Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali seseorang menemukan hal-hal menarik yang berkaitan dengan konflik batin yang kompleks tentang munculnya rokok yang menjadikan bagian dari norma sosial di beberapa budaya.
Angka perokok di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya sehingga muncul masalah kesehatan yang serius, karena merokok dari usia muda dapat meningkatkan risiko penyakit kronis di masa depan, seperti penyakit pernapasan dan penyakit kanker. Oleh sebab itu, dalam konteks ini bahaya yang ditimbulkan oleh rokok dapat menimbulkan konflik batin yang mendasari asas keyakinan yang tidak konsisten oleh seseorang terhadap suatu tindakan.
Dalam kebudayaan perokok, banyak generasi muda yang merokok karena "tren" atau ikut-ikutan teman. Mereka menganggap "kalau tidak merokok mereka tidak keren dan tidak macho." Mereka tahu bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan, namun mereka tetap merokok hanya karena ikut-ikutan dan agar terlihat keren.
Padahal fenomena kompleks di mana nilai-nilai sosial yang positif terkait dengan merokok sangat bertabrakan dengan kesadaran risiko kesehatan yang di bawa oleh kebiasaan. Kondisi inilah yang disebut disonansi kognitif, di mana suatu sikap atau persepsi  yang mereka miliki bertentangan dengan perilaku yang mereka lakukan (Littlejhon dkk, 2017:64).
Di Indonesia, Pemerintah telah membentuk regulasi utama untuk mengurangi eksposur masyarakat terhadap kemunculan iklan rokok. Peraturan pemerintah memberikan pernyataan bahwa bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan.
Setiap individu memiliki kebebasan untuk membuat keputusan tentang merokok. Namun, kita tidak bisa menutup fakta bahwa salah satu faktor yang membentuk seseorang memulai merokok adalah akibat lingkungan.
Kompleksitas faktor ekonomi dan faktor lingkungan dapat mempengaruhi tingkat kecenderungan seseorang untuk merokok. Salah satu faktor ekonomi yang paling memengaruhi adalah harga rokok yang semakin naik dan salah satu faktor lingkungan yang memengaruhi perilaku merokok adalah keluarga dan teman-teman. Peran keluarga dan teman-teman dalam faktor lingkungan sangat dominan terhadap perubahan perilaku seseorang.
Saat ini, penting untuk diingat bahwa mengurangi relevansi merokok dapat memerlukan pendekatan yang lebih luas, termasuk edukasi yang diberikan secara efektif tentang risiko kesehatan merokok, memberikan dukungan dan panduan bagi seseorang yang ingin berhenti mengonsumsi rokok.
Sebagai contoh, ketika seseorang sedang berkumpul dengan teman-teman yang perokok di kamar seseorang, mereka sedang menikmati rokok sambil berbincang-bincang dan  tertawa dengan gembira. Namun, tiba-tiba salah satu temannya yaitu alfin menyampaikan sebuah fakta bahwa "Tahu tidak, teman-teman, rokok ini dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru dan bisa berakibat fatal. Seketika, suasana kebahagiaan berubah menjadi ketegangan karena teman-temannya merasa disoroti oleh fakta yang mengaitkan rokok dengan risiko kesehatan yang serius.
Situasi kasus macam ini menciptakan momen kebersamaan dan kenikmatan bersama yang bertabrakan dengan pengetahuan tentang risiko kesehatan yang semakin nyata. Dalam hal ini, disonansi kognitif menciptakan sebuah perasaan bingung dan perasaan ketidaknyamanan.
Individu mungkin merasakan sepenuhnya momen kebersamaan akan kesadaran risiko kesehatan tanpa adanya konflik batin. Akhirnya, momen semacam ini melibatkan kelompok individu dalam aktivitas sosial yang mereka nikmati untuk melindungi kesehatan mereka.
Penting diketahui bahwa semakin besar disonansi yang di alami seseorang terhadap sebuah informasi dan perilaku, semakin tinggi kemungkinan bahwa orang tersebut akan berusaha untuk mengatasi ketidaksesuaian tersebut (Littlejhon dkk, 2017:65).
Dengan begitu, disonansi kognitif muncul ketika individu mengejar identitas yang diasosiasikan dengan kebudayaan merokok yang muncul di kelompok individu, namun mereka juga menyadari konsekuensi yang serius terhadap kesehatan yang terkait dengan perilaku atau tindakan tersebut.
Daftar PustakaÂ
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel John G. (2017). Theories of Human Communication (11 ed.). Waveland Press, Inc.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H