21:18 Diperbarui: 30 Oktober 2024   21:43 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar 1. serah terima modul dan sertifikat pembuatan modul/dok. pri

Artikel ini menyajikan modul ajar yang disusun oleh Syahrani Azmi Rahim, berfokus pada produksi kerajinan menggunakan bahan limbah. Modul yang berjudul PRODUKSI KERAJINAN DENGAN BAHAN LIMBAH  ini dirancang khusus untuk siswa SMA di mata pelajaran PKWU, dan telah diterima dengan baik oleh guru mata pelajaran PKWU di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Ibu Dyan Septiyaningsih H.HR, S.Pd.

Dalam modul ini, Syahrani mengupas berbagai teknik dan proses pembuatan kerajinan dari bahan-bahan limbah yang ada di sekitar kita. Pembelajaran diorganisir secara sistematis, mulai dari pemahaman tentang jenis-jenis limbah yang dapat dimanfaatkan, hingga langkah-langkah praktis dalam menciptakan produk kerajinan yang bernilai. Modul ini tidak hanya menekankan aspek kreatif, tetapi juga meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pengelolaan limbah dan keberlanjutan lingkungan.

soft file modul dapat diakses melalui link dibawah ini :

https://drive.google.com/drive/folders/1X9Q-Ub7EAYo1XfHg3vqjL1AJaTyKIvBw?usp=sharing 

Materi dalam modul ini dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh konkret, sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan menerapkan teknik yang diajarkan. Selain itu, terdapat pula evaluasi yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan inovatif dalam menciptakan karya mereka sendiri.

Dengan pendekatan yang interaktif dan aplikatif, modul ini diharapkan dapat menjadi referensi yang berguna bagi guru dan siswa dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

GLOSARIUM

 

Produksi : Untuk menciptakan nilai tambah suatu produk dengan mengubah input menjadi output berupa barang atau jasa.

System Produksi : Suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan
dan saling menunjang satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Ergonomis : Peraturan tentang bagaimana melakukan kerja, termasuk sikap kerja.

 

PENDAHULUAN

 

  •  Identitas Modul
  •  

Mata Pelajaran    : Prakarya dan Kewirausahaan Kelas / Semester              : XI / Ganjil

Alokasi Waktu    : 4 Jam Pelajaran (2 x pertemuan) Modul                  : Proses Produksi Usaha Kerajinan

  •  Kompetensi Dasar

3. 7. Menganalisis sistem produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.

4.7.    Memproduksi   kerajinan   dari   bahan    limbah                         berbentuk  bangun           ruang berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

  •  Profil  Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah :

  • Bernalar kritis (Elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan)
  • Kreatif (Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil)
  •  
  •  Sarana Prasarana

  • Ruang kelas
  • Modul ajar
  • Buku siswa PKWU untuk SMA Kelas XI
  • LKPD
  • Power Point
  • Jaringan internet
  • Smartphone
  • LCD
  •  Model Pembelajaran Yang Digunakan

Pembelajaran 

Tatap muka

Model Pembelajaran 

Project Based Learning

Metode Pembelajaran

Pengamatan, diskusi, praktek.

  •  
  •  Kriteria Ketuntasan
  •  Merancang,membuat lembar portofolio kerajinan dan membuat/memproduksi kerajinan sesuai denga lembar portofolio kerajinan.

  • Deskripsi Singkat Materi

 Produk kerajinan Indonesia sudah banyak dikenal di luar negeri. Menciptakan kerajinan memerlukan jiwa inovatif dan kreatif yang tinggi. Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan memiliki kekuatan dan bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan.

 

 Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetika karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda yaitu fungsi praktis dan sebagai fungsi hiasan.

 

 Kerajinan terbagi atas dua yaitu kerajinaan berbentuk bangun datar dan berbentuk bangun ruang. Untuk pembahasan modul kali ini kita akan mempelajari tentang proses sistem produksi kerajinan bangun ruang.

  •  
  •  Petunjuk Penggunaan Modul
  •  
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunan Modul ini adalah:
  • Mempelajari modul proses memproduksi kerajinan bangun ruang, sangat disarankan untuk dilakukan secara berurutan. Dimana modul ini terdiri atas 3 Kegiatan Pembelajaran yaitu (a) Memahami aneka jenis produk kerajinan dari bahan limbah, manfaat serta potensinya (b) Menganalisis perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah serta penyiapan alat dan bahan (c) Proses produksi dan pengemasan kerajinan bangun ruang dari limbah
  • Baca peta konsep materi dan pahami isinya

    • Setelah membaca dan mempelajari materi pembelajaran, kerjakan soal latihan dan tugas
    • Lakukan penilaian diri
    • Kerjakan soal evaluasi di akhir materi.
    • Menggunakan alat, bahan dan media sesuai yang tercantum pada setiap penugasan.
    • Menggunakan berbagai referensi yang mendukung atau terkait dengan materi pembelajaran.
    • Meminta bimbingan guru jika merasakan kesulitan dalam memahami materi modul.
    • Mampu menyelesaian 80% dari semua materi dan penugasan maka Anda dapat dikatan TUNTAS belajar modul ini.
  •  

    • Materi Pembelajaran
    •  
    • Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

    • Pertama : Pengenalan aneka jenis produk kerajinan dari bahan limbah, manfaat produk kerajinan dari bahan, potensi produk kerajinan dari bahan limbah.
    • Perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, menentukan bahan material produksi kerajinan, menentukan teknik produksi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, pemilihan bahan material dalam pembuatan karya kerajinan produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang serta penyiapan alat dan bahan.

    • Kedua  : Proses produksi dan pengemasan kerajinan bangun ruang dari limbah.
    •  

    • KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
    • MANFAAT PRODUK KERAJINAN
    • DAN PERENCANAAN PRODUKSI


    • Tujuan Pembelajaran

    • Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan siswa dapat :
    • Mengetahui aneka produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang dan manfaatnya.
    • Memahami apa saja potensi produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

      • Memahami perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang meliputi :
      • Penentuan bahan material produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.
      • Penentuan teknik produksi dalam kerajian produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.
      • Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.

    • Kegiatan Pembelajaran
    •  
      • Kegiatan Awal
      • (10 menit)
      • Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
      • Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
      • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
      • Guru memperkenalkan topik pembelajaran tentang manfaat produk kerajinan dan perencanaan produksi kerajinan
      • Kegiatan Inti
      • (55 menit)
      • Guru menyampaikan materi tentang manfaat produk kerajinan dan perencanaan produk kerajinan.
      • Guru membagi kelompok yang beranggotakan 2 orang/kelompok
      • Guru membagikan LKPD yang akan dikerjakan di dalam kelompok dan berdiskusi untuk membuat lembar portofolio kerajinan
      • Peserta didik mempresentasikan hasil pengerjaan LKPD
      • Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi yang dilakukan oleh peserta didik
      • Kegiatan Penutup
      • (10 menit)
      • Guru dan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berelangsung
      • Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi
      • Guru memberikan informasi sebagai persiapan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
      • Guru menutup pembelajaran dengan memberikan salam
      •  
      • Uraian Materi

      •  Industri kreatif memang industri yang tiada batas, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu contohnya. Jika kamu adalah seorang yang kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba kewirausahaan ini. Selain bisa bermanfaat untuk manusia, kewirausahaan ini pun bermanfaat bagi lingkungan. Sebab dalam proses kerajinan bahan limbah, itu berarti kamu akan memanfaatkan sampah atau limbah yang mencemari lingkungan. Kamu mendaur ulang sampah yang tidak ada harganya mejadi barang baru yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai tersendiri. Tertarik untuk melakukannya? Sebelumnya mari kita pahami dulu ya, beberapa jenis aneka produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang.
      • Aneka Jenis Kerajinan Bahan Limbah
      • Secara umum, terdapat dua jenis kerajinan bahan limbah yang bisa dibuat.
      • Kerajinan Bahan Limbah Bangun Datar
      • Seperti namanya, kerajinan ini memanfaatkan limbah yang memiliki permukaan datar yang tidak memiliki ruang. Hasil karya kerajinan ini pun berbentuk dua dimensi.

      • Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang
      • Sedangkan kerajinan bahan limbah bangun ruang adalah kerajinan yang membentuk ruang tiga dimensi. Kamu bisa melihatnya dari segala sudut.
      • Jenis Kerajinan Limbah Berdasarkan Output







      • Perencanaan Produksi Produk Kerajinan

      •  Perencanaan produksi kerajinan umumnya lebih menitik beratkan pada nilai- nilai keunikan (uniqueness) dan estetika (keindahan), sementara dalam pemenuhan fungsinya lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih bersifat fisik (fisiologis), misalnya benda-benda pakai, perhiasan, furnitur, sandang, dan sebagainya.
      •  Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar. Diharapkan kalian dapat mengeksplorasi lebih jauh berbagai macam perencanaan proses produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara.
      •  Dalam perkembanganya produk kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Sentuhan-sentuhan estetik sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan yang bermutu dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan, aspek fungsi menempati porsi utama, maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika). Penerapan unsur ergonomis pada produk kerajinan yang memiliki fungsi pakai sangat penting, karena produk kerajinan tersebut lebih mengutamakan fungsi dan kegunaannya.
      •  


      • Aneka kerajinan dari bahan limbah

      •  Hasil dari kerajinan bahan limbah ini berupa benda yang disimpan atau digunakan di dalam ruangan atau rumah.
      • Contoh kerajinan bahan limbah interior:
      • Kerajinan Kain Perca

      • Gambar 1. Kerajinan kain perca

      • Kerajinan bahan limbah yang cukup umum adalah menggunakan bahan kain perca atau kain sisa dari pembuatan pakaian atau produk tekstil lainnya. Bahan ini banyak digunakan karena hasil dari karya ini bisa mengandung banyak motif kain yang membuat produk dari kain perca memiliki keunikan tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk berbagai macam karya seperti keset atau taplak yang merupakan kerajinan berbentuk bangun datar. Lalu, bantal, tas atau boneka merupakan kerajinan berbentuk bangun ruang.

      • Kerajinan Cangkang Telur


      • Gambar 2. kerajinan cangkang telur

      •  Cangkang telur juga cukup sering digunakan sebagai bahan kerajinan. Biasanya kerajinan dari cangkang kulit telur berbentuk kerajinan limbah bangun datar. Sebab, kebanyakan wirausahawan memanfaatkan cangkang telur untuk dijadikan lukisan, kaligrafi, atau hiasan bingkai foto. Namun, jika kamu berani, cobalah membuat karya yang baru dari cangkang telur ini.




      • Kerajinan Kulit Jagung









    • Gambar 3. Kerajinan kulit jagung

        Limbah kulit jagung yang sering kamu temui di pasar juga bisa diubah menjadi barang yang cantik. Wirausahawan banyak yang memanfaatkan kulit jagung menjadi kerajinan bunga. Namun tidak sebatas itu, kulit jagung pun bisa kamu jadikan apapun seperti tempat tissue, tas, boneka, atau apapun sebebas kreativitasmu.


      • Kerajinan Kayu
    • Gambar 4. Kerajinan kayu

       Pemanfaatan kayu bekas juga bisa dilakukan untuk wirausaha kerajinan bahan limbah. Kayu-kayu bekas bisa dijadikan apapun, termasuk patung. Patung dari kayu bekas ini bukan dipahat, melainkan disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rupa.

      • Kerajinan tempat sampah dari bahan bekas (limbang ban bekas)
    • Gambar 5. Tempat sampah dari ban bekas

      • Kerajinan Botol Bekas
    • Gambar 6. Pot bunga dari botol bekas

      Kalau kamu pandai menggambar dan mewarnai, cobalah warnai botol bekas seindah mungkin dan jadikan botol bekas itu sebagai pot bunga. Dengan begitu kamu telah membuat sebuah pot bunga cantik.

      Manfaat kerajina berbahan dasar limbah

      1. Mengurang

       Salah satu manfaat paling signifikan dari kerajinan berbahan limbah adalah kemampuannya untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan. Dengan mengolah bahan-bahan yang biasanya dibuang, seperti botol plastik, kaleng, kertas, dan kain, kita dapat mengurangi beban tempat pembuangan sampah. Hal ini membantu mengurangi pencemaran.

      2. Peluang Usaha

       Kerajinan dari limbah juga berkontribusi pada sektor ekonomi kreatif. Banyak pengrajin memanfaatkan limbah untuk menciptakan produk yang unik dan berkualitas, seperti aksesori, perabotan, dan dekorasi. Produk-produk ini dapat dijual di pasar lokal maupun online, memberikan peluang pendapatan bagi pengrajin dan komunitas.

      3. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

       Kerajinan dari bahan limbah dapat berfungsi sebagai alat pendidikan. Melalui proses pembuatan dan pemasaran, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya daur ulang dan pengelolaan sampah. Kegiatan ini juga dapat mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi praktik ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

      4. Inovasi dan Kreativitas

       Menggunakan bahan limbah mendorong pengrajin untuk berpikir kreatif. Mereka harus menemukan cara baru untuk mengolah dan memanfaatkan material yang ada. Hal ini dapat menghasilkan produk inovatif yang tidak hanya berguna, tetapi juga menarik dari segi desain. Proses ini seringkali menghasilkan karya seni yang unik dan orisinal.

      5. Nilai Estetika

       Banyak kerajinan yang terbuat dari limbah memiliki nilai estetika tinggi. Penggunaan teknik dan desain yang kreatif dapat mengubah bahan bekas menjadi barang seni yang bernilai. Produk-produk ini dapat menarik perhatian konsumen yang mencari item yang berbeda dan berkelanjutan, serta memiliki cerita di balik pembuatannya.

      6. Penghematan Bahan Baku

       Dengan menggunakan bahan limbah, pengrajin dapat menghemat biaya produksi. Hal ini sangat penting, terutama bagi mereka yang baru memulai usaha. Mengurangi ketergantungan pada bahan baku baru juga membantu menjaga kelestarian sumber daya alam dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

      7. Pemberdayaan Masyarakat

       Kegiatan kerajinan dari limbah dapat menjadi sarana untuk pemberdayaan masyarakat. Pelatihan dalam keterampilan kerajinan dapat meningkatkan kemampuan individu, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, kerajinan ini sering kali melibatkan kolaborasi dalam komunitas, memperkuat ikatan sosial dan memberikan rasa memiliki.

      8. Keterlibatan Komunitas

       Proyek kerajinan dari limbah sering kali melibatkan kolaborasi dengan anggota komunitas lainnya, sehingga menciptakan ruang bagi interaksi sosial. Kegiatan ini dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam isu-isu lingkungan dan sosial, serta membangun rasa tanggung jawab bersama terhadap lingkungan.

      Beberapa persyaratan dalam perencanaan produksi kerajinan dari bahan limbah meliputi :

      • Menentukan Bahan Material Produksi Kerajinan
    •  Pemilihan bahan material dalam pembuatan karya kerajinan sangat penting, karena material akan mendukung nilai bentuk, kenyamanan terutama dalam menggunakan benda terapan dan juga akan mempengaruhi kualitas dari barang tersebut. Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, kalian sudah mempelajari tentang menentukan bahanmaterial produksi kerajinan dari bahan limbah. Diharapkan kalian dapat mengembangkan lebih jauh berbagai bahanmaterial produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada di daerahmu serta di wilayah nusantara.

      • Menentukan Teknik Produksi
    • Beberapa jenis kerajinan memiliki alat dan keterampilan khusus untuk mewujudkannya. Teknik produksi kerajinan disesuaikan dengan bahan, alat dan cara yang digunakan. Dalam pelaksanaan pembuatan produk-produk kerajinan yang menggunakan bahan limbah berbentuk bangun ruang dapat dilakukan dengan:

      • Teknik pahat
      • Teknik cetak
      • Teknik ukir
      • Teknik kolase dan sebagainya.
    • KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

      PROSES PEMBUATAN DAN KESELAMATAN KERJA

      • Tujuan Pembelajaran 
    • Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan siswa dapat :

      • Memahami proses produksi kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang.
      • Memahami pentingnya K3 dalam proses produksi kerajinan dari limbah bentuk bangun ruang.
      • Memahami Teknik pengemasan proses produksi kerajinan dari limbah bentuk bangun ruang.

    • Kegiatan Pembelajaran 
    •  
      • Kegiatan Awal
      • (10 menit)
      • Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
      • Guru memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
      • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
      • Guru memperkenalkan topik pembelajaran tentang proses pembuatan dan keselamatan kerja
      • Kegiatan Inti
      • (55 menit)
      • Guru menyampaikan materi tentang proses pembuatan dan keselamatan keja
      • Guru mengkoordinasikan siswa untuk memulai proses pembuatan kerajinan yang telah didiskusikan
      • Peserta didik mempresentasikan hasil pembuatan kerajinan
      • Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi yang dilakukan oleh peserta didik
      • Kegiatan Penutup
      • (10 menit)
      • Guru dan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah berelangsung
      • Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi
      • Guru memberikan informasi sebagai persiapan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
      • Guru menutup pembelajaran dengan memberikan salam
      •  
      • Uraian Materi

    •  Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain, dan nilai fungsi. Pemilihan bahan sangat penting karena bahan memiliki kekuatan, bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kualitas bentuk dan estetik karya kerajinan. Teknik penciptaan yang baik dapat menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan aspek fungsi dapat menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (ergonomis). Nilai estetik karya kerajinan dapat menambah kepuasan rasa indah bagi pemilik atau pemakai. Kerajinan mempunyai fungsi ganda selain fungsi praktis sekaligus sebagai fungsi hiasan.

       Berikut ini akan dibahas proses produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, yaitu pembuatan kerajinan lampu hias dari limbah botol minuman. Proses pembuatan karya kerajinan lampu hias dari limbah botol minuman plastik berikut ini merupakan alternatif dalam berkarya kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang, kalian diharapkan mencari alternatif lain disesuaikan dengan aneka ragam limbah yang ada di daerahmu.

       Produksi kerajinan lampu hias dari bahan limbah botol minuman plastik di bawah ini merupakan contoh untuk menambah pengetahuanmu, tentunya masih banyak produk kerajinan dari bahan limbah lainnya yang merupakan kekayaan budaya Indonesia.


      • Keselamatan kerja

    •  Keselamatan kerja merupakan sikap pada saat kita bekerja. Hal ini berhubungan dengan cara memperlakukan alat dan bahan kerja, serta bagaimana mengatur alat dan benda kerja yang baik dan aman.

      Keselamatan Kerja dalam Kerajinan Limbah

      Peralatan yang Tepat: Gunakan alat yang sesuai dan pastikan dalam kondisi baik untuk mencegah cedera.

      Pelindung Diri: Kenakan alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, kacamata, dan masker debu.

      Kebersihan dan Kerapihan: Jaga area kerja tetap bersih untuk menghindari kecelakaan akibat terjatuh atau tersandung.

      Ventilasi yang Baik: Pastikan ruang kerja memiliki ventilasi yang baik, terutama saat menggunakan bahan berbahaya.

      Pelatihan dan Pengetahuan: Berikan pelatihan tentang penggunaan alat dan risiko bahan limbah yang digunakan.

      Penggunaan Bahan yang Aman: Pilih bahan non-toksik dan hindari yang berbahaya.

      Pentingnya Istirahat: Ambil waktu istirahat untuk mencegah kelelahan yang dapat menyebabkan kecelakaan.

      Tanggap Darurat: Siapkan kotak pertolongan pertama dan pastikan semua orang tahu rencana darurat.

      LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

      Peserta didik membuat lembar portofiloio kerajinan meliputi :

      Nama  Kelompok  :

      Kelas                      :

      Judul                      :

      DESAIN AWAL

      Deskripsi                :

      Alat&Bahan           :

      Cara pembuatan     :

      Latihan Soal 

      Soal Pilihan Ganda

      Apa manfaat dari kerajinan bahan limbah?

      a. Meningkatkan pencemaran
      b. Mengurangi penggunaan bahan baru
      c. Menghasilkan limbah lebih banyak
      d. Semua jawaban benar

      Bahan limbah yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tidak termasuk:

      a. Kain bekas
      b. Botol plastik
      c. Tanah liat
      d. Kaleng bekas

      Apa langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai membuat kerajinan?

       a. Mengumpulkan bahan limbah
      b. Mengatur area kerja
      c. Mempersiapkan alat
      d. Semua jawaban benar

      Apa yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat tajam dalam kerajinan?

       a. Menggunakan alat tanpa memperhatikan
      b. Menggunakan alat dengan cara yang aman
      c. Meminjam alat dari orang lain
      d. Mengabaikan cara penggunaan yang benar

      Salah satu jenis kerajinan dari limbah kertas adalah:

      a. Keranjang dari rotan
      b. Origami
      c. Kain tenun
      d. Gelas dari kaca

      Mengapa kerajinan dari bahan limbah penting untuk lingkungan?

      a. Menambah sampah
      b. Mengurangi limbah
      c. Meningkatkan penggunaan plastik
      d. Semua jawaban salah

      Apa tujuan dari menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja?

      a. Meningkatkan penampilan
      b. Melindungi diri dari bahaya
      c. Mengurangi biaya produksi
      d. Mempercepat proses kerja

      Kerajinan apa yang bisa dibuat dari botol plastik?

      a. Tas
      b. Tempat pensil
      c. Vas bunga
      d. Semua jawaban benar

      Apa yang dimaksud dengan daur ulang dalam konteks kerajinan bahan limbah?

       a. Menggunakan bahan baru
      b. Mengolah bahan bekas menjadi barang baru
      c. Membuang bahan bekas
      d. Menjual bahan limbah

      Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat kerajinan dari limbah adalah:

       a. Mengikuti tren terbaru
      b. Membaca buku tentang kerajinan
      c. Berkolaborasi dengan pengrajin lain
      d. Semua jawaban benar

      Soal Isian

      Sebutkan tiga jenis bahan limbah yang dapat digunakan untuk kerajinan!
      Jawaban: ____________________________

      Apa yang harus dilakukan jika Anda melihat orang lain bekerja dengan tidak aman?
      Jawaban: ____________________________

      Jelaskan pentingnya kebersihan area kerja dalam kerajinan!
      Jawaban: ____________________________

      Sebutkan dua contoh produk yang dapat dihasilkan dari limbah elektronik!
      Jawaban: ____________________________

      Apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan alat baru dalam kerajinan?
      Jawaban: ____________________________

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

      RUBRIK PENILAIAN ASESMEN

      Penilaian Lembar Portofolio Kerajinan Bahan Limbah

      Nama Pengrajin: ______________________

      Judul Proyek: ______________________

      Tanggal: ______________________

      Kriteria Penilaian

       

      Kriteria

      Deskripsi

      Skor (1-5)

      1. Kreativitas

      Tingkat inovasi dan orisinalitas dalam penggunaan bahan limbah.

      2. Teknik Pembuatan

      Keterampilan dan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan.

      3. Estetika

      Nilai artistik dan daya tarik visual dari produk akhir.

      4. Fungsi

      Kegunaan dan fungsionalitas produk yang dihasilkan.

      5. Kebersihan dan Kerapihan

      Kerapihan dalam pengerjaan dan penyelesaian produk.

      6. Penggunaan Bahan Limbah

      Kemampuan dalam memilih dan memanfaatkan berbagai jenis limbah secara efektif.

      7. Dokumentasi Proses

      Kualitas dokumentasi (foto, catatan, dan penjelasan) mengenai proses pembuatan.

      8. Presentasi

      Kemampuan dalam menyampaikan informasi tentang proyek (penjelasan, antusiasme, dsb.).

      Skor Total: ______ / 40

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun