Mohon tunggu...
Syafira Putri Ariani
Syafira Putri Ariani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Baik Asistensi Mengajar di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen 2024

9 Juni 2024   20:01 Diperbarui: 9 Juni 2024   20:11 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hi teman-teman, kenalin saya Syafira Putri Ariani, saya mahasiswa Universitas Negeri Malang dari Jurusan Akuntansi, prodi S1 Pendidikan Akuntansi, anak-anak di sekolah biasanya memanggil saya bu Fira. Disini saya akan membagikan pengalaman saya selama melakukan Asistensi Mengajar di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. 

Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan dulu arti dari konsep Asistensi Mengajar. Asistensi Mengajar merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah kepada mahasiswa yang mengambil program studi pendidikan. Program Asistensi Mengajar di institusi ini merupakan bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa universitas selama minimal satu semester. 

Kegiatan Asistensi Mengajar dilakukan dalam bentuk pembelajaran di luar universitas Negeri Malang, tepatnya di satuan pendidikan mulai dari TK,SD/MI, SMP/MTS, SMA/MAN, SMK/MAK dan dilakukan secara kolaboratif antar program studi. Mahasiswa melaksanakan kegiatan ini dalam bentuk kelompok di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong.

Program MBKM bertujuan untuk mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel, sehingga perguruan tinggi dapat membangun dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat memperoleh capaian pembelajaran dalam segi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. 

Kegiatan Asistensi Mengajar memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajar dan memberi mereka kesempatan untuk menerapkan materi yang mereka pelajari di bangku perkuliahan secara langsung, membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, meningkatkan relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan IPTEK, dan mendiseminasikan produk pembelajaran dari Universitas Negeri Malang yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas siswa dan satuan pendidikan.

Program Asistensi Mengajar berlangsung selama periode empat bulan. Program ini terdiri dari dua bagian yaitu AM di kampus dan AM di sekolah. AM di kampus dimulai satu minggu lebih awal dari AM di sekolah. AM di sekolah diisi dengan kegiatan pembekalan oleh LP3 UM dari tanggal 12 hingga 17 Februari 2024. Dengan kegiatan pembekalan ini, diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan apa yang harus mereka lakukan saat AM. Kemudian berlanjut ke AM yang akan berlangsung di sekolah dari tanggal 19 Februari hingga 14 Juni 2024. 

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di kampus tentang persiapan, pelaksanaan, dan pasca kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat AM, termasuk media pembelajaran, model, metode, dan elemen lainnya. Kali ini saya  memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan Asistensi Mengajar yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen merupakan salah satu sekolah swasta yang dikelola oleh sebuah yayasan. SMK ini memiliki sebutan lain yaitu MALVOCS (Muhammadiyah Lima Vocational High School) yang berdiri pada tanggal 14 Juli 1986 dan memiliki akreditasi B. SMK ini berlokasi di Jl. Bromo Gg. Masjid Sukun Utara, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekolah ini memiliki terdiri dari empat program keahlian yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Broadcasting dan Perfilman, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis dan Perhotelan. 

Berhubung saya adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi, maka saya bertugas di bagian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Program Asistensi Mengajar mencakup kegiatan akademik dan non-akademik. Kegiatan akademik terdiri dari persiapan sebelum mengajar, kegiatan mengajar, dan kegiatan pasca mengajar. Persiapan sebelum mengajar meliputi pembuatan materi pelajaran dan pemberian bimbingan kepada siswa. Kegiatan mengajar meliputi penyampaian materi pelajaran dan memberikan bimbingan kepada siswa. Pemberian bimbingan ke peserta didik dilakukan untuk mewujudkan peran guru sebagai fasilitator.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 19 Februari 2024, hari pertama saya berkunjung ke SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dimulai dengan memperkenalkan diri kepada guru-guru dan dilanjutkan dengan observasi sekolah. Di sini, saya mendapatkan pengalaman baru ketika saya melakukan observasi dan berpikir tentang bagaimana mengkondisikan dan mengajari siswa dengan kondisi kebiasaan dan latar belakang yang sangat beragam. Ketika saya memulai kegiatan Asistensi Mengajar yang berkaitan dengan kegiatan akademik, masalah itu mulai terjawab.

Pengalaman pertama saya, diawali saat saya mendapatkan bagian mengajar pada mata pelajaran Komputer Akuntansi (MYOB). Hal ini mengajarkan saya banyak tentang cara mengkondisikan siswa yang memiliki sifat beraneka ragam terutama di kelas. Selain itu, sebagai seorang guru harus bertindak dengan rendah hati ketika membimbing siswa. Mereka yang beraneka ragam itu harus dituntun secara perlahan, tidak hanya dalam hal pengetahuan. Tetapi juga kemanusiaan dan moral harus dituntun agar siswa mendapatkan pengarahan ke arah yang lebih baik. Karena sejatinya sekolah merupakan sebuah tempat untuk memanusiakan manusia, atau membuat seorang manusia lebih manusia daripada sebelumnya. Itulah pengalaman yang saya dapat ketika melakukan pembelajaran di kelas selama kegiatan Asistensi Mengajar.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Kemudian, saya juga mendapat pengalaman baru dalam hal menyusun pembelajaran di kelas, yang mencakup penyusunan konsep dan perangkat pembelajaran mulai dari penyusunan Prota, Promes, Modul Ajar, dan Modul Bahan Ajar. pengalaman nyata ini sangat bermanfaat karena semua yang disusun akan diterapkan kepada siswa, berbeda dengan di kampus, dimana perangkat pembelajaran yang disusun hanya dievaluasi. Untuk memastikan bahwa siswa menerimanya dan pembelajaran berlangsung dengan efektif, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek saat menyusunnya.

Saya tidak hanya menikmati kegiatan akademik di kelas, tetapi saya juga memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru dari kegiatan non-akademik. Piket jaga di berbagai lokasi sekolah, seperti kopsis, lab, dan bank mini, merupakan contoh kegiatan non akademik ini. Kegiatan ini memberi saya banyak pengetahuan baru yang sangat bermanfaat.

Salah satu agenda tahunan sekolah adalah "Pondok Ramadhan", yang berlangsung selama lima hari selama bulan Ramadhan, dimulai pada 1 April hingga 5 April 2024. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan membimbing siswa dalam kegiatan keagamaan (ibadah) selama bulan Ramadhan, seperti sholat dhuha bersama, mengaji bersama, mendengarkan cerita islami, dan berpartisipasi dalam kompetisi keagamaan.

 Dokumentasi Pribadi
 Dokumentasi Pribadi

Workshop yang diadakan pada 23 April 2024 di aula sekolah. Workshop ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya agar siswa dapat mengetahui bagaimana cara memanajemen waktu dan bertanggung jawab. Siswa diharapkan menjadi lebih sadar akan pentingnya menghargai waktu. Para mahasiswa Asistensi Mengajar di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen juga diberi tugas untuk menjaga dan mengisi kelas jam kosong. Dengan kegiatan ini mahasiswa Asistensi Mengajar dapat berinteraksi lebih dekat dengan peserta didik, dan dapat diisi dengan mata pelajaran yang materi mereka belum selesai. Selain itu, kami mahasiswa Asistensi Mengajar juga membantu persiapan pelaksanaan wisuda siswa kelas XII yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2024.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Sebagai wujud pengabdian untuk sekolah, memperbarui dokumen dan administrasi laboratorium sehubungan dengan program studi kami. Perubahan ini mencakup inventarisasi laboratorium, digitalisasi bank mini, dan digitalisasi media bahan ajar. Banyak pelajaran yang diambil dengan adanya program asistensi mengajar. Salah satunya adalah bahwa menjadi seorang guru tidaklah semudah yang dibayangkan karena ini adalah pengalaman pertama saya mengajar di kelas. Meskipun begitu, saya sangat senang dapat mengajar beberapa kelas. Selain itu, kami sangat diterima untuk belajar bersama di sekolah ini oleh guru dan siswa.

Sekian cerita pengalaman saya dalam mengikuti kegiatan Asistensi Mengajar yang diadakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen oleh Universitas Negeri Malang. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pembaca, dosen pembimbing, guru pamong, koordinator Asistensi Mengajar SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, teman mahasiswa, dan siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang telah memberikan saya kesempatan, pengalaman, dan dukungan. Sebab  saya dapat menjalankan dan mengikuti program ini dari awal hingga akhir. Semoga kegiatan yang telah dilakukan bermanfaat dan semoga kita semua dapat bertemu lagi di masa yang akan datang dalam kondisi dan tempat yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun